cara menghilangkan kaligata
Penyakit

Cara Menghilangkan Kaligata Sampai Ke Akarnya

Imelda Rahmawati | Februari 24, 2022
Share

Kaligata merupakan kondisi saat kulit mengalami gatal dan bentol-bentol yang menyebar di beberapa bagian tubuh, beberapa kasus bahkan sampai mengalami bengkak kemerahan. Cara menghilangkan kaligata sebenarnya cukup mudah, kamu bisa mengoleskan minyak kayu putih dan tunggu hingga gatal mereda.

Namun jika kaligata sudah membengkak dan tak kunjung sembuh, kamu harus segera memeriksakan ke dokter. Kaligata akut tidak hanya menimbulkan rasa gatal, kulitmu akan merasa sakit karena inflamasi. Saat kondisinya sudah separah ini, kamu butuh pertolongan dokter dan obat-obatan.

Kaligata adalah

Kaligata adalah benjolan lunak, kecil, yang gatal dan meradang di bagian tubuh tertentu. Kondisi ini sering muncul karena cuaca yang terlalu dingin. Dalam dunia medis, kaligata juga disebut pernio atau perniosis. Sebagian besar kaligata dapat sembuh sendirinya dalam waktu kurang dari satu hari.

Saat tubuh tidak kuat menahan udara dingin, pembuluh darah kecil akan mengalami peradangan sehingga muncul kaligata di permukaan kulit. Kaligata lebih banyak menyerang wanita, terutama pada bagian kaki dan tangan. Beberapa penyakit seperti autoimun, stres, infeksi, dan gigitan serangga atau parasit, juga dapat menyebabkan kaligata.

Penyebab kaligata

Tidak ada yang tahu persis apa yang menyebabkan kaligata. Kondisi ini mungkin merupakan reaksi abnormal tubuh karena paparan dingin. Berikut ini adalah beberapa faktor yang kemungkinan dapat menyebabkan kaligata:

  • Genetika.
  • Alergi makanan.
  • Terkena bulu ulat.
  • Digigit serangga.
  • Perubahan hormonal.
  • Cuaca yang sangat dingin.
  • Sirkulasi udara yang buruk.
  • Menderita autoimun.
  • Memakai pakaian yang terlalu ketat sehingga membuat kulit terkena dingin dan lembap.

Ciri-ciri kaligata

Kaligata menimbulkan bercak kulit atau bentol yang menyakitkan bahkan hingga membengkak. Kamu tidak bisa memprediksi di bagian tubuh mana bentol akan muncul, bisa saja di tangan, kaki, telinga, perut, dan lain-lain.

Berikut adalah ciri-ciri kaligata yang bisa saja kamu alami:

  1. Kulit melepuh.
  2. Sensasi terbakar.
  3. Gatal.
  4. Perubahan warna kulit, dengan bercak merah atau biru.

Apakah kaligata berbahaya

Kaligata dapat menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman, tetapi biasanya tidak menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang. Pada dasarnya, kaligata bukanlah kondisi yang membahayakan kesehatan. Dalam kebanyakan kasus, kaligata akan sembuh sendiri dalam beberapa minggu.

Jika kamu merasa sering mengalaminya dan tidak kunjung sembuh, bisa jadi kamu terkena infeksi. Kamu harus segera menemui dokter saat mengalami kaligata parah dan berkepanjangan, karena bisa jadi kaligata yang kamu alami adalah sebuah gejala dari penyakit yang belum diketahui.

Cara menghilangkan kaligata

Jika kaligata yang kamu alami disebabkan oleh cuaca dingin, kamu bisa mengatasinya dengan menghangatkan diri sebelum gatal-gatalnya semakin menyebar. Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan kaligata yang bisa kamu lakukan.

