fakta hamil anak kedua

Sebagai seorang ibu, masa-masa kehamilan mungkin menjadi salah satu masa yang menyenangkan dan tidak terlupakan bagimu. Saat hamil pertama kali, kamu mungkin bertanya-tanya kemungkinan apa saja yang bisa terjadi selama masa kehamilanmu. Akibatnya, kamu mungkin mengalami stres.

Namun, saat hamil kedua, perasaan penasaran dan berdebar-debar karena memikirkan berbagai kemungkinan yang bisa terjadi mungkin berkurang. Selain itu, ada banyak lagi perbedaan hamil pertama dan kedua yang mungkin kamu alami. Yuk, cari tahu apa saja fakta tentang hamil kedua!

Fakta kehamilan anak kedua yang mungkin kamu rasakan! 

Kehamilan anak kedua cukup berbeda dari kehamilan pertama. Ada yang bilang kehamilan kedua lebih mudah. Namun, apakah itu benar? Simak faktanya berikut ini!

1.  Lebih mudah lelah

obat nyeri otot yang aman untuk ibu hamil

Menurut berbagai penelitian, wanita hamil  lebih cepat lelah saat berada pada masa kehamilan kedua. Hal itu karean ligamen di daerah panggul mengendur, serviks atau rahim melebar. Ini membuat ibu hamil lebih cepat dan mudah merasa lelah.  

2.  Nyeri pasca melahirkan lebih kuat

Saat hamil pertama, ibu hamil mungkin mengalami nyeri pada banyak bagian tubuhnya setelah melahirkan. Pada hamil kedua, nyeri ini menjadi lebih terasa.

Hal ini karena ketika anak lahir, jumlah otot dalam rahim berkurang. Selain itu, tekanan yang diberikan oleh rahim  lebih besar untuk mengurangi perdarahan. Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri pasca melahirkan yang lebih parah.

3.  Rasa cemas

Kamu mungkin merasa bahagia selama kehamilan kedua. Pada saat yang sama, kamu mungkin merasa cemas karena khawatir tentang cara membesarkan kedua anak secara bersamaan.

Untuk meredakan kekhawatiran tersebut, kamu dapat berbagi cerita dengan ibu lain yang memiliki banyak anak. Kamu juga dapat bergabung dengan sekelompok ibu di lingkungan sekitarmu untuk mendapatkan dukungan dan saran positif,

4. Mental dan fisik lebih siap

Fakta hamil kedua juga terlihat dari mental dan fisik yang lebih siap. Secara mental, para ibu biasanya lebih bisa menjalani kehamilan kedua dengan lebih santai dan rileks. Ibu juga lebih siap secara fisik untuk berbagai bentuk perubahan fisik selama kehamilan.

Hal ini karena ibu sudah memiliki pengalaman pada masa kehamilannya yang pertama.

5. Ngidam

Apa itu Ngidam Saat Kehamilan?

Penyebab pasti ngidam belum diketahui, tapi kebanyakan ibu hamil mengalami gejala tersebut, terutama pada trimester pertama di kehamilan kedua.

Ngidam diduga terkait dengan perubahan hormonal dan fungsi sensorik selama kehamilan. Beberapa ibu hamil memiliki keinginan yang sangat tidak biasa yang sepertinya muncul begitu saja.

6. Kenaikan berat badan lebih banyak

Kenaikan berat badan selama kehamilan kedua juga biasanya berbeda dengan kehamilan pertama. Tubuh ibu mengalami banyak perubahan pada kehamilan kedua.

Sehingga berat badan menjadi lebih cepat dan juga sulit untuk menurunkannya. Oleh karena itu, penting untuk menjaga nutrisi selama kehamilan. Diet seimbang dan bergizi membantu menjaga berat badan ideal setelah melahirkan.

Baca juga: 12 Makanan Penambah Berat Badan Ibu Hamil

7. Lebih sering buang air kecil

Fakta tentang hamil kedua berikutnya adalah ibu lebih sering buang air kecil. Kondisi ini bisa terjadi karena dipengaruhi oleh perubahan signifikan terkait aktivitas hormonal dalam tubuh.

Pada minggu pertama kehamilan, hormon hCG diproduksi. Ini meningkatkan aliran darah ke daerah panggul. Kondisi ini menyebabkan ibu hamil lebih sering buang air kecil dari biasanya.

8. Perubahan kondisi payudara

Fakta hamil anak kedua juga terlihat dari perubahan kondisi payudara. Perbedaan antara kehamilan pertama dan kedua adalah  payudara yang lebih sensitif saat hamil pertama.  Sebaliknya, pada kehamilan kedua, payudara tidak sesensitif dan  sebesar payudara di kehamilan pertama.

9. Perut membesar lebih cepat

keluhan ibu hamil 7 bulan
Young pregnant woman indoors. Closeup portrait of woman expecting. Beautiful female waiting for her little baby birth.

Pada kehamilan pertama, perut ibu hamil biasanya tidak membesar sampai akhir semester pertama. Saat hamil kedua, perut ibu lebih cepat membesar sejak awal kehamilan. Perbedaan ini disebabkan oleh keadaan relaksasi otot perut saat ibu mengandung anak pertamanya.

10. Bayi terasa bergerak lebih awal

Ibu dengan kehamilan kedua mungkin merasa bahwa bayi bergerak lebih cepat dibanding anak pertama. Ini karena sang ibu sudah tahu bagaimana perasaannya saat ditendang oleh janinnya.

11. Posisi janin terasa lebih ke bawah

Fakta tentang hamil kedua selanjutnya adalah ibu hamil anak kedua merasa posisi janin yang dikandungnya cenderung di bawah rahim. Kondisi ini terjadi ketika otot perut dan rahim lemah dan membesar akibat kehamilan sebelumnya.

12. Persalinan lebih cepat

Proses kelahiran juga menjadi pembeda antara kehamilan pertama dan kedua. Biasanya kelahiran anak pertama dan kedua berbeda. Pada ibu hamil dengan persalinan normal,  jalan lahir lebih cepat terbuka.

Share artikel ini
Reference