Folavit adalah suplemen asam folat untuk membantu dalam mencegah dan memperbaiki kekurangan asam folat. Selain itu, manfaat folavit untuk promil juga banyak ditemukan.

Kamu mungkin sudah pernah mendengar soal Folavit. Suplemen ini adalah suplemen yang mengandung asam folat atau vitamin B9 yang merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama bagi ibu hamil dan janin yang sedang berkembang. Itulah sebabnya manfaat Folavit untuk promil tidak perlu diragukan lagi. 

Folavit sendiri biasanya tersedia dalam bentuk tablet atau kapsul yang mudah dikonsumsi. Nah, untuk penjelasan yang lebih detail soal kandungan Folavit dan manfaat Folavit untuk promil, simak artikel ini yuk!

Kandungan Folavit

manfaat folamil untuk promil

Folavit adalah suplemen makanan yang mengandung asam folat. Suplemen makanan ini digunakan untuk menjaga kesehatan sistem saraf dan memenuhi kebutuhan tubuh akan asam folat yang bermanfaat dalam pembentukan sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Asam folat yang ada dalam Folavit berperan penting dalam pembentukan sel darah merah dan pertumbuhan sel sehat. Vitamin ini juga dikenal dapat mengurangi risiko cacat tabung saraf, seperti spina bifida atau ensefalopati janin.

Manfaat Blackmores untuk Promil, Penting untuk Siapkan Kehamilan!

Manfaat folavit untuk promil

Berikut beberapa manfaat Folavit untuk promil yang perlu kamu ketahui: 

1. Memperbaiki siklus menstruasi

Siklus menstruasi yang tidak teratur dapat mempengaruhi tingkat kesuburan. Berdasarkan penelitian dalam jurnal Ann Epidemiol, asam folat diketahui dapat digunakan untuk memperbaiki siklus menstruasi.

Dengan mengonsumsi asam folat yang cukup, menstruasi bisa menjadi lebih lancar. Oleh karena itu, bagi wanita dengan siklus menstruasinya tidak teratur, mengonsumsi Folavit bisa menjadi pilihan yang tepat.

2. Meningkatkan kesuburan pria

Asam folat tidak hanya bermanfaat bagi wanita, tetapi juga dapat meningkatkan kesuburan pria. Penelitian menunjukkan bahwa semakin rendah konsentrasi asam folat dalam sperma, semakin rendah jumlah dan kualitas spermanya.

Oleh karena itu, konsumsi asam folat dikatakan dapat membantu meningkatkan kesuburan pria yang pada akhirnya dapat membantu keberhasilan promil.

3. Menurunkan risiko bayi cacat

Jumlah asam folat yang cukup dapat mendorong perkembangan janin dalam kandungan saat sel telur dibuahi oleh sperma.

Tak hanya itu, jumlah asam folat yang cukup dalam tubuh juga dapat membantu mencegah keguguran dan berbagai cacat lahir atau penyakit yang bisa didapat janin dalam kandungan.

Pada dasarnya, asam folat berfungsi untuk mendukung perkembangan otak dan tulang belakang janin, bahkan membantu mengurangi risiko penyakit jantung bawaan dan berat badan lahir rendah (BBLR) pada bayi.

5+ Manfaat Kentang Untuk Ibu Hamil dan Efek Sampingnya!

4. Membantu mengatasi depresi

Manfaat folavit tidak hanya langsung pada kehamilan tapi juga untuk kesehatan mental. Penelitian dalam Journal of Psychiatry & Neuroscience menunjukkan bahwa penderita depresi umumnya mereka yang mengonsumsi lebih sedikit asam folat.

Nah, agar promil berjalan dengan lancar, wanita disarankan untuk mampu mengelola stres dengan baik, dan mengonsumsi Folavit bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.

5. Mengatasi anemia

Folavit memiliki kemampuan untuk merangsang produksi sel darah merah sehingga terhindar dari resiko anemia. Hal ini tentu penting untuk promil mengingat anemia merupakan salah satu penghambat kehamilan.

6. Nutrisi untuk kecerdasan janin

Folavit juga merupakan suplemen yang sangat baik untuk mendorong kecerdasan janin. Kandungan asam folat yang dapat merangsang produksi trombosit juga   dapat menjaga kesehatan otak dan meningkatkan kecerdasan.

Nah, itu dia beberapa manfaat Folavit untuk promil yang wajib kamu ketahui. Ingat, sebelum mengonsumsi vitamin yang satu ini, kamu sebaiknya konsultasi dengan  dokter dulu yaa!


Penulis: Hutri Cika Agustina Berutu

Share artikel ini
Reference