Manfaat mangga untuk promil

Buah mangga yang bernama latin Mangifera indica seringkali disebut sebagai “raja buah”. Mangga berasal dari India dan Asia Tenggara, dan orang telah membudidayakannya selama lebih dari 4.000 tahun.

Ratusan jenis mangga ada, masing-masing dengan rasa, bentuk, ukuran, dan warna yang khas. Mangga tidak hanya enak tetapi juga memiliki profil nutrisi yang mengesankan.

Berikut adalah 5 manfaat buah mangga bagi kesehatan, simak selengkapnya di sini!

Kandungan buah mangga

kalori buah mangga

Satu cangkir (165 gram) mangga segar mengandung nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 99
  • Protein: 1,4 gram
  • Karbohidrat: 24,7 gram
  • Lemak: 0,6 gram
  • Serat: 2,6 gram
  • Gula : 22,5 gram
  • Vitamin C: 67%
  • Tembaga: 20%
  • Folat: 18%
  • Vitamin B6: 12%
  • Vitamin A: 10% 
  • Vitamin E: 10% 
  • Vitamin K: 6% 
  • Niacin: 7% 
  • Kalium: 6% 
  • Riboflavin: 5% 
  • Magnesium: 4% 
  • Tiamin: 4%

Salah satu fakta nutrisi yang paling mengesankan dari buah mangga adalah kandunangan 67% vitamin C. Vitamin yang larut dalam air ini membantu sistem kekebalan tubuh Anda, membantu tubuh menyerap zat besi, dan mendorong pertumbuhan sel. dan perbaikan.

Mangga juga merupakan sumber mineral tembaga dan folat yang baik, yang merupakan nutrisi penting selama kehamilan, karena mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang sehat.

7 Manfaat Mangga Muda untuk Ibu Hamil, Atasi Morning Sickness

Apakah manfaat buah mangga bagus untuk promil?

manfaat buah mangga untuk promil

Mangga tidak hanya aman dikonsumsi saat kamu hamil, tetapi juga mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat. Satu porsi ¾ cangkir manfaat buah mangga adalah sumber folat yang merupakan kunci vitamin promil.

Wanita yang tidak mendapatkan cukup folat berisiko melahirkan bayi dengan cacat tabung saraf, seperti spina bifida. Kekurangan folat juga dapat meningkatkan kemungkinan bayi lahir prematur atau berat lahir rendah.

Menurut FDA (Food and Drug Administration) Amerika Serikat, mangga adalah buah yang aman dikonsumsi saat sedang hamil. Tentu saja, kamu harus selalu berkonsultasi dengan dokter tentang makanan apa yang harus dan tidak boleh dimakan selama kehamilan.

Penting untuk memastikan peralatan dapur dan meja dapur dibersihkan secara menyeluruh untuk membantu mencegah penyebaran bakteri.

Sebelum memotong mangga, pastikan untuk membersihkannya dengan membilasnya di bawah air dan gosok kulit dengan lembut dengan tangan untuk menghilangkan residu.

Kemudian, keringkan mangga dengan kain bersih atau handuk kertas untuk menghilangkan sisa bakteri.

Fakta Manfaat Kelapa Bakar Untuk Promil, Apakah Manjur?

Manfaat mangga untuk kesehatan

berapa kalori buah mangga

Buah mangga mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan di antaranya:

1. Dapat membantu mencegah diabetes

Mangga segar mengandung gula alami yang relatif tinggi dibandingkan dengan buah segar lainnya, mengandung lebih dari 22 gram per cangkir (165 gram).

Namun, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa makan mangga segar menyebabkan diabetes atau tidak sehat bagi orang dengan kondisi ini.

Studi lain baru-baru ini menyimpulkan bahwa mengonsumsi buah dan sayuran yang tinggi vitamin C dan karotenoid dapat membantu mencegah timbulnya diabetes.

Mangga kaya akan kedua nutrisi ini, sehingga dapat memberikan manfaat yang serupa, meskipun diperlukan lebih banyak penelitian (19, 20, 21, 22).

2. Mengandung nutrisi penambah kekebalan tubuh

Mangga adalah sumber nutrisi penambah kekebalan tubuh yang baik. Satu cangkir (165 gram) mangga menyediakan 10% dari kebutuhan vitamin A harian yang kamu butuhkan.

Vitamin A sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. Selain itu, Vitamin C juga dapat membantu tubuh menghasilkan lebih banyak sel darah putih penangkal penyakit, membantu sel-sel ini bekerja lebih efektif.

Manfaat Sereh untuk Promil, Apakah Terbukti Efektif?

3. Menjaga kesehatan jantung

Mangga mengandung nutrisi yang mendukung kesehatan jantung. Misalnya, kandungan magnesium dan potasium, yang membantu menjaga aliran darah yang sehat.

Nutrisi ini membantu pembuluh darah rileks, menurunkan tingkat tekanan darah.

Selain itu, kandungan ini juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, trigliserida, dan asam lemak bebas dalam darah.

Meski temuan ini menjanjikan, penelitian tentang mangiferin dan kesehatan jantung pada manusia saat ini masih kurang. Oleh karena itu, diperlukan lebih banyak studi dalam hal ini.

4. Dapat meningkatkan kesehatan pencernaan

Mangga memiliki beberapa kualitas yang menjadikannya sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

Pertama, mengandung sekelompok enzim pencernaan yang disebut amilase. Enzim pencernaan ini memecah molekul makanan besar sehingga tubuh dapat menyerapnya dengan mudah.

Amilase memecah karbohidrat kompleks menjadi gula, seperti glukosa dan maltosa. Enzim ini lebih aktif pada mangga matang, itulah sebabnya mangga lebih manis daripada mangga mentah.

Selain itu, karena mangga mengandung banyak air dan serat makanan, mangga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit dan diare.

5. Menjaga kesehatan mata

Mangga penuh dengan nutrisi yang dapat menjaga kesehatan mata. Dua nutrisi utama yang dikandungnya adalah antioksidan lutein dan zeaxanthin.

Kandungan ini terkonsentrasi di retina mata terutama di bagian tengah retina, yang disebut makula. Di dalam retina, lutein dan zeaxanthin bertindak sebagai tabir surya alami, menyerap kelebihan cahaya.

Selain itu, tampaknya melindungi mata dari cahaya biru yang berbahaya.

Manfaat Regumen Untuk Promil, Benarkah Bantu Cepat Hamil?

Share artikel ini
Reference