Momen kehamilan memang kerap ditunggu oleh pasangan suami istri agar segera mendapatkan keturunan. Pada saat hamil, tubuh harus benar-benar dijaga agar kesehatan ibu dan bayi bisa terpantau sampai dengan melahirkan.

Namun ada kalanya seorang wanita mengalami keguguran sehingga Rahim harus dibersihkan dengan metode kuretase untuk membersihkan sisa kehamilan didalam Rahim.

Tentunya banyak wanita yang ingin segera hamil kembali setelah mengalami kuret. Namun apakah ini aman? Bagaimana tips cepat hamil pasca kuret? Yuk simak dalam ulasan ini.

Kapan bisa hamil lagi setelah kuret?

Peluang kehamilan bagi seorang wanita masih tetap tinggi meskipun pernah keguguran dan mengalami kuret. Keguguran memang sejatinya tidak mempengaruhi kesuburan wanita sehingga setelah proses ini, kehamilan tentu bisa datang lagi.

Namun biasanya banyak wanita yang masih bertanya-tanya kapan bisa hamil lagi setelah kuret. Ada beberapa wanita yang merasa ragu dan takut dengan kondisi tubuh sehingga khawatir untuk hamil lagi. Perasaan takut dan khawatir tentu sangat wajar apalagi jika kehamilan memang sangat ditunggu-tunggu oleh kedua pasangan.

Faktanya, wanita dapat sesegera mungkin memulai kembali kehamilan bahkan setelah kuret. Tubuh akan memberikan sinyal ovulasi secara normal sama seperti sebelum kehamilan dan dapat terjadi 2 minggu sebelum mengalami menstruasi di bulan selanjutnya.

Beberapa dokter mungkin akan memberikan saran kepada anda untuk menunggu lebih banyak waktu lagi sehingga mental dan psikis kamu bisa siap dan menerima kehamilan selanjutnya. Terdapat beberapa pendapat mengenai kapan hamil setelah kuret yang dikutip dari berbagai sumber seperti:

  • WHO memberikan rekomendasikan untuk memulai kehamilan kembali setidaknya 6 bulan setelah keguguran dan kuret
  • American Pregnancy Association merekomendasikan agar kehamilan dimulai setelah 2-3 kali periode menstruasi agar kehamilan menjadi lebih siap setelah keguguran atau kuret
  • Saran lagi mengatakan, seorang wanita dapat memulai kembali hamil setidaknya 18 bulan setelah kehamilan

Yang pasti, kamu bisa segera berkonsultasi dengan dokter pribadi agar dapat memberikan saran sesuai dengan kondisi tubuh kamu saat ini, apakah sudah siap hamil atau belum.

Tubuh tentunya membutuhkan waktu untuk memulihkan kembali dan menguatkan lapisan rahim seperti endometrium agar siap dengan kehamilan yang baru.

Persiapan lahir dan batin juga dibutuhkan wanita untuk menjadi seorang ibu sehingga akan memberikan dampak yang baik bagi janin yang ada dalam kandungannya. 

Lalu apa saja tips cepat hamil pasca kuret yang bisa dilakukan oleh para wanita?

Cara Memperlancar Haid Setelah Kuret Yang Aman

Tips agar cepat hamil pasca kuret

Keguguran memang dapat memberikan dampak yang cukup traumatis untuk beberapa wanita dan terkadang mereka akan berpikir akan bisa mendapatkan kehamilan sehat setelah sebelumnya harus mengalami keguguran. Jika tubuh Sudah siap, maka kehamilan yang sehat bisa terjadi lagi. Yuk coba intip tips cepat hamil pasca kuret:

1. Konsultasi ke dokter kandungan

konsultasi dokter

Jika ingin hamil kembali setelah kuret, cobalah untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter untuk mengetahui kesiapan tubuh dalam menjalani kehamilan. Tentunya dengan konsultasi dan pantauan langsung, kehamilan akan menjadi lebih aman dan sehat.

Lakukan konsultasi jika kamu termasuk dalam beberapa kondisi seperti berusia lebih dari 35 tahun, pernah keguguran lebih dari 2x, mempunyai kondiis medis tertentu hingga bermasalah dengan kesuburan.

2. Memperbaiki pola makan lebih sehat

Tips cepat hamil pasca kuret selanjutnya, yaitu perbaiki pola makan. Untuk meningkatkan lagi peluang kehamilan, perbaiki pola makan dan hidup sehat.

Perbanyak vitamin, zat besi, asam folat dan banyak minum air agar tubuh tetap segar dan fit untuk kembali memulai kehamilan.

Microgest 100 mg Obat Apa? Yuk Ketahui Manfaat dan Efek Sampingnya!

3. Rutin olahraga

Meningkatkan kembali kesuburan bisa dilakukan dengan rutin berolahraga. Pembuahan setelah keguguran bisa dipercepat jika olahraga rutin kamu lakukan seperti jogging, bersepeda, berjalan kaki dan olahraga ringan lainnya.

4. Membatasi konsumsi kafein

kalori kopi hitam

Masalah kesuburan dan keguguran bisa terjadi karena berbagai faktor, salah satunya kebiasaan konsumsi kafein melebihi batas kewajaran. Setidaknya kurangi dan tidak konsumsi kafein lebih dari 2 gelas perhari serta ganti menjadi minuman sehat seperti jus buah atau air kelapa.

5. Hindari stres

Afirmasi positif pada diri sendiri setelah keguguran sangat perlu untuk dilakukan. Pada beberapa wanita terkadang keguguran sebelumnya bisa menjadi sumber stres sehingga tubuh makin tidak siap dan kehamilan lebih lama datangnya.

Jauhi stres, lakukan meditasi da perbanyak menghabiskan waktu yang Bahagia bersama pasangan.

6. Menjaga berat badan ideal

Menjaga berat badan tetap ideal bisa kamu lakukan mulai saat ini. Cara ini bisa mempercepat kehamilan setelah kuret dan masalah kesuburan juga akan lebih sedikit peluangnya.

7. Menggunakan prediksi ovulasi

Untuk memulai kembali kehamilan, kamu perlu mengetahui kapan masa subur agar hubungan seksual bisa dilakukan sesuai masa kesuburan. Saat ini banyak alat tes untuk mengetahui ovulasi dan jika berhubungan seksual pada masa ini, tentu peluang kehamilan akan lebih besar.

Berapa Lama Batas Telat Haid Tanda Kehamilan?

Ciri-ciri kehamilan pasca kuret

Setelah melakukan beberapa tips cepat hamil pasca kuret, tentunya kamu ingin segera mengetahui bahwa Rahim kamu sedang menjadi tempat bertumbuh bayi bukan? Apa saja ciri-cirinya? Yuk simak gejala kehamilan yang mungkin sedang kamu alami seperti:

  • Terdapat keterlambatan menstruasi 
  • Payudara terasa lebih sensitif
  • Buang air kecil semakin sering
  • Lelah dan tubuh terasa lebih berat dari sebelumnya
  • Mual hingga muntah

Pada beberapa wanita mungkin akan mengalami flek hamil akibat perlekatan janin di Rahim. Kondisi emosional juga rentan dan bisa naik turun kapan saja.

Tentunya jika kamu sudah merasakan tanda hamil lagi setelah keguguran, segera konsultasi dokter agar rasa trauma, takut dan kecemasan selama kehamilan bisa segera teratasi.

Penulis: Nur Azizah

Share artikel ini
Reference