manfaat jeniper untuk promil

Jeruk nipis (jeniper) peras biasanya dikonsumsi langsung atau ditambahkan ke dalam air putih, teh, atau jus lainnya. Jeniper ini memiliki kandungan yang bisa menyehatkan tubuh serta manfaat untuk promil. Apa saja manfaat jeniper untuk promil?

FYI, jeruk nipis adalah buah kecil yang berasal dari Asia Tenggara dengan rasa asam dan segar. Buah ini banyak digunakan dalam masakan, minuman, dan pengobatan tradisional. 

Kandungan jeruk nipis peras (jeniper)

Jeruk nipis peras adalah jus dari jeruk nipis yang telah diperas. Jeruk nipis termasuk dalam buah yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Berikut kandungan vitamin utamanya:

  1. Vitamin C
  2. Vitamin B6
  3. Kalium
  4. Asam folat
  5. Thiamin 

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan

Dengan kandungannya tersebut, tak heran jika jeruk nipis memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti berikut ini:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jeruk nipis kaya akan vitamin C, yang merupakan antioksidan kuat dan bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta melawan infeksi.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Jeruk nipis mengandung serat pektin yang membantu melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan usus.

3. Menurunkan berat badan

manfaat jeniper untuk promil menjaga berat badan untuk kesuburan

Jeruk nipis rendah kalori dan kaya akan air, sehingga dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama dan mengurangi nafsu makan.

4. Menjaga kesehatan jantung 

Kandungan kaliumnya bisa membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

5. Menyehatkan kulit 

Vitamin C dalam jeruk nipis membantu menjaga kesehatan kulit, meningkatkan produksi kolagen, dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

6. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Asam sitrat dalam jeruk nipis bisa membersihkan plak dan bakteri di gigi dan mulut, sehingga dapat mencegah gigi berlubang dan bau mulut.

7. Menangkal radikal bebas

Antioksidan dalam jeruk nipis membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung.

8. Detoksifikasi tubuh

Tak kalah penting, jeruk nipis juga membantu melancarkan metabolisme dan mengeluarkan racun dari tubuh.

Manfaat jeniper untuk promil

Bagi kamu yang sedang program hamil, berikut ini manfaat jeniper untuk promil yang perlu diketahui:

1. Meningkatkan motilitas sperma

Vitamin C dalam jeruk nipis dapat membantu meningkatkan motilitas sperma, yaitu kemampuan sperma untuk bergerak.

2. Meningkatkan morfologi sperma

Antioksidan dalam jeruk nipis juga dapat membantu melindungi sperma dari kerusakan akibat radikal bebas lho, sehingga meningkatkan morfologi sperma (bentuk dan struktur sperma).

3. Mencegah kerusakan sel telur 

Fungsi antioksidan dalam jeruk nipis juga mampu membantu melindungi sel telur dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga meningkatkan kualitas sel telur.

4. Meningkatkan kesuburan wanita

Vitamin C dalam jeruk nipis dapat membantu meningkatkan kesuburan wanita dengan menyeimbangkan hormon dan meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi.

Itu tadi kandungan jeruk nipis dan manfaat jeniper untuk promil yang perlu diketahui. Yuk, mulai konsumsi jeniper bila kamu sedang menjalankan promil!


Penulis: Nabila Ramadhani

Share artikel ini
Reference