apa itu epilepsi

Epilepsi menyebabkan penderitanya mengalami kejang berulang di sebagian atau seluruh tubuh. Seseorang dinyatakan menderita penyakit ini jika mengalami kejang lebih dari satu kali tanpa penyebab yang jelas.

Epilepsi dapat memengaruhi semua kelompok umur, tetapi biasanya dimulai pada masa kanak-kanak. Lantas, apa itu epilepsi sebenarnya? Yuk, cari tahu penyebab dan cara mengobatinya!

Epilepsi adalah

Pengertian epilepsi adalah, penyakit kronis yang ditandai dengan kejang berulang yang sering muncul tanpa pemicu. Penyakit ini terjadi karena adanya gangguan sistem saraf pusat neurologis yang menyebabkan kejang atau terkadang kehilangan kesadaran.

Lalu, apakah semua penderitanya mengalami kejang? Kejang adalah gejala utama epilepsi. Tidak semua orang kejang berarti memiliki penyakit ini.

Umumnya, seseorang tidak dianggap mengalami serangan epilepsi jika dia tidak mengalami dua kali atau lebih kejang dalam waktu 24 jam, setelah kejang yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya. Namun pada penderita, kejang bisa terjadi lebih dari satu kali alias berulang pada waktu yang sama atau pada waktu yang berbeda.

Epilepsi umum

Jenis epilepsi ini terjadi di kedua bagian otak dan termasuk epilepsi grand mal, yang dapat menyebabkan seseorang kehilangan kesadaran, mioklonik, yang menyebabkan hentakan tubuh singkat, dan klonik, yang menyebabkan hentakan tubuh berulang kali.

Epilepsi parsial

Jenis ini hanya terjadi pada bagian otak tertentu, sehingga menimbulkan gejala yang dapat mempengaruhi indera, tremor, kejang hanya pada jari tangan atau kaki.

Penyebab epilepsi

Kejang adalah gejala utama epilepsi. Kejang pada penderita dibagi menjadi dua jenis, yaitu kejang total dan kejang parsial. Oleh karena itu, gejala yang menyertai kejang dapat berbeda-beda sesuai dengan jenisnya.

Penyebab apa itu epilepsi secara pasti belum diketahui. Namun, ada beberapa kondisi yang diduga memengaruhi pola aktivitas listrik otak, yaitu cedera kepala seperti meningitis. Selain itu, ada juga berbagai faktor yang bisa meningkatkan seseorang terkena penyakit tersebut, antara lain:

  • Adanya riwayat dalam keluarga
  • Stroke
  • Demensia

Penyakit ini dapat dimulai pada usia berapa pun, kondisi ini umumnya terjadi sejak masa kanak-kanak. Berdasarkan penyebabnya, epilepsi dibagi menjadi dua, yaitu:

1. Epilepsi idiopatik, juga dikenal sebagai epilepsi primer

Jenis yang hingga kini tidak diketahui apa penyebabnya. Beberapa ahli menduga bahwa kondisi ini disebabkan oleh faktor genetik (keturunan).

2. Epilepsi simtomatik, juga dikenal sebagai epilepsi sekunder

Jenis inilah yang bisa ditelusuri apa penyebabnya. Sejumlah faktor, seperti cedera kepala parah, tumor otak, dan stroke diduga menjadi penyebab epilepsi sekunder.

Gejala epilepsi

Dalam kebanyakan kasus, gejala berlangsung spontan dan singkat. Berikut ini tandanya:

  • Gerakan menyentak tak terkendali dari tangan dan kaki.
  • Kehilangan kesadaran total atau sementara.
  • Gejala psikis.
  • Kekakuan otot.
  • Tremor atau kejang, di bagian tubuh seperti wajah, lengan, kaki atau keseluruhan.
  • Kejang diikuti dengan kekakuan tubuh. Terkadang mereka kehilangan kesadaran dan jatuh, sehingga bisa menyebabkan cedera serius.

Penyebab epilepsi kambuh

Gejala kejang pada setiap orang bisa sangat bervariasi. Beberapa orang hanya menatap kosong selama beberapa detik selama kejang, sementara yang lain menggerakkan lengan atau kaki mereka berulang kali.

Pada beberapa orang, kejang cenderung disebabkan oleh situasi tertentu. Namun, faktor pemicu setiap penderitanya juga berbeda. Mengamati faktor-faktor yang terjadi sebelum kejang dapat membantu kamu mengetahui apa itu epilepsi yang memicu kamu kambuh.

Berikut ini adalah faktor umum yang dapat menyebabkannya kambuh, yaitu:

  1. Kejang terjadi di waktu-waktu tertentu di pagi atau sore hari.
  2. Kurang tidur, seperti kelelahan atau tidak bisa tidur nyenyak.
  3. Saat sedang sakit atau demam.
  4. Lampu yang sangat terang atau lampu berkedip.
  5. Penggunaan alkohol, obat-obatan, atau obat-obatan.
  6. Melewatkan makan, sehingga kadar gula darah rendah.
  7. Makanan tertentu atau kelebihan kafein juga dapat memperburuk kejang.
  8. Berhubungan dengan menstruasi (pada wanita) atau perubahan hormonal lainnya.
  9. Melewatkan jadwal minum obat.

Apakah epilepsi bisa disembuhkan?

Sayangnya, penderita hingga kini tidak bisa sembuh total. Sejauh ini, belum diketahui obat yang dapat menyembuhkannya. Namun, ada banyak perawatan dan terapi yang dapat membantu pasien epilepsi untuk mengontrol kejang mereka.

Bahkan bukan tidak mungkin, pengobatan dan terapi ini bisa membuat penderita terbebas dari gejala kejang tersebut.

Pada awalnya, kamu mungkin akan diberi resep obat untuk mengurangi jumlah kejang. Ikuti saran dokter kamu mengenai dosis dan frekuensi obat yang perlu kamu minum. Penting untuk tidak berhenti atau melewatkan minum obat. Jika kamu melakukan ini, lebih banyak gejala kejang dapat terjadi.

Dalam kondisi ini, kamu mungkin memerlukan obat seumur hidup untuk mengendalikan kejang kamu. Namun, jika kamu tidak sengaja atau lupa minum satu dosis obat, ikuti saran dokter untuk mengatasinya.

Jika pengobatan efektif dan kamu tidak mengalami kejang selama dua tahun, dokter kamu mungkin akan menghentikan pengobatan secara bertahap. Artinya, kamu mungkin terbebas dari penyakit itu.

Pengobatan epilepsi

Perawatan untuk epilepsi berfokus pada pengendalian kejang, meskipun tidak semua orang dengan kondisi ini memerlukan perawatan. Berikut adalah pengobatannya:

Terapi obat epilepsi

Banyak obat tersedia untuk mengontrol kejang, seperti natrium valproate, karbamazepin, lamotrigin, levetiracetam, dan topiramate.

Meskipun jenis epilepsi sangat bervariasi, secara umum obat dapat mengontrol kejang pada 70 persen pasien. Namun, ada beberapa efek samping obat yang harus diwaspadai:

  • Kantuk
  • Kekurangan tenaga
  • Kegelisahan
  • Sakit kepala
  • Gemetar tak terkendali (tremor)
  • Gusi bengkak

Operasi epilepsi

Pembedahan biasanya dilakukan ketika terapi obat sudah tidak efektif lagi. Selain itu, prosedur ini juga dilakukan setelah hasil tes menunjukkan bahwa kejang berasal dari area otak tertentu yang tidak mengganggu fungsi vital seperti bicara, bahasa, fungsi motorik, penglihatan atau pendengaran.

Dokter akan mengangkat area di otak yang menyebabkan kejang. Namun, jika kejang berasal dari bagian otak yang tidak dapat diangkat, dokter dapat merekomendasikan jenis operasi lain di mana ahli bedah akan membuat beberapa sayatan di otak. Sayatan ini dirancang untuk mencegah kejang menyebar ke bagian lain dari otak.

Mengetahui penyebab dan gejalanya bisa membantu kamu mendapatkan pengobatan yang tepat.

Share artikel ini
Reference