mengapa saat kedinginan kamu cepat merasa lapar
Hidup Sehat

Mengapa Saat Kedinginan Kamu Cepat Merasa Lapar?

dr. Wisniaty Condro | Februari 11, 2022
Share

Berada di dalam ruangan yang dingin dalam waktu lama memang bisa membuat kamu kedinginan. Ketika tubuh kedinginan, tidak jarang beberapa di antara kamu langsung merasa lapar.

Nah, untuk membantu menghangatkan tubuh, kamu bisa melakukan salah satu cara yakni memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Tapi, mengapa saat tubuh kedinginan kamu cepat merasa lapar dan apakah ini hal yang normal? Di bawah ini adalah penjelasannya.

Apa itu rasa kedinginan?

Rasa kedinginan adalah kondisi di mana tubuh secara alami mengalami kedinginan. Biasanya, intoleransi dingin atau mudah kedinginan ditandai dengan dinginnya beberapa bagian tubuh seperti tangan atau kaki.

Meskipun kedinginan adalah reaksi alami dari tubuh, intoleransi dingin atau mudah merasa kedinginan sebenarnya terjadi karena suatu hal. Entah itu kondisi medis atau masalah kesehatan, berikut adalah berbagai penyebab seseorang mudah merasa kedinginan.

Kenapa tubuh cepat merasa dingin?

Tidak jarang beberapa orang mungkin lebih cepat merasa dingin daripada yang lain. Hal ini biasanya bukan merupakan pertanda adanya gangguan kesehatan. Rasa dingin terjadi dipengaruhi oleh tingkat metabolisme tubuh. Artinya, semakin tinggi metabolisme tubuh maka tubuh menjadi lebih hangat.

Sedangkan, semakin rendah metabolisme tubuh maka semakin mudah seseorang merasa kedinginan.
Pada suatu penelitian mengungkapkan bahwa reaksi dingin lebih sering dialami oleh wanita ketimbang pria. Hal tersebut lazim terjadi mengingat wanita cenderung memiliki tingkat metabolisme yang lebih rendah jika dibandingkan dengan pria. Lalu, bagaimana dengan penyebab lain dari rasa kedinginan?

Penyebab rasa kedinginan

Beberapa orang dengan intoleransi dingin bisa saja merasa kedinginan sepanjang waktu, terutama jika berada di ruangan bersuhu rendah dalam waktu yang lama. Sementara orang tanpa intoleransi dingin merasa biasa saja. Ada banyak alasan seseorang mudah merasa kedinginan, dan berikut adalah penyebabnya:

Hipotiroidisme

Terjadi ketika kelenjar tiroid tidak menghasilkan cukup hormon tiroid yang membantu mengukur metabolisme dan suhu. Akibatnya, tubuh cenderung mudah merasa kedinginan.

Penyakit Raynaud

Memengaruhi arteri di jari tangan dan/atau jari kaki sehingga arteri menjadi sempit dan mengurangi aliran darah. Penyakit Raynaud ditandai dengan jari tangan dan kaki menjadi biru, putih, hingga mati rasa atau nyeri.

Anemia

Kekurangan sel darah merah atau anemia dapat membuat seseorang merasa kedinginan. Entah itu anemia defisiensi besi maupun defisiensi vitamin, keduanya menyebabkan tangan dan kaki terasa dingin.

Anoreksia nervosa

Gangguan makan atau anoreksia nervosa sering menyebabkan tubuh kekurangan lemak. Tidak jarang, gangguan ini menyebabkan seseorang mengalami intoleransi dingin.

Selain beberapa penyebab di atas, orang dengan penyakit arteri perifer bisa saja mengalami kedinginan. Penumpukan plak di arteri atau aterosklerosis yang mempersulit aliran darah memicu perasaan dingin di tangan, kaki, maupun keduanya.

Lalu, bagaimana dengan rasa lapar ketika kamu kedinginan?

Mengapa saat kedinginan kamu cepat merasa lapar?

Sama halnya dengan mereka yang mudah merasa kedinginan, ketika berada di cuaca yang dingin, tubuh membutuhkan lebih banyak lapisan lemak. Akibatnya, tubuh mengirim sinyal lapar ke otak sehingga muncul keinginan untuk makan.

Jadi, jika memang disebabkan karena membutuhkan lemak ekstra maka cepat merasa lapar saat kedinginan adalah reaksi tubuh dan merupakan hal yang normal ya. Terlepas dari hal itu, cepat lapar saat kedinginan juga terjadi karena kekurangan sinar matahari dan tidak banyak melakukan aktivitas fisik.

Untungnya, kekurangan sinar matahari atau gangguan kurang paparan cahaya biasanya dialami oleh mereka yang tinggal di negara 4 musim. Sementara, jika kamu berpikir untuk menghindari olahraga karena tidak mampu membakar kalori dan takut lapar, kurang aktivitas fisik justru malah meningkatkan nafsu makan.

Pada akhirnya, seseorang dengan aktivitas fisik rendah justru menyantap lebih banyak makanan. Lalu, apa yang harus dilakukan saat tubuh kedinginan? Berikut adalah berbagai cara menghangatkan tubuh.

Cara menghangatkan tubuh saat kedinginan

Biarpun kedinginan terdengar seperti hal sepele, rasa kedinginan yang berlebihan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari kamu. Mulai dari memperhatikan asupan makanan hingga menjaga hidrasi tubuh, di bawah ini adalah cara menghangatkan tubuh yang bisa kamu lakukan:

  • Lakukan olahraga ringan
  • Hindari makanan olahan
  • Perbanyak karbohidrat kompleks
  • Jaga tubuh tetap terhidrasi
  • Penuhi asupan lemak sehat dari kacang-kacangan dan biji-bijian

Selain beberapa cara di atas, gantilah camilan sehari-hari kamu dengan makanan sehat yang berprotein tinggi. Kamu bisa beralih mengonsumsi selai kacang, roti gandum, serta keju rendah lemak.

Reference
Share