merdeka sakit haid

Perempuan yang mandiri mempunyai keistimewaan tersendiri. Pasalnya, perempuan mandiri memiliki sikap dan pola pikir yang berbeda dan menjadi salah satu pesonanya.

Perempuan mandiri dapat melakukan berbagai hal tanpa selalu bergantung dengan orang lain. Yuk, ketahui berbagai pesona mereka melalui ulasan berikut ini. 

Pesan untuk jadi perempuan mandiri di hari kemerdekaan

Perempuan mandiri dapat menjaga dirinya sendiri. Ini memiliki kekuatan untuk menghadapi berbagai masalah dan dapat mencari solusi dan tahu apa yang harus dilakukan untuk menghadapinya. Ia juga dapat mengandalkan dirinya secara penuh tanpa harus bergantung pada orang lain. 

Selain dapat menjaga dirinya sendiri, perempuan yang memiliki kemandirian ini juga mandiri secara finansial.

Ia tidak bergantung pada siapapun soal keuangan. Mereka dapat membeli apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan uang yang mereka peroleh. 

Pesan untuk jadi perempuan mandiri di hari kemerdekaan adalah jadilah perempuan yang percaya diri dan tidak membiarkan siapapun mempengaruhi kepercayaan diri tersebut. Seorang wanita yang mandiri juga dapat menghidupi dirinya sendiri dan bangga karena bisa melakukannya. 

Selain itu, perempuan yang mandiri juga tahu apa yang ia rasakan, berani untuk bersuara untuk hal-hal dan nilai-nilai yang ia yakini.

Jangan ragu untuk mengikuti jalannya sendiri, mencintai diri sendiri apa adanya, dan selalu berusaha untuk mencapai apa yang diinginkan.

Merdeka dari sakit haid

perempuan mandiri

Salah satu hal yang tidak lepas dari perempuan adalah rasa sakit haid. Tapi, kamu bisa mengupayakan untuk merdeka atau bebas dari sakit haid setiap bulannya. Berikut beberapa cara untuk mengurangi sakit haid:

1. Makan makanan yang tepat

saat masa menstruasi, perempuan kerap menginginkan makanan yang tinggi gula dan lemak. Padahal, tubuh sedang membutuhkan asupan nutrisi untuk menggantikan nutrisi yang hilang selama menstruasi. 

Beberapa makanan yang dapat mengisi kembali nutrisi penting tersebut meliputi:

  • Salmon
  • Sayuran berserat tinggi seperti brokoli
  • Buah
  • Kacang-kacangan 
  • Biji-bijian utuh 

2. Tetap terhidrasi

Salah satu cara untuk mengurangi rasa sakit saat haid adalah dengan selalu terhidrasi. Kamu bisa minum air hangat atau teh herbal yang dapat membantu meningkatkan aliran darah yang nantinya dapat melemaskan otot yang kram selama menstruasi. 

3. Lakukan olahraga ringan

Olahraga dapat membantu mengurangi kecemasan pra menstruasi dan dapat membantu mengalihkan rasa sakit. Kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti yoga atau berjalan santai. Olahraga sendiri juga dapat melepaskan endorfin yang membantu meredakan stres mental dan fisik. 

Manfaat Yoga untuk Wanita dan Rekomendasi Gerakan Yoga Pemula

4. Hindari mengkonsumsi kafein

Kafein dapat mempersempit pembuluh darah yang menyebabkan kram menstruasi semakin memburuk.

Selain itu, kafein juga dapat meningkatkan rasa kembung. Hindari minuman dan makanan berkafein seperti kopi, coklat, teh, dan soda. 

5. Pijat bagian perut dengan nyaman

Memijat bagian perut selama beberapa menit dapat membantu mengurangi nyeri haid. Pijatan ini akan membantu otot-otot lebih rileks dan meredakan ketegangan akibat kram.

Kamu bisa menggunakan minyak esensial untuk memijat seperti minyak lavender yang juga dapat membantu meredakan kecemasan pra menstruasi. 

6. Tidur yang cukup

Tidur malam yang cukup juga dapat membantu meredakan nyeri haid. Pastikan tidur 7-9 jam setiap malam.

Kurang tidur dikatakan dapat menyebabkan seseorang lebih mudah marah dan menurunkan ambang rasa sakit sehingga kram menstruasi menjadi lebih intens. 

7. Obat penghilang rasa sakit

Jika rasa sakit menstruasi sangat mengganggu, kamu bisa menggunakan obat nyeri ringan atau penghilang rasa sakit seperti parasetamol dan ibuprofen. Obat ini akan mengurangi nyeri haid ringan hingga sedang. 

Perbedaan Ibuprofen vs Paracetamol, Mana Yang Lebih Bagus?

Barang yang wajib ada di tas saat kamu haid 

Berikut beberapa barang wajib yang perlu perempuan mandiri bawa ketika sedang menstruasi:

  • Pembalut. Kamu harus membawa pembalut selama bepergian karena pembalut harus rutin diganti sehingga kebersihan selalu terjaga. 
  • Obat penghilang rasa sakit. Mengkonsumsi obat ini dapat mengatasi kram menstruasi sehingga kamu bisa tetap beraktivitas. Tidak ada untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi obat ini. 
  • Buah-buahan. Camilan sehat yang selalu ada di tas ketika haid adalah buah untuk memberikan energi selama menstruasi. 
  • Deodoran. Menstruasi dapat membuat hormon menjadi kacau sehingga dapat menyebabkan bau badan. Kamu bisa selalu membawa deodorant untuk mengatasinya. 
  • Tisu basah. Ini berguna untuk menyeka wajah untuk menyegarkan tubuh karena nyeri haid yang bisa membuat tidak nyaman. 
  • Celana dalam. Membawa celana dalam ekstra sangat penting. Ini dapat digunakan ketika celana dalam kotor atau terdapat noda darah dan basah sehingga tidak nyaman lagi digunakan.
Share artikel ini
Reference