nexurin obat apa

Apakah kamu pernah merasakan keluhan seperti nyeri, sensasi terbakar atau keluhan lain yang disebabkan oleh iritasi saluran kemih? Biasanya, dokter akan meresepkan nexurin untuk mengatasi keluhan tersebut. Tapi, sebenarnya nexurin obat apa, sih?

Yuk, ketahui lebih lanjut mengenai manfaat hingga efek samping obat ini. 

Nexurin obat apa?

Penting untuk mengetahui kegunaan obat yang kamu konsumsi dengan begitu, kamu bisa bisa lebih mengetahui kegunaan obat tersebut. Nexurin adalah obat yang mengandung Phenazopyridine HCl yang berguna untuk meredakan nyeri karena iritasi pada mukosa saluran kemih.

Phenazopyridine sendiri juga dapat memberikan efek analgesik (pereda nyeri) yang terjadi pada saluran kemih.

10 Penyebab Infeksi Kandung Kemih, Hindari dan Cari Tahu Cara Pencegahannya

Manfaat nexurin

Sebelum mengkonsumsi obat, tidak ada salahnya untuk mengetahui manfaat obat tersebut terlebih dahulu, termasuk obat nexurin. Obat yang satu ini bermanfaat untuk mengatasi nyeri karena peradangan kandung kemih, prostatitis (peradangan pada kelenjar prostat), dan juga uretritis (pembengkakan yang terjadi pada uretra).

Selain itu obat yang satu ini juga berguna untuk mengatasi sensasi terbakar atau panas dan rasa tidak nyaman lainnya yang timbul dari iritasi pada mukosa saluran kemih bagian bawah.

Iritasi sendiri dapat terjadi akibat trauma, pembedahan, prosedur endoskopi, infeksi, atau penyisipan instrumen atau kateter urin. Obat nexurin ini juga dapat digunakan dalam kombinasi dengan terapi antimikroba tetapi tidak digunakan sebagai agen antimikroba.

Obat ini nantinya akan berkontribusi untuk menghilangkan ketidaknyamanan dan rasa sakit sebelum terapi antimikroba. 

Dosis obat

Setelah mengetahui nexurin obat apa, kamu perlu tahu nih penggunaan dosis obat yang satu ini. Penggunaan dosis yang tidak tepat dapat mengurangi kerja atau efektivitas obat tersebut. 

Namun, sebelum mengetahui penggunaan dosis obat nexurin yang tepat, kamu perlu tahu bahwa nexurin sendiri termasuk dalam golongan obat keras. Jadi, untuk menggunakan dosis obat ini harus memperoleh resep dokter terlebih dahulu.

Apa Kegunaan Obat Helixim 100 dan Efek Sampingnya?

Kamu perlu konsultasi penggunaan dosis obat baik dengan dokter maupun dengan apoteker. Ini karena setiap orang dapat membutuhkan dosis yang berbeda tergantung penyakit yang diderita dan kondisi setiap individu.

Namun, umumnya penggunaan obat yang satu ini adalah:

  • Dosis untuk dewasa yakni: 2 tablet diminum sebanyak 3 x sehari. Jika obat perlu dikombinasikan dengan antibiotik, durasi maksimal obat ini adalah selama 2 hari.
  • Dosis untuk anak-anak yakni: 12 mg / kg berat badan/ hari dalam 3 dosis terbagi selama 2 hari.

Petunjuk penggunaan

Menggunakan obat yang satu ini tidak boleh dikonsumsi sembarangan. Pasalnya nexurin merupakan golongan obat keras. Pastikan untuk membaca petunjuk penggunaan obat yang ada pada kemasan atau ikuti petunjuk dari dokter maupun apoteker.

Pastikan untuk tidak menghentikan konsumsi obat tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda.

Selain itu, tidak diperbolehkan untuk mengubah dosis penggunaan obat baik penurunan dosis maupun peningkatan dosis obat tanpa konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. 

Jika sedang mengkonsumsi obat lainnya, disarankan untuk menginformasikannya pada dokter Anda untuk mencegah interaksi obat yang mungkin dapat terjadi.

Efek samping obat nexurin

Bukan hanya mengetahui nexurin obat apa, manfaat dan dosis penggunaannya, kamu juga perlu mengetahui sejumlah efek samping yang mungkin dapat ditimbulkan. Berikut beberapa efek samping dari penggunaan obat yang satu ini.

  • Gangguan saluran pencernaan
  • Hepatotoksisitas (sel-sel hati mengalami kerusakan karena zat-zat kimia yang bersifat toksik)
  • Sakit kepala
  • Ruam
  • Anemia hemolitik
  • Perubahan warna urin dan cairan tubuh lainnya
  • Berpotensi Fatal: Gagal ginjal akut

Beberapa individu mungkin mengalami efek samping di luar dari daftar yang sudah disebutkan di atas. Beberapa individu lainnya mungkin tidak mengalami efek samping sama sekali. 

Jika kamu mengalami efek samping selama penggunaan obat, kamu bisa langsung konsultasikan pada dokter. Nantinya, dokter dapat menurunkan dosis atau mengganti penggunaan obat lain untuk menghindari efek samping yang mengganggu. 

Penting juga untuk mengikuti anjuran dokter selama penggunaan obat untuk menghindari berbagai risiko efek samping di atas.

Itulah ulasan mengenai nexurin obat apa, manfaat, hingga efek samping yang dapat ditimbulkan dari penggunaan obat yang satu ini. 

Penulis: Intan Dwiyanti

Share artikel ini
Reference