Pada suatu kondisi, ibu hamil diharuskan untuk melahirkan melalui tindakan operasi caesar. Prosedur medis ini dilakukan dengan mengeluarkan bayi melalui luka sayatan pada bagian perut dan rahim sang ibu.

Selain mengetahui apa saja persiapan dan biaya, kamu mungkin juga membutuhkan informasi lainnya mengenai operasi ini.

Salah hal terpenting yang perlu diketahui adalah kapan luka operasi caesar sembuh total. Sebab, jika luka tersebut masih basah, ibu perlu tetap berhati-hati dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Untuk lebih lengkapnya yuk simak penjelasannya berikut ini!

Apa itu operasi caesar?

caesar operasi

Operasi caesar adalah operasi yang dilakukan sebagai salah satu penanganan medis untuk melahirkan bayi dari rahim ibu.

Pada umumnya, tindakan operasi dipilih jika ada masalah dalam upaya persalinan normal. Misalnya, bayi harus dilahirkan secara prematur.

Pertimbangn lainnya adalah apakah ada indikasi medis baik sang ibu maupun bayi yang juga tidak memungkinkan untuk lahiran normal.

Sang ibu juga dapat memilih lahiran secara caesar jika tidak ingin lahiran secara normal. Nah, sebagai informasi, kamu juga perlu mengetahui tentang luka yang harus disembuhkan pasca operasi.

9 Makanan Agar Cepat Pulih Setelah Melahirkan, Kaya Nutrisi dan Menyehatkan!

Berapa lama pemulihan operasi caesar

kapan luka operasi caesar sembuh

Operasi caesar dilakukan dengan menyayat bagian perut. Hal ini tidak hanya dilakukan dengan satu sayatan saja, tetapi ada dua sayatan.

Sayatan pertama ada pada bagian perut kamu dan kemudian sayatan kedua ada di bagian rahim. Jadi, jangan heran jika pada 4 minggu pertama, kamu sangat dianjurkan untuk tidak melakukan hal-hal rutin yang terlihat sederhana, tetapi cukup berat, seperti:

  • Mandi: kamu mungkin butuh bantuan orang lain jika ingin mandi di 4 minggu pertama setelah operasi. Sebab, jika kamu bergerak secara berlebihan, luka sayatan setelah operasi mudah terbuka.
  • Berolahraga: tidak dianjurkan untuk melakukan olahraga. Apalagi jika kamu melakukan olahraga berat. Sebab, pemulihan luka harus benar-benar terjadi agar tidak terjadi infeksi.
  • Melakukan pekerjaan rumahan lainnya: kamu juga dilarang melakukan pekerjaan rutin lainnya seperti mengepel lantai, mencuci pakaian (manual), mengemudi mobil/motor, dan masih banyak lagi. Pastikan luka benar-benar kering agar bisa terhindar dari bahaya infeksi.

Jadi, setidaknya kamu memerlukan waktu 4 minggu untuk pemulihan dan menghindari melakukan aktivitas berat yang dapat memperlama pemulihan.

Kapan luka operasi caesar sembuh total

Kembali lagi ke pembahasan awal, kamu juga harus tahu tentang kapan luka operasi caesar bisa sembuh total.

Nah, menurut penelitian ilmiah, luka sayatan akan pulih setidaknya 4 sampai 6 minggu setelah operasi.

Sayangnya, pasca operasi setidaknya 48 jam pertama akan muncul banyak keluhan. Misalnya, rasa mual, pusing, hingga nyeri di luka sayatan. Kamu perlu istirahat total dalam dua hari tersebut untuk mengurangi keluhan.

Suntik Epidural: Untuk Prosedur Operasi Caesar dan Mengobati Nyeri

Cara merawat luka operasi caesar

cara merawat luka operasi caesar

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika ingin luka operasi caesar mudah pulih, yakni:

  • Rutin membersihkan bekas luka sayatan operasi caesar dengan benar.
  • Istirahat yang cukup selama 6 sampai 8 jam per hari. Istirahat di sini adalah istirahat di malam hari agar sel-sel tubuh bisa kembali berfungsi dengan baik.
  • Makanlah makanan yang bergizi dan cukupi nutrisi tubuh.
  • Jangan menggunakan pakaian ketat dan jangan melakukan aktivitas berat secara berlebihan.
  • Kenali tanda infeksi. Jika ada tanda-tanda infeksi, maka segeralah periksakan diri ke dokter.
  • Periksakan diri untuk kontrol luka operasi secara rutin.

Meredakan rasa sakit pasca operasi caesar

Jika bekas luka sayatan terasa sangat nyeri, kamu bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri yang dijual secara bebas. Misalnya, seperti ibuprofen atau paracetamol. Kamu juga bisa menggunakan kompres hangat pada bagian atas perut yang disayat agar rasa nyeri berkurang. Gunakan bantal ASI ketika menyusui bayi dengan posisi yang benar.

Paling tidak kamu membutuhkan waktu 4 hingga 6 minggu untuk bisa pulih total. Bahkan, tidak menutup kemungkinan bisa sampai 8 minggu.

Tentu saja pemulihan setiap orang akan berbeda-beda. Ada banyak faktor yang menentukan cepat atau lambatnya pemulihan luka akibat operasi caesar. Kamu harus mematuhi protokol aktivitas yang dianjurkan pasca operasi yang benar. Periksakan segera jika terasa nyeri hebat atau tanda infeksi lainnya.

Share artikel ini
Reference