penyakit scabies pada manusia

Penyakit scabies pada manusia merupakan masalah serius karena dapat menyebar bahkan sebelum penderita mendapati gejalanya sendiri. Penyakit ini menyebar karena perpindahan tungau kudis yang akhirnya bertelur di bawah kulit.

Perawatan secara menyeluruh sangat diperlukan. Tidak hanya penderita penyakit scabies, tapi juga orang-orang di sekitarnya, agar tidak tertular atau berkembang menjadi lebih buruk.

Mari kenali gejala dan cara mencegah penyebarannya berikut ini.

Kenapa orang bisa terkena scabies

ruam kulit

Scabies atau kudis adalah kondisi kulit gatal yang disebabkan oleh parasit kecil yang disebut tungau kudis. Mereka bersembunyi di bawah lapisan atas kulit dan bertelur. 

Telur menyebabkan lebih banyak tungau, tetapi kebanyakan penderita scabies hanya memiliki sekitar 10-15 tungau di tubuhnya dalam satu waktu. Tungau ini sangat kecil sehingga kamu mungkin tidak melihatnya, tetapi mungkin akan merasakan gatal dan iritasi yang ditimbulkannya.

Penyakit ini ditularkan melalui kontak kulit ke kulit, biasanya saat berhubungan seks. Kudis bisa sangat tidak nyaman, tetapi biasanya tidak berbahaya dan bisa disembuhkan dengan krim obat atau pil.

Kebanyakan orang dewasa mendapatkan kudis dari seks, tetapi kamu juga bisa mendapatkannya dengan cara lain. 

Kudis dapat menyebar ke orang lain di rumah, dan ini biasa terjadi di tempat ramai yang mungkin memiliki banyak kontak kulit yang dekat (seperti panti jompo, penjara, dan tempat penitipan anak). Terkadang bisa terkena kudis karena berbagi pakaian, handuk, atau tempat tidur orang yang terinfeksi.

Jangan Keliru! Ini Perbedaan Biduran dan Kanker Kulit

Sangat sulit untuk mendapatkan kudis dari sentuhan cepat dan santai, seperti jabat tangan atau pelukan. Umumnya juga scabies tidak bisa menular melalui dudukan toilet. Sebagian besar waktu, dibutuhkan banyak kontak pribadi yang dekat dengan orang yang terinfeksi agar kudis menyebar.

Ciri-ciri scabies pada manusia

Cara mengatasi infeksi jamur kulit

Gejala kudis meliputi:

  • Gatal, seringkali parah dan biasanya lebih buruk di malam hari
  • Lubang kecil membentuk terowongan tipis bergelombang yang terdiri dari lepuh atau benjolan kecil di kulit
  • Kudis sering ditemukan pada lipatan kulit. 

Tapi kudis bisa muncul di banyak bagian tubuh. Pada orang dewasa dan anak yang lebih besar, kudis paling sering ditemukan:

  • Antara jari tangan dan kaki
  • Di ketiak
  • Di sekitar pinggang
  • Sepanjang bagian dalam pergelangan tangan
  • Di siku bagian dalam
  • Di telapak kaki
  • Di dada
  • Di sekitar puting
  • Di sekitar pusar
  • Di sekitar alat kelamin
  • Di daerah selangkangan
  • Di pantat

Pada bayi dan anak kecil, tempat umum kudis biasanya pada jari, wajah, kulit kepala dan leher, telapak tangan, dan telapak kaki.

Jika kamu pernah menderita scabies sebelumnya, gejalanya mungkin muncul dalam beberapa hari setelah terpapar. Jika belum pernah menderita kudis, dibutuhkan waktu hingga enam minggu untuk gejalanya muncul. Kamu masih bisa menularkan kudis meskipun belum memiliki gejala apapun.

Kapan harus ke dokter

Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan Anda jika Anda memiliki gejala kudis.

Banyak kondisi kulit, seperti dermatitis atau eksim, juga bisa menyebabkan gatal dan benjolan kecil di kulit. Penyedia layanan kesehatan Anda dapat menemukan penyebab pasti dari gejala Anda sehingga Anda menerima perawatan yang tepat. Antihistamin atau lotion tanpa resep dapat mengurangi rasa gatal. Tapi mereka tidak akan menyingkirkan tungau atau telurnya.

