bahaya merokok bagi wanita

Rokok bisa berbahaya bagi siapa saja, baik pria maupun wanita. Berbeda dengan pria, bahaya merokok bagi wanita dapat memicu masalah kesehatan yang serius, mulai dari kehamilan ektopik hingga menopause dini. Selain itu, merokok juga dapat mengganggu keseimbangan hormon.

Yuk, cari tahu lebih jauh tentang bahaya merokok bagi wanita! Kamu juga bisa mengenali perbedaan rokok dengan vape serta dampak vape bagi wanita dengan membaca artikel berikut ini.

Apa saja bahaya merokok bagi wanita?

Hingga saat ini, bahaya dan peringatan merokok sudah diketahui oleh banyak orang. Rokok dapat menyebabkan atau memicu kanker dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Ada perbedaan dampak buruk yang dialami pria dan wanita perokok. Bahaya merokok bagi wanita tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik, tetapi juga mental.

Perokok wanita berisiko mengalami masalah kesehatan yang sama dengan perokok pria, tetapi ada juga risiko kesehatan terkait merokok yang unik bagi wanita. Apa saja risiko kesehatan yang akan wanita perokok alami?

Bahaya merokok bagi wanita, yaitu:

1. Memicu penyakit kardiovaskular

Wanita yang merokok dan minum pil KB memiliki peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, seperti penggumpalan darah, serangan jantung, dan stroke lebih tinggi daripada wanita bukan perokok. Risiko ini meningkat seiring bertambahnya usia.

2. Efek buruk pada kehamilan

Bahan kimia dalam rokok ditularkan melalui aliran darah ibu hamil ke janinnya. Bahan kimia beracun ini menimbulkan risiko serius bagi janin serta ibu hamil, antara lain cacat lahir pada mulut dan bibir bayi, berat lahir bayi rendah, kelahiran prematur, dan sindrom kematian bayi mendadak.

3. Gangguan kesuburan

Bahaya merokok bagi wanita salah satunya, yaitu terganggunya kesuburan. Wanita yang merokok memiliki risiko infertilitas atau gangguan kesuburan yang jauh lebih besar daripada wanita yang tidak merokok.

Penting untuk dicatat bahwa merokok tidak hanya memengaruhi kesuburan wanita. Pria perokok memiliki risiko 50% lebih tinggi mengalami impoten. Beberapa bahan kimia beracun yang ditemukan dalam rokok dapat menyebabkan mutasi gen pada sperma yang juga dapat menyebabkan keguguran, cacat lahir, kanker, dan masalah kesehatan lainnya pada anak.

4. Menopause dini

Penelitian menemukan bahwa wanita yang merokok memiliki 43% peningkatan risiko mengalami menopause dini sebelum usia 50 tahun daripada yang bukan perokok. Masalah menstruasi, seperti perdarahan yang tidak normal, amenorrhea (tidak datang bulan), dan infeksi vagina juga merupakan keluhan umum yang dialami oleh wanita perokok.

5. Risiko kanker serviks dan rektum

Tingginya risiko kanker serviks juga merupakan salah satu bahaya merokok bagi wanita. Penelitian di Denmark yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer edisi 21 April 1999 menemukan bahwa wanita premenopause yang merokok mempunyai risiko 6 kali mengalami kanker rektal.

Bahaya merokok bagi wanita lainnya meliputi:

  • Memicu osteoporosis dini
  • Risiko kanker payudara dan kanker vulva
  • Memicu penyakit radang panggul
  • Kecemasan berlebih
  • Depresi
  • Post-traumatic stress disorder (PTSD)

Bagaimana Kebiasaan Merokok Dapat Memicu Terjadinya Kanker Paru-paru?

Perbedaan rokok dan vape

bahaya merokok bagi wanita benarkah bikin susah hamil ternyata tak subur

Selain rokok tembakau, vape menjadi pilihan lain bagi para perokok aktif. Vape adalah rokok elektrik yang merupakan inovasi perubahan bentuk rokok konvensional ke rokok modern. Lalu, apa perbedaan antara rokok tembakau dengan rokok eletrik vape?

Perbedaan rokok dan vape:

  • Metode penghisapannya. Tembakau dalam rokok konvensional dibakar kemudian asapnya dihisap melalui gulungan rokok. Vape menggunakan e-liquid yang dipanaskan kemudian menguap di mulut yang kemudian dihisap oleh penggunanya.
  • Penggunaan nikotin. Baik itu rokok dan vape, keduanya menggunakan nikotin. Perbedaannya ada pada cara penggunaan nikotin. Rokok konvensional atau tembakau menghasilkan nikotin melalui pembakaran sedangkan vape mengirimkan senyawa nikotin melalui penguapan.
  • Biaya. Biaya rokok konvesional atau tembakau jauh lebih murah dibandingkan dengan vape yang membutuhkan pembelian starter kit vaping. Biaya vape bisa menjadi lebih murah jika perangkatnya rutin dibersihkan.

Awas! 9 Bahaya Merokok bagi Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui!

Adakah dampak vape bagi wanita?

Bahaya vape bagi wanita sama halnya dengan bahaya rokok konvensional menggunakan tembakau. Selain menyebabkan kanker, tingkat kesuburan dan perkembangan janin juga akan ikut terganggu. Berikut beberapa dampak jangka panjang dari vape bagi wanita:

  • Merusak paru-paru
  • Memicu perkembangan kanker dalam tubuh
  • Melemahkan sistem kekebalan tubuh
  • Menunda perkembangan otak pada janin, anak-anak, dan remaja
  • Beberapa orang juga melaporkan mengalami luka bakar saat mengisi ulang rokok elektrik karena baterai rusak yang menyebabkan ledakan

Kamu sekarang sudah paham kan apa saja bahaya merokok bagi wanita, perbedaan rokok dan vape, serta dampak vape bagi wanita? 


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference