Menurut hukum agama, ibu hamil tidak boleh berpuasa dengan alasan menjaga kesehatan dirinya dan bayi yang dikandungnya. Namun, jika ingin tetap berpuasa sebenarnya tidak apa-apa.

Puasa bagi ibu hamil memang sering dilakukan, untuk itu kamu harus tahu tips puasa saat hamil agar puasa lancar dan aman. Hal ini karenakan ibu hamil yang berpuasa memiliki kadar hormon stres yang lebih tinggi dalam darahnya dibandingkan dengan ibu hamil yang tidak berpuasa saat hamil.

Kekhawatiran yang wajar mungkin dirasakan oleh seorang wanita yang baru hamil sehingga dapat membebani kesehatannya. Ini dia tips puasa lancar dan hukum puasa ibu hamil yang perlu kamu ketahui!

Hukum puasa bagi ibu hamil

Menurut hukum Islam, wanita hamil diperbolehkan berpuasa. Tidak wajib jika kamu mengkhawatirkan kesehatan dan kondisi bayi kamu. Menurut para tenaga medis sendiri mengenai hal ini, puasa saat hamil dikhawatirkan menimbulkan gangguan kesehatan, baik bagi ibu maupun bayi yang dikandungnya.

Pasalnya, saat berpuasa, seseorang tidak akan mengonsumsi makanan atau minuman selama kurang lebih 12 jam.

Hal ini bisa membuat ibu hamil yang sedang berpuasa mengalami penurunan gula darah yang tidak sehat. Selain itu, puasa juga berisiko menyebabkan kekurangan nutrisi dan energi tubuh secara keseluruhan.

Meski ibu hamil dalam kondisi baik, namun tetap perlu diperhatikan kesehatan janin. Tips puasa saat hamil pastikan kamu selalu perhatikan nutrisi dan gizi untuk kebutuhan janin. Asupan nutrisi yang harus ibu hamil dapatkan adalah 50 persen karbohidrat, 25 persen protein, 10-15 persen lemak sehat, serta tak lupa asupan vitamin dan mineral.

Panduan Pola Makan Ibu Hamil saat Puasa

Jadi, meski ibu hamil boleh berpuasa, ada berbagai risiko yang harus diperhatikan. Puasa bagi ibu hamil sebenarnya tidak wajib, jadi tidak masalah jika ibu hamil tidak melakukannya.

Namun, jika ibu hamil tetap ingin melakukannya, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Meski ibu hamil merasa mampu secara fisik, belum tentu janin merasakan hal yang sama.

Berapa jam ibu hamil tidak boleh makan?

Selama berpuasa, ibu hamil tidak bisa makan selama kurang lebih 12 jam. Pasalnya, puasa bisa memengaruhi kondisi tubuh ibu dan janin.

Perubahan hormon yang drastis di awal kehamilan seringkali membuat ibu hamil mengalami morning sickness. Nah, kondisi ini sering ditandai dengan mual dan muntah yang menjadi penyebab utama dehidrasi pada ibu hamil.

Dehidrasi selama kehamilan akan mengeringkan cairan ketuban. Jika terjadi bisa membahayakan kesehatan ibu hamil dan janinnya.

Selain itu, saat berpuasa, ibu harus memperhatikan berat badan ibu hamil. Jika ibu mengalami penurunan berat badan yang drastis, ibu harus memperhatikan asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh janin. Penurunan berat badan yang drastis dapat membahayakan janin dalam kandungan.

Saat berbuka puasa dan sahur, jangan lupa untuk memilih menu makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan ibu dan janin. Sayuran seperti brokoli, wortel, asparagus bisa menjadi menu makanan untuk berbuka puasa atau bahkan sahur.

Tahapan Niat Puasa Ganti Haid Dan Waktu Terbaik Membayarnya

Tips puasa saat hamil

Banyak wanita Muslim yang hamil memutuskan untuk tetap berpuasa. Perlu diketahui, puasa ibu hamil harus didiskusikan dengan dokter untuk melihat apakah ada bahaya kesehatan yang mungkin terjadi. Berikut tips puasa yang aman untuk ibu hamil, di antaranya:

1. Konsumsi makanan berserat

Selama berpuasa, ibu hamil perlu mengonsumsi makanan tinggi serat dan karbohidrat kompleks seperti biji-bijian dan kacang-kacangan.

Pasalnya, tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk memecah dan menyerap makanan sehingga menjadi bahan bakar saat berpuasa.

Beberapa makanan sehat lain yang bisa dikonsumsi antara lain roti gandum dengan sedikit selai, keju, sereal berserat tinggi dengan susu semi skim, dan granola bar. Buah segar seperti pisang dan kurma juga bisa dimasukkan dalam menu sehat sehari-hari saat berpuasa.

2. Banyak konsumsi air mineral

Dehidrasi merupakan salah satu penyebab mual saat kamu berpuasa. Jika berpuasa dari fajar hingga senja, pastikan untuk makan dengan baik dan minum banyak cairan sebelum matahari terbit.

Saat sahur konsumsilah makanan untuk menjaga energi kamu pada siang hari. Cara ini juga bisa mengurangi sakit kepala dan rasa kantuk karena kamu mendapatkan energi yang cukup untuk bertahan selama berpuasa.

3. Hindari konsumsi kopi dan teh

Tips puasa saat hamil berikutnya adalah sebaiknya hindari minuman yang mengandung kafein. hal ini karena dapat membuat kamu kehilangan lebih banyak air saat buang air kecil karena bersifat diuretik. Sementara itu, minum teh dengan makanan juga bisa mengurangi jumlah zat besi yang diserap tubuh.

4. Hemat energi

Hindari terlalu memaksakan diri dengan pekerjaan dan biarkan tubuh kamu sering beristirahat. Jika merasa pusing, segera batalkan puasa. Ketika otak tidak mendapatkan cukup darah dan oksigen, bayi mungkin juga tidak mendapatkan cukup.

Sebelum memutuskan berpuasa pada trimester pertama, kedua atau ketiga kehamilan, sebaiknya ibu hamil berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungannya, ya.

__

Penulis: Annisa Sukarno

Share artikel ini
Reference