Kenali 7 Jenis Ruam Kulit Dan Tanda Bahayanya

Cara mencegah scabies

Penting untuk diingat bahwa pertama kali seseorang terkena scabies biasanya mereka tidak memiliki gejala. Gejala biasanya membutuhkan waktu 4-8 minggu untuk berkembang setelah terinfeksi; namun mereka masih bisa menyebarkan kudis.

Selain orang yang terinfestasi, pengobatan juga direkomendasikan untuk anggota rumah, terutama mereka yang telah lama melakukan kontak kulit langsung dengan orang yang terinfestasi. 

Baik kontak seksual maupun kontak pribadi dekat yang telah melakukan kontak kulit-ke-kulit langsung dalam waktu lama dengan orang yang terinfestasi dalam bulan sebelumnya harus diperiksa dan diobati. Semua orang harus dirawat pada waktu yang sama untuk mencegah reinfestasi.

Tempat tidur, pakaian, dan handuk yang digunakan oleh orang yang terinfestasi selama tiga hari sebelum perawatan harus didekontaminasi dengan mencuci dalam air panas dan mengeringkannya dengan pengering panas.

Cara lainnya adalah dengan menyegel barang-barang tersebut dalam kantong plastik selama minimal 72 jam. Tungau kudis umumnya tidak bertahan lebih dari 2 hingga 3 hari di luar kulit manusia.

Penggunaan semprotan insektisida dan fumigan tidak dianjurkan.

Cara mengobati scabies pada manusia

Produk yang digunakan untuk mengobati scabies disebut scabicides karena membunuh tungau scabies; beberapa juga membunuh telur tungau. Scabies yang digunakan untuk mengobati kudis manusia hanya tersedia dengan resep dokter. 

Tidak ada produk “over-the-counter” (non-resep) yang telah diuji dan disetujui untuk mengobati scabies. Instruksi yang terdapat di dalam kotak atau dicetak pada label harus selalu diikuti dengan hati-hati. Selalu hubungi dokter atau apoteker jika tidak yakin cara menggunakan obat tertentu.

Instruksi yang terdapat di dalam kotak atau dicetak pada label harus selalu diikuti dengan hati-hati. Selalu hubungi dokter atau apoteker jika tidak yakin cara menggunakan obat tertentu.

Losion atau krim scabisida harus dioleskan ke seluruh area tubuh mulai dari leher hingga kaki dan jari kaki. Oleskan losion ke tubuh yang bersih dan dibiarkan selama waktu yang disarankan sebelum dibilas. Pakaian bersih harus dipakai setelah perawatan.

Selain itu, saat merawat bayi dan anak kecil, losion atau krim scabisida juga harus dioleskan ke seluruh kepala dan leher karena scabies dapat menyerang wajah, kulit kepala, dan leher, serta bagian tubuh lainnya. Hanya salep permetrin atau belerang yang boleh digunakan pada bayi.

Baik kontak seksual maupun kontak pribadi dekat yang telah melakukan kontak kulit-ke-kulit langsung dalam waktu lama dengan orang yang terinfestasi dalam bulan sebelumnya harus diperiksa dan diobati. Semua orang harus dirawat pada waktu yang sama untuk mencegah reinfestasi.

Karena gejala kudis disebabkan oleh reaksi hipersensitivitas (alergi) terhadap tungau dan kotorannya (scybala), rasa gatal masih dapat berlanjut selama beberapa minggu setelah pengobatan meskipun semua tungau dan telurnya mati. 

Jika gatal masih ada lebih dari 2 sampai 4 minggu setelah perawatan atau jika liang baru atau lesi ruam seperti jerawat terus muncul, perawatan ulang mungkin diperlukan. Sebagai tambahan perawatan, luka kulit yang terinfeksi harus diobati dengan antibiotik yang sesuai yang diresepkan oleh dokter.

Penulis: Rahmadina Firdaus

Share artikel ini
Reference