Cara Menghilangkan Double Chin yang Efektif

Memiliki double chin sebenarnya tidak hanya dapat dirasakan oleh orang gemuk atau orang obesitas saja. Bahkan, orang dengan berat badan yang normal dan kurus juga bisa memiliki masalah ini, lho. Kondisi double chin ini tentu bisa mempengaruhi penampilan kamu. Untuk itu, kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara menghilangkan double chin dan perawatan alami supaya tidak memiliki double chin.

Di artikel kali ini, kamu akan mempelajari apa saja penyebab dari masalah ini. Kamu juga akan diberikan solusi dan cara menghilangkan double chin. Tidak hanya itu, bahkan kami akan membahas rekomendasi terapi rumahan yang bisa kamu lakukan. Yuk simak selengkapnya berikut ini!

Apa itu double chin?

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai cara menghilangkan double chin dan perawatan alaminya, ada baiknya kita mengenali apa itu double chin. Double chin adalah istilah untuk menyebut orang yang memiliki dagu berlipat.

Kondisi dagu berlipat ini dapat terjadi karena adanya lemak yang menumpuk di bagian sekitar leher ini nantinya akan terlihat seperti dagu kedua. Kondisi ini juga bisa membuat banyak orang menjadi tidak percaya diri dengan penampilan mereka. Sebab, hal ini dapat berpengaruh kepada penampilan sehari-hari.

Penyebab double chin

Lantas, apa saja penyebab dari dagu berlipat ini? Sebenarnya ada beberapa penyebab timbulnya masalah ini, antara lain:

1. Usia

Usia seseorang berpengaruh terhadap timbulnya dagu berlipat. Bertambahnya usia dapat membuat kekenyalan atau elastisitas kulit menjadi berkurang. Dan, tentu saja tumpukan lemak mudah terlihat di bagian tersebut.

2. Makanan tidak sehat

Ada banyak jenis makanan tidak sehat yang menyebabkan dagu berlipat ini. Hal ini berkaitan dengan lemak dan penumpukan cairan. Mengonsumsi junk food, fast food, terlalu banyak gula, garam, hingga tepung-tepungan bisa menyebabkan masalah ini.

3. Pola hidup tidak sehat

Tidak bisa dipungkiri jika double chin berhubungan dengan kegemukan. Jika kamu terbiasa dengan pola hidup tidak sehat, seperti jarang berolahraga, makan tidak sehat, dan kurang istirahat. Kamu bisa berpeluang mengalami double chin.

4. Penggunaan obat tertentu

Ada sebuah kasus juga yang menunjukkan adanya hubungan antara penggunaan obat anti depresan dengan adanya masalah dagu berlipat ini. Misalnya saja, penggunaan obat antidepresan yang biasa diresepkan oleh dokter untuk mengatasi depresi.

5. Genetik

Selain beberapa faktor di atas, double chin juga dapat disebabkan oleh faktor genetik. Salah satunya faktor genetik kulit yang tidak elastis. Orang yang memiliki kulit cenderung tidak elastis akan menurunkannya juga ke anak cucu mereka.

Cara menghilangkan double chin

Jika kamu memiliki kondisi double chin, tak perlu panik, ada beberapa cara untuk menghilangkan double chin ini.

1. Melakukan Diet Sehat

Salah satu cara menghilangkan double chin yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan diet sehat, termasuk olahraga dengan teratur. Kamu perlu mengubah kebiasaan makan makanan lemak, junk food, atau tinggi gula. Mengurangi porsi makan pun juga perlu dilakukan.

Selain melakukan pembatasan makanan, kamu juga perlu mengimbangi dengan melakukan olahraga dengan rutin. Kamu bisa memulai dengan olahraga jogging untuk membakar lemak.

2. Senam Wajah

Untuk menghilangkan double chin, kamu juga perlu melakukan senam wajah. Senam wajah ini mampu mengencangkan otot serta kulit di area wajah dan dagu. Senam wajah juga dapat melancarkan sirkulasi darah serta memudarkan garis-garis keriput di wajah. Jadi, kamu bisa tampak lebih awet muda.

3. Tindakan Medis

Cara tersebut adalah dengan melakukan diet dan olahraga. Ada juga beberapa cara yang bisa kamu lakukan dengan bantuan dari para medis. Tindakan medis yang bisa kamu lakukan jika ingin mengatasi masalah dagu ganda ini adalah:

  • Lipolisis: Tindakan ini juga dikenal dengan istilah liposculpture. Lipolisis disebut juga operasi sedot lemak.
  • Mesoterapi: Tindakan ini sama seperti sedot lemak. Hanya saja tindakan ini menggunakan bahan aktif untuk melarutkan lemak menggunakan suntikan.

Perawatan alami supaya tidak memiliki double chin

Ada beberapa perawatan alami supaya tidak memiliki double chin yang bisa kamu lakukan. Caranya adalah dengan diet dan olahraga. Ini merupakan cara alami yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Beberapa latihan (gerakan olahraga) dan ketentuan diet yang disarankan untuk dilakukan adalah:

  • Makan makanan sehat yang meliputi sayur, lemak sehat, protein, karbohidrat, dan vitamin.
  • Perbanyak minum air putih. Setidaknya, cukupi kebutuhan cairan tubuh agar kamu tidak makan secara berlebihan dan berujung pada kegemukan. Kebutuhan air tiap individu berbeda-beda namun pada umumnya minimal 2 liter per hari.
  • Melakukan latihan bersiul dengan menengadahkan wajah ke atas dan membuat otot wajah lebih rileks dan tegang secara bergantian.
  • Latihan pemanasan leher dengan melakukan putaran dari bagian leher searah jarum jam.
  • Kemudian, kamu bisa mengganti arah putaran dari atas ke bawah dan sebaliknya.
  • Duduk dengan posisi tegak secara benar. Jangan biasakan duduk membungkuk, karena ini juga mempengaruhi tulang belakang kamu.
  • Kemudian, cobalah mengunyah permen karet agar otot wajah kamu terlatih dan menjadi lebih kencang.

Ada beberapa cara menghilangkan double chin mulai dari tindakan medis dan perawatan dari rumah. Selama penyebab dagu berlipat kamu bukanlah genetik dan umur, cara menghilangkan double chin ini berpeluang berhasil kok. Kamu hanya perlu mencoba cara-cara di atas dan selalu melakukan pola hidup yang sehat.

References:
HealthLine.https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-double-chin#diet-and-exercise
Diakses tanggal 5 Januari 2022
MedicalNewsToday.https://www.medicalnewstoday.com/articles/318131#causes
Diakses tanggal 5 Januari 2022
PremierDermatologyPartners.https://www.premierdermatologypartners.com/blog/how-you-can-reduce-your-double-chin
Diakses tanggal 5 Januari 2022

Share artikel ini