Linea nigra adalah garis kehamilan yang muncul ketika wanita hamil. Garis vertikal berwarna gelap ini muncul pada bagian perut wanita hamil, namun warnanya lebih terlihat pada wanita dengan kulit atau rambut gelap.

Yuk, ketahui lebih lanjut mengenai linea nigra dan apakah garis kehamilan yang satu ini dapat dihilangkan atau tidak?

Linea nigra adalah

Seperti yang sudah dijelaskan linea nigra adalah garis vertikal gelap di perut yang muncul selama masa kehamilan. Umumnya, garis ini muncul sepanjang pusar sampai ke arah daerah kewanitaan. Pada beberapa wanita, garis ini mungkin muncul mulai dari atas pusar. 

Sebagian besar wanita hamil dapat memiliki garis kehamilan yang satu ini. Namun, wanita dengan kulit berwarna putih lebih jarang mengalaminya dibanding dengan wanita dengan kulit berwarna gelap. Selain pada ibu, linea nigra juga dapat muncul pada bayi yang baru lahir. 

Munculnya kondisi ini disebabkan karena kadar hormon yang lebih tinggi selama masa kehamilan. Hormon estrogen dan perangsang melanosit bekerja dengan sel-sel yang mengandung melanin. Ini adalah pigmen yang memberi warna pada kulit. 

Fakta-fakta linea nigra

Selain mengetahui apa itu linea nigra, kamu juga perlu mengetahui beberapa fakta terkait dengan garis kehamilan ini. Berikut beberapa fakta tersebut:

1. Umumnya muncul pada trimester kedua

Garis kehamilan biasanya mulai tampak pada trimester kedua kehamilan. Garis ini akan semakin jelas seiring bertambahnya usia kehamilan ibu. 

2. Tidak berbahaya

Mungkin, beberapa ibu hamil merasa khawatir akan munculnya garis ini. Namun, linea nigra tidaklah berbahaya, hanya mungkin mengganggu penampilan. Namun, kamu bisa menutupinya dengan makeup sehingga warnanya tidak terlalu kentara. 

Selain itu, garis kehamilan hanya muncul pada sel kulit eksternal dan tidak akan menyebabkan perubahan warna pada bayi atau berpengaruh pada rahim. 

3. Linea nigra tidak dapat dicegah

Meskipun cukup mengganggu penampilan, sayangnya garis kehamilan ini tidak dapat dicegah kemunculannya. Kondisi ini dapat muncul pada semua jenis kulit baik hitam maupun putih.

4. Linea nigra akan hilang secara alami

Biasanya, garis kehamilan akan memudar dengan sendirinya, hingga akhirnya menghilang. Umumnya, linea nigra membutuhkan waktu beberapa bulan setelah melahirkan hingga akhirnya akan hilang sepenuhnya. 

Jadi, tidak perlu menggunakan krim penghilang tertentu untuk menghilangkannya. Selain itu, tidak disarankan menggunakan krim atau bentuk perawatan kulit lainnya dengan kandungan hidroquinon karena dapat berbahaya. 

5. Linea nigra dapat muncul kembali

Meskipun bisanya kondisi ini dapat menghilang setelah melahirkan, namun pada beberapa wanita, garis kehamilan ini tidak hilang dengan sempurna. Mungkin warnanya hanya akan memudar. Namun, sekali lagi perlu diingat bahwa garis kehamilan ini tidaklah berbahaya. 

Selain itu, garis kehamilan ini juga dapat kembali muncul ketika ibu hamil kembali. Jika memang garis tersebut cukup dinilai cukup mengganggu penampilan atau membuat tidak nyaman, ibu bisa berkonsultasi dengan dermatologis mengenai penggunaan produk yang aman untuk menutupi atau membantu memudarkan garis kehamilan ini. Ibu juga harus memastikan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dulu sebelum menggunakannya. 

Cara memudarkan linea nigra

Linea nigra adalah garis kehamilan yang dapat hilang secara alami. Namun, untuk memudarkan garis ini selama kehamilan masih berlangsung terbilang sulit. Selain itu, penyedia layanan kesehatan juga tidak menyarankan ibu untuk mengoleskan salep, obat-obatan, maupun bahan pemutih lainnya pada kulit wanita hamil. 

Namun, ibu bisa menggunakan tabir surya untuk mencegah warna garis yang semakin terlihat. Pasalnya, paparan ultraviolet dapat menyebabkan warna garis kehamilan ini semakin menggelap. 

Selain itu, ibu juga dapat mengkonsumsi makanan dengan kandungan asam folat. Selain baik untuk janin, asam folat juga dapat membantu mengurangi intensitas kemunculannya. Beberapa makanan yang mengandung asam folat adalah kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau dan roti gandung. 

Jika setelah melahirkan, linea nigra tidak kunjung memudar ibu bisa menggunakan krim pemutih. Namun, sebaiknya penggunaan krim ini dilakukan jika ibu tidak menyusui. 

Ibu dapat menggunakan riasan atau make up dengan kandungan yang aman untuk menutupinya. Konsultasikan dengan dokter jika ibu memang khawatir dengan adanya garis kehamilan yang dinilai cukup mengganggu penampilan.

Share artikel ini
Reference