Mempersiapkan diri untuk kehamilan bisa jadi perjalanan yang menyenangkan dan juga menantang. Kamu wajib menjaga kesehatan dan kesuburan selama program kehamilan (promil).

Salah satu suplemen yang memberikan manfaat untuk promil adalah Natur E 300. Simak apa saja kandungan dan khasiat Natur E 300 di sini, yuk!

Kandungan Natur E

Natur E 300 adalah salah satu varian dari suplemen Natur E yang mengandung 300 IU (Internasional Units) vitamin E alami per kapsul.

Vitamin E adalah antioksidan yang berfungsi melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Dengan begitu, suplemen ini bisa membantu menjaga kesehatan kulit, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mendukung fungsi jantung, serta pembuluh darah.

Kamu bisa menjumpai suplemen berbentuk kapsul lunak ini di apotek dan toko-toko kesehatan, ya. 

Tak Hanya Buat Kulit Sehat, Ini Manfaat Natur E untuk Promil

Manfaat Natur E 300 untuk promil

manfaat natur e 300 untuk promil

Tidak hanya untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, konsumsi Natur E 300 ternyata dipercaya memiliki manfaat untuk promil.

Selain itu, pihak produsen sudah klaim bahwa kapsul lunak dari Natur-E terbuat dari gelatin yang berasal dari tulang rawan sapi. Alhasil, suplemen ini aman untuk dikonsumsi, baik pria dan wanita yang menjalani promil. 

Ini deretan khasiat Natur E 300 untuk meningkatkan peluang program kehamilan. 

1. Membantu perkembangan plasenta

Salah satu manfaat Natur-E untuk promil adalah membantu menjaga perkembangan dan kesehatan plasenta. Plasenta adalah organ penting yang berkembang di dalam rahim selama masa kehamilan. 

Fungsinya sebagai jembatan antara ibu dan bayi, yaitu menyediakan oksigen dan nutrisi untuk bayi, membuang kotoran bayi, mencegah infeksi, dan lain-lain. Mengingat plasenta sangat penting bagi bayi, perkembangannya juga harus dijaga. 

Sementara itu, Natur-E mengandung vitamin E alami yang penting untuk perkembangan plasenta.

Kandungan alpha-tocopherol dalam vitamin E membantu menjaga kesehatan plasenta dan memastikan bahwa fungsi-fungsinya berjalan dengan baik selama masa kehamilan. 

Dalam kombinasi dengan pola hidup sehat dan teratur, Natur E dapat menjadi salah satu suplemen yang membantu mempersiapkan diri untuk kehamilan.

Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan saran yang tepat mengenai dosis dan efek samping yang mungkin timbul.

7 Manfaat Vitamin E untuk Promil, Biar Punya Momongan!

2. Menjaga kesehatan dinding rahim

Manfaat Natur E 300 untuk promil yang kedua adalah membantu meningkatkan ketebalan dinding rahim. Ketebalan dinding rahim memiliki peran penting dalam memudahkan proses kehamilan.

Hal ini terlihat dari sebuah studi kecil yang melibatkan tiga wanita dengan kegagalan ovarium yang tidak berhasil dibantu dengan terapi hormon. 

Ketiga wanita akhirnya diberi kombinasi 1.000 IU vitamin E dan 800 pentoxifylline setiap hari selama setidaknya 9 bulan.

Hasilnya, ketebalan dinding rahim para wanita hampir dua kali lipat lebih tebal. Dari tiga peserta, dua orang berhasil hamil melalui implantasi embrio. 

3. Meningkatkan jumlah dan kualitas sperma pria

Manfaat Natur E 300 untuk promil tidak hanya berdampak positif untuk wanita, tetapi juga untuk pria. Hal ini terlihat dari beberapa studi.

Studi tersebut menunjukkan suplementasi harian vitamin E dan vitamin C bisa meningkatna parameter sperma pria yang didiagnosis tidak subur. 

Pada penelitian tersebut memperlihatkan adanya peningkatan jumlah sperma pasien menjadi 48% setelah 3 bulan pengobatan. Selain itu, sperma pasien menjadi lebih padat dan tingkat kerusakan DNA menjadi 25% lebih rendah. 

Khasiat vitamin E pada kesuburan pria juga terlihat dari studi lain. Konsumsi suplemen selenium 200 mcg dan vitamin 400 IU pada pria dengan masalah kesuburan membuat sprema mereka 52% lebih aktif. 

Oleh karena itu, mengonsumsi Natur-E secara teratur bisa membantu meningkatkan kualitas sperma pada pria dan meningkatkan kesuburan. 

4 Manfaat Buah Parijoto untuk Promil

4. Membantu meredakan gejala PCOS

PCOS atau sindrom ovarium polikistik adalah kondisi hormonal yang dapat menyebabkan pembengkakan ovarium dengan kista kecil pada bagian luarnya. Kondisi ini sering terjadi pada wanita usia subur. 

Sementara itu, sebuah studi di India menunjukkan bahwa vitamin E dapat menjadi suplemen utama yang terjangkau untuk pengobatan PCOS.

Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efek vitamin E pada PCOS dalam populasi yang lebih besar.

5. Mengurangi risiko kehamilan prematur dan keguguran

Siapa sangka manfaat Natur E 300 untuk promil bisa mengurangi risiko kehamilan prematur dan keguguran? Hal ini karena vitamin E dapat membantu memperkuat selaput ketuban dan mencegahnya pecah. 

Selaput ketuban yang kuat sangat penting untuk melindungi janin dari cidera dan menjaga suhu tubuhnya. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan selaput ketuban agar kehamilan dapat berjalan lancar.

Dosis dan aturan pakai Natur E 300 untuk promil

efek samping natur e

Untuk mengonsumsi Natur E dalam rangka manfaat untuk promil, penting untuk mengetahui dosis yang tepat. Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG), orang dewasa membutuhkan 15-20 mg atau setara dengan 22,4 – 28,4 IU vitamin E per hari. 

Di sisi lain, Natur E yang dijual bebas mengandung 100 IU atau 67 mg vitamin E per kapsul,. Kamu mungkin dapat dikonsumsi satu kapsul setiap hari setelah makan malam selama 3 bulan sebelum masa kehamilan.

Walau begitu, dosis dan aturan pakai tersebut dapat berbeda-beda tergantung pada kondisi kesehatan individu. Oleh sebab itu, konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen ini.


Penulis: Nabila Azmi

Share artikel ini
Reference