bevalex obat apa

Obat krim salep yang kerap digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit, yaitu Bevalex. Kamu mungkin sudah sering mendengar tentang obat ini. Tapi jika belum, kamu mungkin bertanya-tanya Bevalex itu obat apa. 

Untuk mengetahuinya lebih jelas mengenai kandungan, manfaat, dosis, dan petunjuk penggunaan, yuk simak penjelasannya berikut ini!

Bevalex obat apa? 

Bevalex adalah obat krim yang mengandung dua bahan, yaitu betametason valerat dan neomisin sulfat.

Bevalex mengandung betametason valerat, yang digunakan untuk mengobati berbagai kondisi kulit seperti ruam kemerahan pada kulit dan neomisin sulfat, yang membunuh bakteri dan menghentikan pertumbuhannya.

Bevalex juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat membandel. Itu sebabnya, beberapa pejuang jerawat mungkin tidak asing dengan obat yang satu ini. 

Manfaat Bevalex

Setelah tahu Bevalex obat apa, kamu pastinya mau tahu apa saja manfaat yang diberikan obat ini untuk mengatasi masalah kulit.

Nah, berdasarkan bahan aktif yang terkandung, manfaat Bevalex secara umum adalah untuk mengurangi peradangan yang disebabkan oleh penyakit kulit yang responsif terhadap kortikosteroid yang biasanya dipicu oleh infeksi sekunder yang disebabkan oleh organisme yang rentan terhadap neomisin.

Infeksi bakteri sekunder adalah infeksi yang terjadi karena sebelumnya terdapat infeksi lain.

Dosis Bevalex

bevalex obat apa

Bevalex adalah obat keras dan penggunaannya harus sesuai dengan anjuran dokter. Umumnya, untuk menggunakan obat  ini, oleskan krim Bevalex secara tipis pada permukaan kulit yang terinfeksi 2-3 kali sehari.

Ingat, jangan gunakan pengobatan  dengan  Belvalex secara berlebihan. Penggunaan berlebihan dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan gejala Sindrom Cushing.

Dalam hal ini, pengguna Bevalex dianjurkan untuk mengeluarkan obat dari tubuh secara bertahap. Penyerapan sistemik yang signifikan dari neomycin sulfate dapat menyebabkan ototoksisitas dan nefrotoksisitas. 

7 Cara Menghitung Dosis Obat Anak, Wajib Diketahui!

Petunjuk penggunaan Bevalex

Bevalex umumnya digunakan dalam pencegahan dan perawatan kulit dengan kondisi dan gejala sebagai berikut:

  • Gatal-gatal
  • Ruam kemerahan
  • Pembengkakan pada kulit

Obat ini hanya digunakan di kalangan medis untuk meredakan inflamasi atau peradangan pada kondisi kulit yang disebabkan oleh penggunaan kortikosteroid.

Selain itu, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang penggunaan obat ini, yaitu:

  • Krim ini adalah obat luar dan tidak bisa dimakan.
  • Konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan obat ini pada luka kulit yang terbuka, kulit kering, pecah-pecah, meradang, atau terbakar matahari. 
  • Cuci tangan sebelum dan sesudah mengoleskan Bevalex.
  • Bersihkan dan keringkan area kulit yang akan dioleskan krim. Jangan mencuci area yang dirawat segera setelah mengoleskan krim ini. 
  • Jangan gunakan produk lain di area perawatan kecuali dianjurkan oleh dokter.

Obat Jamur Kuku: Ketahui Faktanya Di Sini!

Efek samping obat Bevalex

Efek samping karena penggunaan obat ini memang jarang terjadi dan berbeda-beda untuk setiap orang, tergantung kondisi kulit dan kesehatan masing-masing. Namun, berikut beberapa efek samping yang umum dan wajib kamu ketahui:

  • Pertumbuhan rambut yang berlebihan di area kulit
  • Perubahan warna kulit
  • Iritasi 
  • Penipisan kulit
  • Mual
  • Diare

Sekarang kamu sudah tahu Belvalex obat apa, apa saja manfaatnya, bahkan bagaimana aturan pakainya. Jika kamu ingin menggunakan Belvalex, kamu sebaiknya konsultasi dengan dokter dulu ya!

Share artikel ini
Reference