Buah sirsak tidak hanya enak tetapi juga memiliki manfaat kesehatan. Menariknya, hampir semua bagian buahnya bisa dimanfaatkan untuk pengobatan, termasuk daun, buah, dan batangnya.

Buah ini memiliki kulit berwarna hijau dan bentuknya seperti mangga berduri dengan daging buah berwarna putih dan biji berwarna coklat di dalamnya. Sirsak juga merupakan vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C.

Manfaat buah sirsak untuk promil yaitu dapat meredakan stres, tinggi antioksidan dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh selama kehamilan. Yuk, simak berbagai manfaat lengkap mengenai buah sirsak untuk promil di bawah ini!

Apakah buah sirsak aman dikonsumsi saat hamil?

manfaat daun sirsak

Berkat kandungan nutrisinya, buah sirsak diperbolehkan dan aman dikonsumsi oleh ibu hamil karena bermanfaat untuk kesehatan selama kehamilan.

Jus sirsak yang dipasteurisasi adalah pilihan terbaik dan teraman jika kamu memilih varietas jus. Jus jenis ini tidak mengandung bakteri berbahaya yang bisa menyebabkan keracunan makanan.

5 Manfaat Susu Kurma untuk Promil, Bisa Meningkatkan Kesuburan!

Berikut berbagai kandungan nutrisi dalam buah sirsak, diantaranya:

  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin B3
  • Vitamin C
  • Asam folat
  • Kalsium
  • Besi kalium
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Seng

Selain itu, buah ini juga mengandung antioksidan antara lain fitosterol, tanin, dan flavonoid. Dalam satu gelas jus sirsak untuk ibu hamil bisa memenuhi vitamin C, dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan selama kehamilan.

Manfaat buah sirsak untuk promil

manfaat daun bidara untuk promil

Berbagai manfaat buah sirsak yang baik untuk kesehatan kamu, apalagi jika dikonsumsi untuk promil, berikut adalah manfaatnya :

1. Melawan peradangan

Sebuah studi di Afrika dan Amerika Selatan juga menemukan bahwa sifat anti-inflamasi ada pada akar, daun, dan kulit kayu pohon sirsak. Inilah mengapa sirsak bisa digunakan untuk mengobati radang sendi, dan peradangan. Hal ini karena adanya sifat anti-inflamasi dan analgesiknya.

2. Membantu mengobati infeksi

Sirsak juga dapat mengobati berbagai infeksi yang disebabkan oleh parasit maupun bakteri. Bagian daunnya yang bisa digunakan untuk menyembuhkan adanya infeksi. Seperti halnya leishmaniasis yakni penyakit disebabkan dari parasit yang ditularkan gigitan kutu pasir.

5 Manfaat Susu Kurma untuk Promil, Bisa Meningkatkan Kesuburan!

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Penelitian dari Korea juga menyebutkan bahwa sirsak juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh kamu. Hal ini karena adanya senyawa bioaktif yang ada dalam buah. Studi tersebut menyimpulkan karena ekstrak dari daun sirsak yang memiliki peran untuk merangsang kekebalan tubuh seseorang.

4. Mengobati hipertensi

Buah ini sudah dipercaya secara turun temurun untuk membantu pengobatan hipertensi. Hal ini juga diperkuat dengan penelitian yang menyebutkan bahwa kandungan gizi buah sirsak baik untuk membantu menurunkan kadar tekanan darah pada orang dewasa.

5. Tinggi antioksidan

Manfaat sirsak yang begitu populer salah satunya adalah mengandung antioksidang yang tinggi. Ada sebuah penelitian menemukan bahwa sirsak bisa melindungi secara efektif dari radikal bebas. Selain itu, sirsak juga bisa mencegah terjadinya kerusakan sel.

6. Mencegah sembelit

Saat hamil, ibu hamil mungkin mengeluh sulit buang air besar atau sembelit. Hal ini terkait dengan perubahan hormonal yang terjadi selama masa kehamilan. Untuk mengatasi hal tersebut, ibu hamil disarankan untuk memenuhi kebutuhan cairannya dan mengonsumsi buah yang mengandung serat.

Buah sirsak adalah salah satu buah yang banyak mengandung serat dan air. Dalam 100 gr buah sirsak mengandung 80 gr air dan ada 3 gr seratnya. Oleh sebab itu, kebutuhan air dan serat bisa tercukupi dan bisa membantu mencegah sulit buang air besar.

Resep buah sirsak enak

Manfaat buah sirsak untuk promil memang baik untuk kesehatan. Agar kamu bisa membuat buah sirsak ini menjadi lebih enak, berikut resep yang bisa kamu coba:

1. Es buah sirsak

Bahan-bahan:

  • Buah sirsak
  • 200 ml air
  • 3 sdm gula pasir
  • Susu krimer
  • Es batu secukupnya

Cara membuat:

  1. Rebus air terlebih dahulu, tambahkan gula pasir, dan aduk rata.
  2. Siapkan wadah, masukkan buah sirsak yang sudah dipotong, air gula, es batu, dan susu krimer.
  3. Es sirsak siap diminum.

2. Smoothie sirsak semangka

Bahan-bahan:

  • 200 gram daging sirsak beku
  • 1/2 semangka beku
  • 3 sdm gula pasir

Cara membuat:

  1. Keluarkan daging sirsak beku dari kulkas, lalu masukkan ke dalam blender dan tambahkan gula.
  2. Tuang 1/2 gelas smoothie sirsak.
  3. Haluskan 1/2 semangka beku
  4. Semangka yang sudah diblender masukkan ke dalam gelas
  5. Setelah tercampur, tuang chia seed secukupnya

Menariknya, manfaat buah sirsak untuk promil juga bisa mengatasi perubahan hormonal saat hamil yang rentan memicu depresi dan mood swing. Selain itu, buah ini juga dapat membantu tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang.

––
Penulis: Annisa Sukarno

Share artikel ini
Reference