mainan pop it

Menyerupai bubble wrap, mainan pop it memiliki berbagai warna menyenangkan untuk dimainkan. Ternyata, mainan ini juga bermanfaat untuk tumbuh kembang anak, bahkan bisa obati anak dengan gangguan sensorik.

Awalnya, mainan ini dibuat untuk orang-orang dengan gangguan kecemasan atau kesulitan fokus untuk melepaskan energi negatif mereka. Para ahli mengatakan bahwa mainan ini dapat membantu anak untuk fokus, terutama jika mereka berjuang dengan ADHD. Selain itu, mainan ini juga dapat merangsang perkembangan motorik, sensorik, dan kognitif anak.

Tak heran jika mainan pop it mencuri perhatian anak-anak, yang ternyata dibuat oleh pasangan suami istri yang berkewarganegaraan Israel, yaitu Theo dan Ora Coaster. Keduanya merupakan pembuat mainan yang telah memproduksi kurang lebih 190 mainan.

Mainan pop it sebenarnya diluncurkan pada tahun 2013, tetapi tidak terlalu sukses pada saat itu. Kemudian di tahun 2019, mainan ini kembali diluncurkan dan akhirnya viral di TikTok. Lantas, apa manfaat mainan pop it? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Apa itu pop it?

Mainan ini adalah mainan silikon berbentuk seperti bungkus gelembung yang dapat digunakan kembali. Anak bisa menekan gelembungnya dan kemudian gelembung itu akan muncul kembali.

Salah satu cara mempersiapkan mainan pop it menjadi media pembelajaran adalah dengan menuliskan huruf abjad pada setiap lingkaran pop it dari A sampai Z. Atau menulis angka secara berurutan dari angka 1 sesuai dengan jumlah lingkaran pada mainan pop it. .

Mainan pop it tidak hanya menyenangkan untuk dimainkan, tetapi juga dapat menjadi media pembelajaran bagi anak untuk lebih merangsang perkembangan otaknya.

Manfaat mainan pop it untuk kesehatan anak

Bisa dibilang, mainan pop it ini merupakan mainan edukatif untuk anak, karena memiliki beberapa manfaat, antara lain:

1. Tingkatkan fokus dan konsentrasi anak kamu

Gerakan dan input sensorik sangat penting untuk perkembangan otak anak. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa anak yang dapat mengontrol gerakannya dapat meningkatkan fokus dan konsentrasinya. Seperti yang kamu jelaskan sebelumnya.

Pop itu awalnya dirancang sebagai alat untuk orang-orang dengan gangguan kecemasan. Anak-anak yang bermain pop itu sekaligus bisa menghilangkan stres atau kecemasan. Efek jangka panjangnya adalah juga dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi.

2. Merangsang perkembangan otak

Salah satu fungsi terpenting otak adalah mengontrol setiap fungsi dasar tubuh, mulai dari pernapasan, kesadaran, detak jantung, dan berbagai fungsi lainnya. Ternyata gerakan dasar untuk merangsang kerja otak adalah dengan meremas pop ini. Lewat gerakan tangan, tubuh akan mengirim sinyal ke otak untuk membangun kewaspadaan anak.

3. Meningkatkan fungsi sensorik dan motorik

Manfaat mainan pop it ternyata juga dapat melatih kemampuan sensorik dan motorik anak. Permainan ini tidak hanya baik untuk perkembangan otot dan fungsi tubuh, tetapi juga dapat melatih kecerdasan dan keterampilan bersosialisasi.

4. Mengobati anak gangguan sensorik

Pop itu adalah salah satu mainan yang juga berguna sebagai pereda kecemasan, ternyata banyak ahli juga menggunakannya untuk membantu anak-anak yang memiliki gangguan sensorik, autisme, dan yang kesulitan menangkap informasi dari inderanya sendiri.

5. Mainan edukasi yang menyenangkan

Tentu saja mainan pop it ini merupakan mainan yang menghibur. Pop ternyata juga bisa dimainkan oleh segala usia, tidak hanya untuk anak-anak. Jadi Kamu juga bisa memainkannya bersama anak sekaligus menciptakan suasana yang menyenangkan.

Cara bermain pop it yang kreatif dan menyenangkan buat anak

Ada berbagai cara bermain pop yang menyenangkan dan tidak membosankan bagi anak kamu, berikut caranya:

1. Bermain sambil berhitung

Mainan pop it juga bisa menjadi media belajar berhitung untuk anak. Sederhana dulu, dimulai dengan penambahan atau pengurangan.

Misalnya penambahan 1+1, kamu bisa meminta anak menekan sekali lalu menekan sekali lagi. Kemudian. beri tahu anak hasil penjumlahan dan minta anak menekan gelembung sesuai dengan jumlah angka. Hal yang sama berlaku untuk pengurangan. kamu dapat melakukan ini dengan instruksi serupa.

2. Menekan pop it tercepat

Untuk cara memainkan pop-nya, dibutuhkan lebih dari satu pemain. Kamu juga bisa bermain bersama anak supaya lebih seru. Cara bermainnya adalah secara bergiliran menekan sejumlah gelembung yang sudah ditentukan yang berurutan. Nantinya, setiap pemain bisa menekan 1 gelembung atau beberapa gelembung sekaligus sesuai petunjuk.

3. Ejaan kata

Kamu bisa menggunakan pop it, yang memiliki huruf-huruf tertulis di setiap gelembungnya, kamu dan anak bisa berlatih mengeja kata dengan cara popping huruf. Kamu perlu membuat kata-kata sederhana yang tidak memiliki huruf ganda. Game ini akan sangat bagus untuk dimainkan oleh anak-anak usia TK.

4. Bermain kelereng

Cara main pop yang lagi viral di TikTok yaitu dengan menggunakan kelereng. Hal pertama yang kamu lakukan adalah menyembunyikan kelereng di bawah salah satu gelembung. Kemudian kamu dapat melihat beberapa gelembung bermunculan. Kemudian minta anak kamu untuk menebak dengan benar di mana kelereng berada di bawah mainan pop it.

Manfaat mainan pop it selain menyenangkan bagi anak, juga bisa menjadi pilihan mainan edukatif untuk merangsang perkembangan otak sejak dini.

 

Share artikel ini
Reference