cara memperbaiki hormon haid

cara memperbaiki hormon haid

Meski sudah menjadi hal biasa, menstruasi sering kali menimbulkan ketidaknyamanan yang berbeda-beda pada setiap wanita. 

Salah satu faktor yang memengaruhi ketidaknyamanan saat menstruasi adalah perubahan hormon pada tubuh.

Umumnya, perubahan hormon yang terjadi saat menstruasi ini terkait dengan hormon estrogen dan progesteron. 

Estrogen ini diproduksi oleh indung telur dan memengaruhi siklus menstruasi. Selama fase folikel, konsentrasi estrogen meningkat dan membuat dinding rahim menebal. 

Sementara itu, progesteron diproduksi oleh corpus luteum dan mempersiapkan dinding rahim untuk kehamilan. 

Jika terjadi pembuahan, produksi progesteron akan terus meningkat dan mempertahankan kehamilan.

Namun, tak jarang beberapa wanita mengalami fase di mana hormon tidak teratur. Lantas, bagaimana cara memperbaiki hormon haid? Ketahui jawabannya di bawah ini.

Apa itu hormon?

Pertama-tama, perlu diketahui bahwa hormon adalah bahan kimia yang membawa pesan melalui darah ke berbagai jaringan tubuh. 

Sinyal-sinyal ini akan memberi tahu tubuh mengenai apa yang harus dilakukan dan kapan melakukannya. 

Intinya, keberadaan hormon sangat penting untuk kehidupan dan kesehatan kamu. Hingga saat ini, para ilmuwan telah mengidentifikasi ada lebih dari 50 hormon di dalam tubuh manusia.

Berdasarkan fungsinya, hormon berperan penting dalam proses metabolisme, homeostasis, tumbuh kembang, fungsi seksual, reproduksi, siklus tidur-bangun, dan suasana hati. Terbayang seberapa pentingnya hormon, bukan?

Oleh sebab itu, ketidakseimbangan hormon bisa berpengaruh besar untuk kamu. Beberapa ketidakseimbangan hormon bisa bersifat sementara atau malah kronis (jangka panjang).

Bahkan, beberapa ketidakseimbangan hormon memerlukan pengobatan agar kamu tetap sehat secara fisik.

Kondisi yang berhubungan dengan ketidakseimbangan hormon

Normalnya, hormon harus dalam kondisi seimbang di dalam tubuh. Jika tidak seimbang, ada beberapa kondisi yang berpengaruh dan berhubungan langsung dengan jumlah hormon tersebut, seperti berikut ini.

  • Menstruasi

Beberapa hormon terlibat dalam siklus menstruasi. Karena itu, ketidakseimbangan salah satu atau beberapa hormon tersebut dapat menyebabkan menstruasi kamu menjadi tidak teratur.

Umumnya, kondisi terkait hormon tertentu yang menyebabkan menstruasi tidak teratur adalah sindrom ovarium polikistik (PCOS) dan amenore.

  • Infertilitas

Ketidakseimbangan hormon adalah penyebab utama ketidaksuburan. Bahkan, kondisi terkait hormon, seperti PCOS dan anovulasi juga dapat menyebabkan kemandulan.

Selain wanita, seorang laki-laki saat lahir juga dapat mengalami ketidakseimbangan hormon yang memengaruhi kesuburan, seperti kadar testosteron rendah (hipogonadisme).

  • Munculnya jerawat

Penyebab munculnya jerawat adalah pori-pori yang tersumbat. Meskipun banyak faktor yang berkontribusi terhadap perkembangan jerawat, fluktuasi hormon selama masa pubertas merupakan faktor yang paling signifikan.

Sebab, kelenjar minyak yang ada di kulit wajah akan terstimulasi saat hormon menjadi aktif selama masa pubertas

  • Diabetes

Jika kamu menderita diabetes, pankreas tidak menghasilkan cukup hormon insulin atau tubuh tidak bisa menggunakannya dengan benar. 

  • Obesitas

Ketidakseimbangan hormon tertentu dapat menyebabkan penambahan berat badan dalam bentuk penyimpanan lemak. Misalnya, kelebihan hormon kortisol dan hormon tiroid yang rendah (hipotiroidisme) dapat menyebabkan obesitas.

Cara memperbaiki hormon haid tidak teratur

Jika kamu merasa jumlah hormon tidak seimbang berdasarkan kondisi di atas, sebaiknya langsung melakukan pengecekan lebih lanjut dengan dokter. Biasanya, dokter akan merekomendasikan cara di bawah ini untuk memperbaiki hormon haid yang tidak teratur.

  • Terapi hormon

Terapi hormon bisa dilakukan dengan kontrasepsi oral, tambalan KB, suntikan KB, atau metode hormonal intrauterine device (IUD). Hanya saja, kamu harus konsultasi lebih lanjut dengan dokter untuk melakukan terapi hormon.

Sedangkan jika ketidakseimbangan hormon disebabkan oleh kondisi tiroid, seperti hipotiroidisme, pengobatan hormon tiroid dapat membantu tubuh untuk mengkalibrasi ulang kadar hormon dan menyeimbangkannya kembali.

  • Perubahan gaya hidup

Cara memperbaiki hormon haid tidak teratur lainnya adalah perubahan gaya hidup. Pada beberapa orang, terutama yang memiliki PCOS, menurunkan berat badan mungkin bisa membantu. 

Gaya hidup yang tepat juga dapat memengaruhi cara tubuh menggunakan insulin dan membantu mengatur kadar hormon.

Tidak sulit, kamu bisa mulai gaya hidup sehat dengan makan makanan yang sehat dan seimbang serta berolahraga secara teratur.

Itu dia beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang cara memperbaiki hormon haid yang tidak teratur.

Jadi, jika kamu mengalami ketidakseimbangan hormon, ada berbagai jenis perawatan untuk membantu mengembalikan hormon ke tingkat yang sesuai, kok. 


Penulis: Nabila Ramadhani

Share artikel ini
Reference