Selain jerawat dan kulit yang tidak merata, bruntusan menjadi masalah wajah yang dialami oleh banyak orang. Bruntusan akan membuat wajah menjadi tidak rata karena menimbulkan permukaan kulit yang terasa kasar.

Sebenarnya apa penyebab bruntusan sehingga menjadi masalah wajah yang ingin dihilangkan? Meskipun bukan istilah medis, namun kemunculan bruntusan memang cukup mengganggu dan ingin segera dihilangkan. Yuk cari tau caranya!

Apa itu bruntusan?

Bruntusan adalah salah satu masalah wajah yang terlihat seperti bintik-bintik kecil menonjol pada kulit. Bruntusan atau comedonal acne bisa muncul dibagian tubuh mana saja dan membuat permukaan kulit menjadi kasar dan tidak rata.

Bruntusan atau yang juga dikenal sebagai jerawat pasir bisa muncul hanya pada 1-2 titik saja dan beberapa area tubuh dengan bergerombol.

Pada area wajah, bruntusan sering muncul pada area t-zone atau dagu, hidung dan dahi. Selian area wajah, bruntusan sering terjadi pada dada, bahu, lengan, leher hingga jerawat di punggung.

Bintik kecil ini meliputi jerawat pustula, jerawat papula dan komedo putih yang kondisinya berbeda dengan komedo hitam. Brutunsan sering terjadi karena komedo yang terbentuk dari sel kulit mati dan terperangkap pada pori-pori kulit.

Bagaimana ciri-ciri bruntusan yang dapat dibedakan dari jenis masalah wajah lainnya?

Baca juga: 6 Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya dengan Tepat!

Ciri-ciri bruntusan

Meskipun hampir mirip, bruntusan berbeda dengan masalah kulit wajah lainnya dan sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit agar mengetahui apa pemicu munculnya bruntusan.

Akan ada serangkaian pemeriksaan yang dapat dilakukan agar mengetahui penyebab bruntusan dan bagaimana ciri-cirinya.

Sekilas mirip dengan jerawat pasir biasanya, bruntusan yang disebabkan iritasi akibat tekanan pori-pori berlebihan, gesekan pada kulit dan panas, terdapat ciri-ciri khusus yang dapat membedakan bruntusan dengan jenis jerawat lainnya, seperti:

  • Bruntusan memiliki puncak kepala kecil dengan isi lemak dan nanah
  • Ukuran bruntusan lebih kecil dari jerawat biasa
  • Muncul merata di permukaan kulit atau bergerombol
  • Berwarna merah akibat peradangan parah
  • Mudah menyebar pada pipi atau dahi
  • Muncul pada beberapa area tubuh
  • Jika dipencet akan meninggalkan bekas luka

Apa penyebab bruntusan sehingga cukup sulit untuk dihilangkan?

Baca juga: Ciri-Ciri Jerawat Hormon dan Cara Mengatasinya!

Apa penyebab bruntusan?

Banyak orang yang masih bingung apa penyebab bruntusan sebenarnya? Penyebab jerawat pasir ini sering mengacu pada tekanan atau gesekan berlebihan seperti pakaian ketat atau perlengkapan olahraga yang menggesek kulit.

Gesekan tentunya menimbulkan iritasi sehingga menyebabkan jerawat timbul dalam jumlah yang banyak. Bruntusan juga muncul akibat pori-pori tersumbat yang merupakan kombinasi dari minyak, sel kulit mati dan bakteri.

Faktor pemicu dari bruntusan antara lain:

  • Stres sehingga memicu perubahan hormon karena kebiasaan makan yang buruk atau kebiasaan tidur yang tidak teratur.
  • Perubahan hormon androgen yang kerap terjadi pada masa pubertas, hamil, menyusui, menstruasi dan sebagainya yang dapat memengaruhi produksi sebum.
  • Produksi keringat yang berlebihan
  • Penggunaan kosmetik yang tidak cocok
  • Produk skincare dengan bahan yang tidak cocok dengan kondisi kulit
  • Kebersihan area yang kurang terjaga, seperti menyentuh wajah dengan kondisi tangan kotor.
  • Malas membersihkan dan mencuci wajah
  • Tidak membersihkan wajah setelah memakai riasan

Beberapa faktor ini dapat menjadikan wajah dan area tubuh lain mudah tumbuh bruntusan. Lalu bagaimana cara menghilangkan bruntusan dengan cepat?

Baca juga: 8 Penyebab Jerawat di Dada, dari Sabun hingga Makanan!

Cara menghilangkan bruntusan

Penyebab bruntusan yang hampir sama dengan jerawat juga memungkinkan kamu untuk menghilangkan jerawat dengan cara yang tidak jauh berbeda.

Bruntusan bisa dihilangkan dengan treatment tertentu yang bisa dilakukan di rumah atau penggunaan obat dengan resep dokter yang direkomendasikan. 

Berikut ini cara menghilangkan bruntusan dengan bahan alami di rumah:

1. Minyak tea tree

Manfaat tea tree oil untuk bruntusan

Sejak lama minyak tea tree digunakan sebagai bahan alami masalah wajah seperti bruntusan. Namun pada kulit sensitif, penggunaan minak ini harus diuji dulu agar dapat mengetahui reaksi yang mungkin dapat terjadi.

Jenis minyak ini telah lama digunakan sebagai obat penyembuh berbagai macam keluhan dan penyakit.

2. Es batu

Tidak hanya sebagai penyegar, es batu dapat digunakan sebagai bahan alami untuk meredakan bruntusan. Sebagai anti radang untuk sementara waktu walaupun efeknya cepat hilang.

Bungkus es batu untuk kompres dingin area yang muncul bruntusan. Lakukan 1-2 kali dalam sehari agar bruntusan segera menghilangkan

3. Masker madu

Siapa yang tidak kenal dengan bahan penuh manfaat ini? Madu dikenal sebagai obat herbal alami untuk berbagai masalah kecantikan dan kesehatan.

Oleskan madu pada area bruntusan. Diamkan 5-10 menit dan bilas. Gunakan secara rutin untuk mengatasi berbagai masalah wajah seperti jerawat dan bruntusan.

4. Teh hijau

manfaat teh hijau untuk wajah
manfaat teh hijau untuk wajah

Teh hijau dikenal sejak dulu sebagai antioksidan alami untuk mengatasi masalah wajah seperti jerawat dan bruntusan. Kandungan flavonoid dalam teh hijau dapat melawan peradangan dan penyebab jerawat.

Teh hijau dapat digunakan dengan mudah, oleskan pada wajah untuk membersihkan wajah dari kotoran dan berbagai pemicu bruntusan pada wajah.

5. Lidah buaya

Cara mengatasi penyebab bruntusan bisa menggunakan lidah buaya. Lidah buaya telah lama diakui sebagai bahan alami untuk berbagai masalah wajah, salah satunya bruntusan.

Gel lidah buaya menurut beberapa riser dapat menghilangkan jerawat dengan cara dioleskan secara rutin dan merata. 

6. Adapalene

Sebagai senyawa turunan vitamin a, adapalene memang sering digunakan untuk mencegah bruntusan sembuh dengan cara membuka pori-pori kulit.

Gabungan adapalene dengan bahan benzoil peroksida dipercaya menghilangkan bruntusan hanya dengan waktu semalam saja. 

Gunakan gel adapalene dengan konsentrasi 0,1% untuk menghilangkan bruntusan. Beberapa efek samping yang mungkin terjadi adalah kulit meradang, kering dan bersisik sehingga bisa dikonsultasikan terlebih dahulu sebelum menggunakan bahan yang satu ini.

7. Benzoil peroksida

Konsentrasi 2,5-10% benzoil peroksida pada skincare dapat digunakan sebagai pembunuh bakteri, meminimalisir minyak dan mengangkat sel kulit mati.

Pakai konsentrasi bahan terendah untuk menurunkan efek samping pada kulit, terutama jika kamu memiliki jenis kulit sensitif.

8. Soda kue

Diketahui mengandung antiseptic dan anti radang, soda kue memiliki potensi dapat menghilangkan peradangan akibat jerawat. Oleskan soda kue pada bagian wajah yang muncul bruntusan, biarkan kering dan bilas hingga bersih. Lakukan 2 minggu sekali agar wajah tidak terlalu kering dan iritasi.

9. Minyak esensial

Manfaat minyak atsiri untuk kesehatan

Minyak esensial dapat digunakan sebagai bahan anti radang dan antibakteri. Penggunaan jenis minyak ini dapat membantu menghilangkan bruntusan dengan cepat.

Beberapa minyak esensial yang dapat dipakai antara lain minyak mawar, cengkeh, lavender, dan kayu manis.

10. Oatmeal koloid

Oatmeal koloid yang mengandung anti radang dan antioksidan dapat digunakan sebagai bahan alami jerawat dan bruntusan.

Pakai masker oatmeal koloid pada wajah dan biarkan hingga terserap ke kulit. Masker ini juga diyakini dapat mengatasi jerawat, infeksi virus, biduran hingga dermatitis atopik.

11. Lemon

Lemon memiliki kandungan vitamin c yang cukup tinggi sehingga dapat digunakan sebagai antiseptik dan anti inflamasi. Bruntusan yang muncul pada area wajah dapat dihilangkan dengan penggunaan lemon dan putih telur.

Peras buah lemon dan dicampur dengan putih telur. Jadikan masker, diamkan 20 menit dan bilang hingga bersih. Namun untuk kulit sensitif perlu berhati-hati dalam penggunaan lemon untuk masker ya!

12. Tomat

Tidak hanya untuk bahan masakan saja, tomat nyatanya merupakan bahan alami yang dapat mengatasi masalah wajah seperti jerawat dan bruntusan.

Kandungan gizi pada tomat dapat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan dengan cara menghaluskan tomat dan menjadikan masker wajah secara rutin dan teratur.

Selain bahan alami diatas, bruntusan dapat diredakan dengan cara:

  • Rutin membersihkan wajah
  • Memakai produk pelembab
  • Memakai tabir surya sebelum melakukan aktivitas di luar rumah
  • Eksfoliasi wajah

Sudah tahukan apa penyebab bruntusan dan bagaimana cara mengatasinya? Jangan lupa untuk terus mempertahankan kebersihan wajah dan badan agar brutusna tidka mudah muncul ya!

Share artikel ini
Reference