  1. Oleskan minyak telon atau kayu putih pada kulit yang bentol-bentol.
  2. Jangan terlalu sering digaruk karena akan memperparah kaligata.
  3. Berendam menggunakan oatmeal, yang dicampurkan ke dalam air bak mandi berisi air hangat suam-suam kuku.
  4. Lakukan akupuntur khusus untuk terapi menghilangkan gatal atau kaligata.
  5. Kompres kulit yang bentol dengan air dingin.

Obat kaligata

Jika pengobatan di rumah sudah tidak mempan untuk mengatasi gata-gatal yang kamu alami, sebaiknya kunjungi dokter untuk mendapatkan obat kaligata agar lebih cepat sembuh. Berikut ini beberapa obat kaligata yang bisa kamu temukan di apotik:

Antihistamin

Obat paling ampuh untuk mengatasi kaligata yaitu antihistamin. Ada empat jenis antihistamin yang biasanya diresepkan oleh dokter yaitu; loratadine, cetirizine, fexofenadine, dan desloratadine. Kamu harus membelinya dengan resep dokter, karena dosis yang diberikan akan sesuai dengan kondisi kaligata yang kamu alami.

Obat penghambat histamin (H2 blockers)

Obat yang juga memiliki nama lain H2 receptor antagonist, bisa diberikan secara oral maupun melalui suntikan. Salah satu obat kaligata yang bisa digunakan sebagai penghilang kaligata permanen adalah cimetidine dan famotidine.

Losion calamine

Losion calamine akan memberikan efek dingin pada kulit, sehingga akan meredakan peradangan dan gatal-gatal. Cara memakainya cukup mudah, pertama kamu kocok botol losion, lalu tuangkan secukupnya ke kapas lembut dan baru oleskan kapas pada kulit yang bentol.

Obat antiradang

Jika kaligata yang kamu alami semakin parah hingga mengalami bengkak yang menyakitkan, kamu bisa minta obat anti radang pada dokter. Harap ingat untuk mengonsumsi obat tersebut dalam jangka waktu yang pendek. Biasanya dokter akan menurunkan dosis penggunaan seiring wkatu pemakaian. Obat yang bisa menghilangkan kaligata permanen salah satunya kortikosteroid oral, seperti prednisone.

Antidepresan

Beberapa profesional kesehatan juga merekomendasikan penggunaan antidepresan trisiklik doxepin. Obat ini berbentuk krim yang memiliki efek samping rasa kantuk, sehingga rasa gatal tidak akan terlalu menganggu dan kamu bisa tidur nyenyak.

Omalizumab

Obat ini biasanya diberikan dengan cara disuntik, kamu hanya bisa mendapatkannya dengan mengunjungi dokter. Omalizumab akan diberikan jika kaligata sudah sangat parah hingga berbulan-bulan dalam hitungan satu tahun. Kamu mungkin akan mengalami efek samping sakit kepala, pusing, dan sakit telinga dalam.

Cara mencegah kaligata

Menderita kaligata bisa menjadi sangat melelahkan karena kamu akan mengalami sakit dan bengkak saat semakin parah. Sebelum semua itu terjadi, kamu bisa melakukan beberapa cara mencegah kaligata berikut ini:

  • Sebisa mungkin hindari lingkungan dingin dan lembap.
  • Berolahraga secara teratur untuk meningkatkan sirkulasi darah.
  • Berhenti merokok.
  • Gunakan pakaian hangat berlapis saat cuaca dingin, terutama di area kaki, tangan, dan telinga.
  • Pastikan agar tangan, kaki, dan wajah tetap kering dan hangat.
  • Kondisikan rumah dan tempat kerja tetap hangat dengan nyaman.

Kaligata tidak hanya bentol kecil di permukaan kulit, tapi sekumpulan bentol yang dapat membuat kamu kesakitan sepanjang hari. Lakukan pencegahan sebisa mungkin agar tidak terkena kaligata. Apalagi jika kamu perempuan, karena perempuan memiliki risiko lebih tinggi terkena kaligata.

Reference
Share