Reaksi alergi adalah respons tubuh terhadap zat asing atau allergen yang masuk ke dalam tubuh. Gejala reaksi alergi bisa beragam, mulai dari gatal, ruam kulit, hingga sesak napas.

Untuk mengatasi reaksi alergi, dokter akan meresepkan obat-obatan tertentu. Salah satunya adalah obat Avocel. Simak apa itu obat Avocel hanya di sini!

Apa itu obat Avocel?

avocel obat apa

Avocel adalah obat antihistamin yang mengandung Levocetirizine. Obat ini biasanya digunakan untuk meredakan gejala alergi, seperti gatal-gatal, hidung berair, bersin, dan ruam. 

Avocel bekerja dengan cara menghambat produksi histamin yang diproduksi tubuh saat mengalami alergi.

Kamu bisa menjumpai obat-obatan ini dalam bentuk tablet dan hanya bisa dibeli dengan resep dokter karena termasuk dalam obat keras.

Obat yang diproduksi oleh Pharos Indonesia ini dijual dalam satu kemasan yang berisi tiga strip dengan masing-masing berisi 10 kaplet. 

Manfaat, Dosis, dan Efek Samping Obat Herbal Sancoidan

Manfaat obat Avocel

manfaat obat avocel

Setelah mengetahui apa itu obat Avocel, jangan lupa pahami apa kegunaan dari obat ini. 

Avocel merupakan obat yang mengandung Levocetirizine. Artinya, obat ini adalah obat antihistamin yang dipakai untuk membantu meredakan gejala alergi, mulai dari gatal-gatal, hidung dan mata berair, bersin, dan ruam

Tidak hanya itu, Levocetirizine dapat membantu mengatasi gejala rinitis alergi musiman dan kronis serta urtikaria.

Urtikaria merupakan kondisi kulit yang ditandai dengan kemunculan bintik-bintik merah yang gatal dan terasa panas. 

Avocel bekerja dengan cara memblokir aksi histamin dalam tubuh yang menyebabkan reaksi alergi. Namun, sebelum menggunakan obat ini, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui dosis dan efek samping yang mungkin terjadi.

3 Penyebab Alergi Kacang dan Cara Mengatasinya!

Dosis dan aturan pakai obat Avocel

Avocel adalah obat keras yang hanya bisa digunakan dengan resep dokter. Obat ini direkomendasikan untuk:

  • Dewasa dan anak di atas 6 tahun dengan dosis 1 tablet yang harus diminum sekali dalam sehari. 

Pastikan untuk selalu mengikuti anjuran dokter dan tidak melebihi dosis yang diberikan untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Efek samping obat Avocel

efek samping obat

Mengetahui apa manfaat obat Avocel serta dosis dan aturan pakainya memang penting. Namun, kamu juga wajib tahu apa saja efek samping dari penggunaan obat-obatan ini untuk mengantisipasi masalah yang datang di kemudian hari, seperti: 

  • Demam
  • Mengantuk
  • Mulut kering
  • Batuk
  • Diare
  • Mimisan

Jika gejala di atas tidak kunjung mereda atau semakin parah, segera periksakan diri ke dokter, terutama ketika mengalami reaksi alergi obat atau efek samping yang serius, seperti:

  • Gejala alergi semakin buruk
  • Pusing sampai ingin pingsan
  • Telinga terasa penuh atau sakit
  • Nyeri, sulit, atau jarang buang air kecil

Apa Obat Samcorbex C Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh?

Peringatan penggunaan obat

Levocetirizine adalah obat yang hanya bisa digunakan sesuai resep dokter. Sebelum mengonsumsinya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Pertama, jangan mengonsumsi levocetirizine jika kamu alergi terhadap obat ini atau alergi terhadap ceterizin atau hydroxyzine. Kedua, sebelum mengonsumsi obat ini, beritahu dokter jika pernah menderita penyakit tertentu, seperti:

  • Pembesaran kelenjar prostat
  • Penyakit ginjal
  • Penyakit hati
  • Penyakit kantung empedu, porfiria, atau epilepsi. 

Selain itu, beritahu dokter bila sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan. Jangan lupa beritahu ketika kamu tengah mengonsumsi obat, suplemen, atau produk herbal tertentu. 

Setelah mengonsumsi levocetirizine, hindari minuman beralkohol dan aktivitas yang membutuhkan kewaspadaan.

Contohnya, mengemudi, karena obat ini dapat menyebabkan kantuk. Jika terjadi reaksi alergi obat, efek samping serius, atau overdosis setelah mengonsumsi levocetirizine, segera temui dokter.

Interaksi dengan obat-obatan lain

 

Memahami apa saja efek samping dari obat Avocel memang wajib. Kamu juga perlu tahu bagaimana obat yang mengandung Levocetirizine ini bisa memicu interaksi dengan beberapa jenis obat.

Hal ini tentu bisa berpengaruh terhadap efektivitas dan meningkatkan risiko efek samping yang muncul. Beberapa obat yang harus dihindari antara lain: 

  • Diazepam
  • Clonazepam
  • Diphenhydramine
  • Pregabalin
  • Estazolam

Obat-obatan di atas bisa meningkatkan risiko mengantuk dan sulit berkonsentrasi. Walau begitu, beberapa jenis obat lain, seperti isocarboxazid, tranylcypromine, dan ritonavir dapat meningkatkan efektivitas levocetirizine.

Sebaliknya, konsumsi diclofenac bersamaan dengan levocetirizine dapat meningkatkan kadar levocetirizine dalam tubuh. Ini dapat meningkatkan risiko efek samping yang muncul. 

Maka dari itu, selalu konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi obat Avocel, terutama ketika sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu. 


Penulis: Nabila Azmi

Share artikel ini
Reference