rekomendasi buah untuk ibu menyusui

Setelah melahirkan, tugas seorang ibu selanjutnya jika memungkinkan adalah memberikan ASI pada si buah hati. ASI merupakan makanan utama yang sangat dibutuhkan untuk bayi yang baru lahir. Sayangnya, banyak new Moms yang bermasalah dengan ASI yang tidak lancar. Nah, buah untuk ibu menyusui bisa menjadi salah satu solusi untuk bantu lancarkan ASI.

Artikel ini cocok banget buat kamu yang baru saja menjadi seorang new mom! Yuk, cari tahu apa saja buah untuk ibu menyusui yang kaya akan nutrisi dan bantu lancarkan ASI!

Buah untuk ibu menyusui yang baik dikonsumsi agar ASI lancar

Kondisi tiap wanita ketika hamil sangatlah berbeda, termasuk kondisi setelah melahirkan. Banyak wanita yang tidak mengalami kesulitan ketika menyusui si kecil namun ternyata banyak juga yang mengalami masalah ketika ingin menyusui karena ASI yang tidak lancar. Makanan ternyata bisa menjadi solusi yang membantu para ibu untuk memperlancar ASI.

Lalu, apa saja makanan yang dapat membantu untuk melancarkan ASI? Buah bisa menjadi pilihan pertama kamu untuk memperlancar ASI. Mengapa buah? Buah untuk ibu menyusui tidak hanya mengandung nutrisi yang baik agar ASI lancar, tapi juga menyehatkan tubuh Moms yang masih dalam masa pemulihan setelah melahirkan.

Berikut ini daftar buah untuk ibu menyusui yang baik dikonsumsi agar ASI lancar:

1. Alpukat

Alpukat adalah sumber energi yang baik bagi ibu menyusui. Keluhan umum selama minggu-minggu dan bulan-bulan awal menyusui adalah rasa lapar yang mengganggu karena meningkatnya kebutuhan kalori saat menyusui. Kandungan potasium di dalamnya selama masa menyusui dapat menyehatkan jantung, membantu perkembangan penglihatan, dan juga pencernaan bayi.

2. Blueberi

Buah untuk ibu menyusui selanjutnya yang bantu lancarkan ASI adalah blueberi. Blueberi menganding serat, antioksidan, dan juga vitamin C yang baik untuk ibu dan bayinya. Buah ini juga mengandung karbohidrat yang bisa menjadi sumber energi untuk menjaga stamina selama masa menyusui.

Kandungan antioksidan dalam buah blueberi bantu ibu menyusui untuk meningkatkan suasana hati sehingga dapat terhindari dari depresi pasca melahirkan. Jika si ibu memiliki tingkat stres yang rendah, maka produksi ASI untuk si bayi juga akan lancar.

3. Pisang

Buah yang satu ini menjadi buah untuk ibu menyusui yang juga bisa bantu lancarkan ASI. Selain mencegah sembelit, kandungan potasium dalam buah pisang bantu ibu menyusui untuk mencukupi kebutuhan kalium. Kalium bermanfaat untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, termasuk ASI, sehingga saat baik untuk ibu menyusui.

4. Pepaya

Jenis pepaya yang dapat membantu melancarkan ASI untuk ibu menyusui yaitu pepaya hijau. Pepaya yang satu ini diyakini mengandung galactagogue, zat yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Kendati demikian, hal ini masih perlu diteliti lagi. Jika kamu adalah new mom yang menyukai buah pepaya, ada baiknya kamu mengonsumsi pepaya matang untuk membantu tubuh kamu tetap terhidrasi ketika menyusui.

5. Blewah

Kandungan nutrisi dalam blewah juga dapat membantu tubuh ibu tetap terhidrasi saat menyusui. Buah ini mengandung kadar air yang cukup tinggi sehingga dapat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Ketika tubuh ibu tidak kekurangan cairan, maka produksi ASI-nya pun akan lancar.

Selain buah, beberapa jenis makanan yang juga dapat membantu melancarkan ASI untuk ibu menyusui yaitu:

  • Sayur, seperti bayam, sawi, kangkung, wortel, labu, paprika merah
  • Biji-bijian, seperti quinoa, beras merah, roti gandum
  • Sumber protein, seperti daging sapi, sarden, salmon, kepiting
  • Produk susu, seperti susu dan yogurt

Ibu menyusui juga perlu menghindari beberapa jenis makanan berikut ini:

  1. Membatasi konsumsi makanan laut yang mungkin mengandung merkuri
  2. Minuman yang mengandung kafein seperti kopi
  3. Minuman yang mengandung alkohol

Begini Cara Menyusui Bayi yang Benar tanpa Rasa Sakit, Moms Wajib Tahu!

Buah untuk ibu menyusui agar bayi cerdas

buah untuk ibu menyusui dan agar bayi cerdas

Kamu sudah mengetahui apa saja buah untuk ibu menyusui agar ASI tetap lancar. Sekarang mari cari tahu lebih lanjut apa saja sih buah untuk ibu menyusui yang dapat membantu mencerdaskan si bayi. Beberapa jenis buah yang dapat mencerdaskan bayi, yaitu:

  • Tomat
  • Bluberi
  • Pepaya

Mengapa tiga buah diatas? Baik itu tomat, bluberi, dan juga pepaya mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan sangat bermanfaat untuk bayi karena dapat melindungi jaringan otak bayi dari kerusakan, kata ahli gizi Elizabeth Somer, RD, penulis buku Nutrition for a Healthy Pregnancy.

Payudara Sakit saat Menyusui, Ini Penyebabnya

Itulah beberapa jenis buah untuk ibu menyusui yang disarankan agar ASI tetap lancar. Jika kamu adalah satu dari new mom yang juga mengalami masalah yang sama dimana ASI tidak lancar, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi berbagai jenis buah yang sudah disebutkan di atas. Semoga bermanfaat.


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference