cara menghilangkan rasa pahit di mulut
Kesehatan Umum

9 Cara Menghilangkan Rasa Pahit di Mulut

dr. Wisniaty Condro | Januari 28, 2022
Share

Mulut sering terasa pahit padahal kamu tidak merokok? Mungkin tubuh kamu tidak dalam keadaan sehat saat ini. Bisa menandakan penyakit serius, bisa juga tidak, ada berbagai penyebab dan cara menghilangkan rasa pahit di mulut.

Penasaran apa saja penyebab dan bagaimana cara menghilangkan rasa pahit di mulut? Yuk, baca ulasan ini sampai akhir supaya kamu tidak ketinggalan sedikitpun informasi pentingnya.

Apa itu rasa pahit di mulut?

Rasa pahit di mulut adalah salah satu reaksi normal dari indera perasa terhadap suatu makanan tertentu. Tapi, saat rasa pahit bertahan lama atau terjadi secara tiba-tiba maka ini menandakan hal lain.

Rasa pahit di mulut yang tak kunjung hilang bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk kebiasaan sehari-hari, kebersihan dalam mulut, serta penyakit tertentu. Untuk mengatasi rasa tidak nyaman di mulut, kamu bisa melakukan beberapa cara menghilangkan rasa pahit di mulut.

Tapi, sebelum itu, apa saja yang menyebabkan mulut terasa pahit?

Penyebab rasa pahit di mulut

Rasa pahit di mulut terjadi karena banyak faktor dan biasanya bukanlah masalah yang serius. Namun, rasa pahit tentu dapat mengganggu kegiatan sehari-hari terutama ketika kamu makan dan berbicara. Berikut adalah berbagai penyebab rasa pahit di mulut mulai dari xerostomia hingga kehamilan:

  • Mengalami xerostomia atau mulut kering
  • Kebersihan gigi yang buruk seperti gigi berlubang, infeksi, serta penyakit gusi atau gingivitis
  • Kurang asupan cairan dalam tubuh
  • Kurang nutrisi dan vitamin terutama vitamin B12
  • Sindrom mulut terbakar
  • Menopause
  • Refluks asam atau gastroesophageal reflux disease (GERD)
  • Mengalami sariawan mulut akibat infeksi jamur
  • Sindrom setelah mengonsumsi biji buah pinus
  • Tingkat stress atau kecemasan yang tinggi
  • Kerusakan saraf
  • Cedera kepala, mulut, hidung
  • Tidak sengaja menggigit lidah
  • Sedang menggunakan peralatan gigi seperti kawat gigi
  • Sedang mengonsumsi obat-obatan atau suplemen
  • Memiliki kebiasaan merokok
  • Perubahan hormon akibat kehamilan

Rasa pahit di mulut memang sering terjadi karena kebersihan gigi yang buruk serta pola hidup yang tidak sehat. Akan tetapi, pada beberapa kasus serius, rasa pahit di mulut menandakan adanya masalah kesehatan.

Gejala rasa pahit di mulut

Di samping rasa pahit yang tak kunjung hilang atau terjadi secara tiba-tiba, terdapat gejala lain yang dapat kamu perhatikan ketika mengalami perubahan indra perasa. Kamu mungkin merasakan beberapa tanda berikut:

  • Kesulitan menelan makanan dan minuman
  • Sulit merasakan dan menjelaskan cita rasa dari makanan maupun minuman
  • Rasa pahit tidak hilang setelah menyikat gigi

Pada beberapa kondisi tertentu, tidak jarang rasa pahit di mulut juga dibarengi dengan bau mulut. Tentu saja hal ini sangat mengganggu, terutama ketika kamu harus atau banyak berbicara dengan orang lain. Untuk mengatasinya, ikutilah berbagai cara menghilangkan rasa pahit di mulut berikut ini.

Rasa pahit di mulut tanda penyakit apa?

Selain karena beberapa penyebab penyakit yang disebutkan di atas, rasa pahit di mulut sering kali dikaitkan dengan kanker. Ya, seseorang yang sedang menjalankan perawatan dengan mengonsumsi obat kanker mungkin mengalami rasa pahit di mulut saat sedang makan atau minum.

Tidak hanya itu, penyakit tertentu seperti infeksi sinus, autoimun atau sindrom Sjogren, serta sindrom Bell’s palsy, juga dapat memengaruhi hingga mengubah indra perasa menjadi pahit. Ditambah lagi, penggunaan obat-obatan untuk mengatasi berbagai penyakit tersebut seringkali memberikan efek samping berupa rasa pahit di mulut.

Berhati-hatilah dan tanyakan pada dokter terkait kemungkinan efek samping yang ada dari penggunaan obat-obatan seperti antibiotik, obat jantung, vitamin yang mengandung mineral atau logam, serta obat litium. Kamu mungkin akan merasakan beberapa gejala rasa pahit yang tidak nyaman di mulut setelahnya.

Cara menghilangkan rasa pahit di mulut

Setelah mengetahui penyebab rasa pahit di mulut, kamu bisa melakukan beberapa perawatan untuk menghilangkan rasa tidak nyaman di mulut. Cara menghilangkan rasa pahit di mulut yang dibantu dengan pengobatan rumahan mungkin akan membantu mempercepat pemulihan kebersihan dan kesehatan mulut.

Berikut ini adalah cara menghilangkan rasa pahit di mulut yang bisa kamu lakukan:

Jaga kebersihan gigi dan mulut

Rawatlah gigi, gusi, dan mulut dengan rutin menyikat gigi 2 kali sehari. Kamu juga bisa melakukan flossing dan menggunakan obat kumur antibakteri untuk menghilangkan rasa pahit di mulut. Tidak lupa pilihlah sikat gigi dengan bulu yang lembut supaya tidak melukai gusi.

Flossing dengan benar

Penyebab utama rasa pahit di mulut memang tidak lepas dari kebersihannya. Para ahli gigi merekomendasikan setiap orang untuk melakukan flossing setidaknya 3 hingga 4 kali setiap minggu. Akan lebih baik lagi jika kamu melakukan flossing setiap malam yang dinilai lebih efektif dalam menjaga kebersihan mulut.

Rutin melakukan pemeriksaan

Selama setiap 6 bulan sekali, lakukanlah pemeriksaan dengan menemui dokter gigi. Cara menghilangkan rasa pahit di mulut yang satu ini tidak hanya mencegah rasa pahit, tetapi juga menjaga kebersihan dan kesehatan mulut serta gigi.

Minum banyak cairan setiap hari

Rasa pahit yang disebabkan karena mulut kering dapat diatasi dengan memenuhi asupan cairan dalam tubuh. Minum air putih dapat membantu meningkatkan produksi air liur.

Kunyah permen karet bebas gula

Cara menghilangkan rasa pahit di mulut berikutnya adalah mengunyah permen karet yang bebas gula. Sama halnya dengan cairan, mengunyah permen karet bebas gula dapat memicu produksi air liur sehingga kamu terhindar dari mulut kering.

Hindari makanan asam, pedas, dan berminyak

Makanan-makanan pedas, asam, maupun berminyak menjadi salah satu faktor pemicu terjadinya refluks asam lambung. Jadi, akan lebih baik jika kamu mencegah refluks asam lambung atau GERD dengan menghindari makanan-makanan tersebut, ya.

Bilas dengan soda kue

Satu sendok teh soda kue yang ditambahkan atau dicampurkan ke segelas air dinilai dapat membantu membersihkan mulut. Bilaslah mulut dengan soda kue yang telah dicampur ke segelas air atau tambahkan setengah sendok teh soda kue ke sikat gigi sebelum kamu mengoleskan pasta gigi.

Bersihkan lidah

Cara menghilangkan rasa pahit di mulut selanjutnya adalah membersihkan lidah dengan menggunakan pengikis lidah. Kamu bisa membersihkan dari bagian belakang lidah ke bagian depan.

Konsumsi buah jeruk

Buah jeruk yang kaya vitamin C dapat merangsang produksi air liur. Air liur akan membantu kamu menghilangkan rasa pahit di mulut. Sebagai alternatif, kamu juga bisa menggunakan buah lemon yang kemudian kamu jadikan minuman jus.

Di samping cara-cara tersebut, berhentilah merokok dan kurangilah minuman beralkohol. Kunyahlah mint atau peppermint rasa jeruk setelah kamu makan makanan pedas.

Untuk menghilangkan rasa pahit di mulut akibat gangguan pencernaan, jangan lupa untuk makan dalam porsi yang kecil tapi sering, batasi makanan yang digoreng, dan kunyah makanan secara perlahan, ya.

Reference
Share