manfaat telur rebus

Manfaat telur rebus untuk promil tak perlu dipertanyakan lagi. Telur merupakan sumber makanan yang bagus untuk menyeimbangkan hormon karena mengandung vitamin D dan vitamin B6, yang bermanfaat untuk metabolisme estrogen.

Telur juga kaya akan vitamin B12 (asam folat) dan E, yang penting dalam meningkatkan kesuburan. Selain kandungannya yang sangat besar, telur juga mudah didapat dan diolah dengan berbagai cara, termasuk direbus.

Apakah telur rebus bagus untuk kesuburan?

Telur merupakan salah satu dari daftar makanan terbaik untuk mereka yang mencoba hamil. Telur dikemas dengan protein, Vitamin B12 (alias Asam Folat), E, Seng, dan lemak. Protein dan vitamin E telah terbukti mendukung motilitas sperma.

Baik menikmati telur dalam bentuk rebus, orak-arik, rebus, atau goreng, pastikan kamu tidak lupa memakan kuning telurnya karena di situlah kamu akan menemukan sebagian besar nutrisi penambah kesuburan!

Berapa Kalori 1 Telur Rebus? Ternyata, Cocok untuk Diet Lho!

Produk seperti telur atau susu juga mengandung kadar estrogen yang tinggi karena diproduksi di bagian tubuh hewan yang mengatur hormonnya. Mengonsumsi makanan dengan estrogen tinggi dapat membantu orang yang menderita berbagai kondisi terkait kadar estrogen rendah.

Tips makan untuk cepat hamil

tanda ibu hamil harus membatalkan puasa

Umumnya, semua yang kamu lakukan untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan akan meningkatkan kesehatan sel telur. Jadi, ini dia beberapa tips apa yang harus dimakan dan dihindari untuk menjaga kesehatanmu.

Sayuran berdaun hijau (foliage)

Sayuran hijau mengandung banyak folat. Folat adalah bentuk alami dari vitamin B9, sedangkan asam folat adalah bentuk sintetisnya. Asparagus dan kubis Brussel juga merupakan sumber yang baik, begitu pula buah jeruk seperti jeruk dan grapefruit. 

Lemak sehat

Pra-konsepsi bukanlah waktu untuk mengurangi lemak dengan substitusi seperti susu skim dan keju rendah lemak. Kecuali kamu kelebihan berat badan, memakan yogurt dan keju penuh lemak adalah sangat disarankan. 

Lemka sehat lainnya bisa kamu dapat dari minyak zaitun yang baik, alpukat, kacang-kacangan seperti kenari dan almond. Ikan berlemak seperti salmon Alaska liar (bukan peternakan) dan sarden juga merupakan sumber yang bagus asam lemak omega-3.

Makan makanan organik

Makan organik memang mahal, tapi kesehatanmu jauh lebih berharga bukan?

Makanlah makanan organik seperti produk hewani organik untuk menghindari racun yang tersimpan dalam lemak hewan ternak yang terpapar bahan kimia berbahaya. Hal serupa juga berlaku pada buah dan sayuran organik.

Cara terbaik mendapatkan makanan organik ini ialah dengan bercocok tanam sendiri atau berburu makanan di pasar lokal, di mana biasanya para petani lokal menjual hasil panennya. 

Berbeda dengan sayuran organik atau non-organik yang berasal dari luar kota. Kandungan nutrisi di dalamnya akan berkurang selama dalam perjalanan dan karenanya banyak yang menggunakan pengawet dan zat kimia tertentu untuk menjaganya tetap segar.

Ladies, Ketahui Dulu Manfaat Proxidan 400 untuk Promil!

Suplemen vitamin D

Karena banyak yang kekurangan vitamin D, wanita yang ingin hamil harus menguji kadar vitamin D dalam tubuh mereka. Banyak yang harus mengonsumsi suplemen, karena sebagian besar vitamin prenatal tidak cukup mengandungnya.

Hindari air kemasan dan soda

People emotions, drinks and summer leisure concept. Indecisive clueless cute asian girl in red cap, holding bottle with soda and mobile phone, shrugging unsure, yellow background.

Sebagian besar botol plastik berisi air mengandung bisphenol A, zat berbahaya yang dapat meningkatkan risiko keguguran dan menyebabkan masalah lain. Sebagai gantinya, pasang filter pada keran, bawa air dalam botol stainless steel, dan simpan serta panaskan kembali makanan dalam wadah kaca.

Hindari lemak trans

Lemak trans sangat menonjol dalam frosting kue yang sudah jadi dan produk yang dipanggang secara komersial seperti kue kering, kerupuk, campuran kue, dan campuran panekuk. 

Makanan ini meningkatkan gula darah, menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang berdampak buruk bagi kesuburan; lemak ini juga dapat menyebabkan disfungsi seluler secara keseluruhan yang terkait dengan infertilitas.

Hindari gula dan alkohol

Gula dan alkohol sama-sama adiktif. Alkohol memiliki dampak negatif pada perkembangan janin sedangkan gula bisa membuatmu obesitas dan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Minum Alkohol Saat Haid, Apakah Aman?

Makanan untuk cepat hamil

Untuk membantu mempersiapkan tubuhmu untuk mengandung, berikut adalah empat makanan penambah kesuburan untuk ditambahkan ke dalam dietmu.

Ikan

Ikan berminyak seperti salmon dan mackerel adalah sumber asam lemak esensial dan omega-3 terbaik. Omega -3 adalah lemak sehat yang bertindak sebagai blok bangunan hormon dan memainkan peran penting dalam mengatur siklus reproduksi.

Produk susu penuh lemak

Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi susu penuh lemak dalam jumlah yang tepat dalam makanannya memiliki lebih sedikit masalah kesuburan. Produk susu juga merupakan sumber kalsium yang bagus, yang merupakan unsur penting dalam perkembangan embrio.

Bawang putih

Mungkin sedikit berbau, tetapi bawang putih menawarkan begitu banyak manfaat bagi kesehatan. Bawang putih adalah sumber mineral selenium yang diyakini dapat membantu meringankan cacat kromosom. Ini juga mengandung vitamin B6 yang membantu mengatur hormon dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

Alpukat

Alpukat bukan hanya makanan yang sangat modis saat ini, tetapi juga dianggap sebagai makanan super kesuburan! Ini karena merupakan sumber vitamin E yang sangat baik yang merupakan antioksidan kuat dan nutrisi kesuburan yang penting. 

Vitamin E membantu mengatur ovulasi dan produksi lendir serviks. Ini juga merupakan sumber lemak tak jenuh yang sangat baik yang penting untuk fungsi hormon yang sehat.

Ketika kamu mencoba untuk hamil (dan selama kehamilan), penting untuk memilih makanan segar berkualitas baik yang tidak diolah karena ini akan jauh lebih kaya vitamin, mineral, dan nutrisi.

Ingat, meskipun penting untuk menjaga pola makan yang sehat dan seimbang saat mencoba untuk hamil, kamu juga harus minum banyak air, berolahraga secara teratur, dan menghindari alkohol dan rokok.

—-

Penulis: Rahmadina Firdaus

Share artikel ini
Reference