makanan kaya protein

Mengapa kamu harus mengonsumsi makanan kaya protein? Salah satu nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tubuh selain vitamin dan mineral adalah protein. Jika tubuh kamu mendapatkan cukup protein setiap harinya, maka kamu bisa tetap kuat untuk menjalani aktivitas sehari-hari. 

Yuk, kenali lebih jauh apa itu protein dan manfaatnya bagi tubuh. Kamu juga bisa mengetahui apa saja makanan kaya protein dengan membaca artikel berikut ini.

Manfaat protein bagi tubuh

Kamu perlu mengonsumsi makanan kaya protein karena ada segudang manfaat protein bagi tubuh. Protein merupakan zat yang sangat diperlukan untuk struktur dan pengaturan jaringan serta organ tubuh.

Buat kamu yang sedang menjalani program diet, protein sangat bagus untuk menurunkan berat badan dan menjaga perut kamu tetap kenyang.

Lalu, sebenarnya tubuh manusia butuh asupan protein berapa banyak? Protein merupakan bagian integral dari fungsi setiap sel dalam tubuh. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, pria usia 19 tahun ke atas membutuhan 56 gram protein sedangkan wanita membutuhkan 46 gram protein.

Jadi, apa saja manfaat protein bagi tubuh? Berikut manfaat detailnya:

  1. Menjaga sistem kekebalan tubuh
  2. Melindungi tubuh dari virus dan bakteri
  3. Membantu pengaturan organ tubuh
  4. Menyehatkan jantung
  5. Membantu mencegah osteoporosis
  6. Menjaga tulang dan gigi tetap kuat
  7. Membuat perut tetap merasa kenyang
  8. Membantu menurunkan kolesterol
  9. Mengatur konsentrasi asam dan basa dalam darah dan cairan tubuh lainnya
  10. Membantu pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh
  11. Memungkinkan reaksi kimia utama terjadi di dalam tubuh
  12. Membantu pembentukan beberapa hormon tubuh
  13. Membantu tubuh mempertahankan nilai pH yang tepat dari darah dan cairan tubuh lainnya
  14. Menjaga keseimbangan cairan antara darah dan jaringan di sekitarnya
  15. Sumber energi tubuh untuk beraktivitas

15 Makanan untuk Penderita Gula Darah Tinggi yang Wajib Kamu Ketahui!

Apa saja makanan kaya protein?

daftar makanan kaya protein

Sekarang kamu sudah mengetahui bahwa ada banyak manfaat protein untuk tubuh kamu. Lalu, bagaimana cara mendapatkan protein yang benar untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh akan protein?

Sejatinya ada banyak makanan kaya akan protein yang bisa kamu konsumsi, tetapi hanya beberapa di antaranya yang dapat memberikan asupan protein dengan maksimal.

Berikut beberapa makanan kaya protein yang dapat kamu konsumsi:

1. Selai kacang

Tahukah kamu 2 sendok makan selai kacang memiliki sekitar 8 gram protein? Tidak hanya menjadi sumber protein yang bagus, selai kacang juga bisa mencegah risiko penyakit jantung dan diabetes. Kamu disarankan untuk mengonsumsi selai kacang alami tanpa tambahan gula dan minyak.

2. Telur

Makanan kaya protein berikutnya, yaitu telur. Telur tidak hanya mengandung vitamin, mineral, dan lemak sehat, tetapi telur juga mengandung 6 gram protein. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa telur yang dikonsumsi saat sarapan dapat mengendalikan rasa lapar sepanjang hari.

3. Edamame

Kamu juga bisa mendapatkan protein dengan mengonsumsi kacang edamame. Secangkir edamame yang setara dengan 155 gram memiliki 17 gram protein lho, Yoonies. Kacang ini juga disebut sebagai sumber protein utuh karena mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh.

4. Tuna

Ikan menjadi salah satu makanan kaya protein yang bagus untuk tubuh kamu. Tuna juga merupakan sumber asam lemak omega-3 yang bagus untuk membantu melawan peradangan di tubuh.

5. Biji bunga matahari

1 ons biji bunga matahari mengandung sekitar 6 gram protein nabati. Tidak hanya protein, biji bunga matahari mengandung vitamin E dan magnesium yang baik untuk kesehatan kulit kamu. Sangat mengesankan, bukan?

6. Kacang hitam

Secangkir kacang hitam mengandung lebih dari 15 gram protein. Kacang hitam juga merupakan sumber serat yang baik untuk melancarkan pencernaan. Kamu yang sedang diet juga bisa mengonsumsi kacang hitam karena sangat baik untuk menurunkan berat badan.

7. Sarden

Selain tuna, sarden juga merupakan makanan kaya protein yang dapat dengan mudah kamu dapatkan di toko atau pasar. Sekitar 92 gram ikan sarden mengandung 23 protein. Ikan ini juga memiliki kandungan vitamin D dan B12.

8. Susu

Protein juga terdapat dalam susu. Satu cangkir susu murni mengandung lebih dari 8 gram protein yang sangat mudah diserap tubuh. Susu juga tinggi kalsium dan fosfor untuk menjaga tulang kamuu tetap kuat dan sehat.

9. Keju

Sama seperti susu, keju juga merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. Keju juga mengandung kalsium dan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang dan mencegah penyakit osteoporosis.

10. Salmon

Satu lagi jenis ikan yang mempunyai kandungan protein tinggi, yaitu salmon. Sekitar 112 gram ikan salmon mengandung 26 gram protein. Ikan ini juga mengandung vitamin B12, vitamin D, selenium, dan asam lemak omega-3.

Daftar Makanan untuk Penderita Sirosis Hati, Wajib Perhatikan!

Kamu sekarang sudah mengetahui betapa bermanfaatnya protein untuk tubuh dan juga berbagai macam makanan kaya protein.

Demi kesehatan tubuh yang optimal, pastikan juga kamu tidak hanya mengonsumi makanan kaya protein, tetapi juga makanan lainnya yang mengandung nutrisi sehat dan seimbang untuk tubuh. Semoga bermanfaat!


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference