manfaat ubi jalar untuk promil

Suka mengonsumsi ubi jalar? Faktanya, ternyata ada manfaat ubi jalar untuk promil, lho. Yup, makanan jenis umbi-umbian ini mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesuburan untuk mendukung program hamil (promil).

Ubi jalar juga bisa dimanfaatkan buat kamu yang ingin segera memiliki anak atau momongan. Nah, artikel kali ini akan mengulas lebih lengkap tentang kandungan hingga manfaat ubi jalar untuk promil.

Kandungan ubi jalar

Kamu mungkin penasaran, apakah ada manfaat ubi jalar untuk promil? Ubi jalar merupakan jenis umbi-umbian yang bisa diolah dengan banyak cara, seperti direbus, dipanggang, digoreng, dan juga dikukus.

Selain itu, ubi jalar juga sangat mudah untuk dikenali karena umbi-umbian ini biasanya berwarna jingga atau ungu. Umbi-umbian dengan nama lain sweet potatoes ini mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti vitamin dan mineral.

Ubi jalar juga tinggi akan serat dan sangat mengenyangkan sehingga sangat cocok dijadikan bahan makanan saat diet. Faktanya, 100 gram ubi jalar mengandung:

  1. 86 kalori
  2. 77% air
  3. 1,6 gram protein
  4. 20,1 gram karbohidrat
  5. 4,2 gram gula
  6. 3 gram serat
  7. 0,1 gram lemak

Setiap 100 gram ubi jalar juga mengandung:

  1. Pro-vitamin A, kandungan beta karoten di dalamnya dapat diubah oleh tubuh kamu menjadi vitamin A
  2. Vitamin C, meredakan flu biasa dan meningkatkan kesehatan kulit
  3. Kalium, mengontrol tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit jantung
  4. Mangan, membantu pertumbuhan, perkembangan, dan metabolisme tubuh
  5. Vitamin B6, mengubah makanan menjadi energi
  6. Vitamin E, membantu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif

Tak Disangka, Ternyata Ini Manfaat Rumput Fatimah untuk Promil!

Manfaat ubi jalar untuk promil

manfaat ubi jalar untuk promil kesuburan kesehatan

Jika kamu dan pasangan ingin segera mendapatkan momongan, kamu bisa mengonsumsi ubi jalar dengan rutin. Ternyata ada manfaat ubi jalar untuk promil, yaitu meningkatkan kesuburan secara alami.

Vitamin yang terkandung dalam makanan ini membantu kesuburan, terutama pro-vitamin A atau beta karoten. Pro-vitamin A dalam ubi jalar dapat meningkatkan produksi progesteron, membantu perkembangan embrio atau janin, serta memperkuat dan melindungi dinding rahim.

Efek antiestrogen dalam ubi jalar juga membuat tubuh memproduksi lebih banyak gonadotropin yang memicu ovulasi. Kandungan nutrisi ubi jalar di atas juga sangat direkomendasikan untuk para wanita yang memiliki sindrom ovarium polikistik atau PCOS.

Jenis umbi yang satu ini juga mampu memperkuat jaringan otot vagina. Untuk mendapatkan kandungan nutrisinya dengan maksimal, sebaiknya kamu mengonsumsi ubi ini dengan cara direbus.

4 Manfaat Buah Parijoto untuk Promil

Manfaat ubi jalar untuk kesehatan

Tidak hanya manfaat ubi jalar untuk promil, umbi-umbian ini juga mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Ubi jalar bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Kamu yang sedang menjalani program diet juga dapat mengonsumsi ubi jalar sebagai menu yang sehat. Kandungan ubi jalar dengan vitamin dan mineral di dalamnya mampu memberikan beberapa manfaat yang baik untuk tubuh.

Lalu, apa saja manfaat ubi jalar untuk kesehatan? Berikut beberapa manfaat ubi jalar yang perlu kamu ketahui:

  1. Meningkatkan kesehatan mata
  2. Mencegah kebutaan khusus yang dikenal sebagai xerophthalmia
  3. Melindungi sel mata dari kerusakan
  4. Menurunkan kadar kolesterol
  5. Meningkatkan sensitivitas insulin
  6. Menurunkan risiko kanker lambung, ginjal, dan payudara
  7. Melancarkan buang air besar
  8. Mendorong pertumbuhan bakteri usus yang sehat
  9. Meningkatkan fungsi otak
  10. Mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan otak akibat radikal bebas
  11. Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sebaiknya mengolah ubi jalar dengan cara direbus atau dikukus. Jika kamu mengolahnya dengan cara digoreng, besar kemungkinan kandungan nutrisi dan manfaatnya tidak bisa kamu dapatkan secara maksimal.

Ubi jalar yang digoreng dengan minyak akan meningkatkan kandungan lemak trans yang dapat memicu risiko penyakit jantung.

4 Manfaat Jahe untuk Promil yang Wajib Dicoba!

Nah, sudah paham kan sekarang manfaat ubi jalar untuk promil dan kesehatan tubuh hingga kandungannya? Jangan lupa untuk selalu menjalankan gaya hidup sehat dan seimbang selain mengonsumsi umbi-umbian ya, Yoonies!


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference