keluhan ibu hamil 7 bulan

Young pregnant woman indoors. Closeup portrait of woman expecting. Beautiful female waiting for her little baby birth.

Memasuki trimester 3 dalam kehamilan, usia kandungan biasanya sudah mencapai 7 bulan. Saat kandungan berusia 7 bulan, ada banyak keluhan baru yang datang kepada sang ibu.

Tidak hanya perubahan secara signifikan pada fisik, namun mental pun ikut berpengaruh. Kira-kira, apa saja keluhan ibu hamil 7 bulan yang biasanya terjadi?

Yuk, kupas tuntas mengenai semua keluhannya di sini!

Berikut keluhan ibu hamil 7 bulan yang terjadi

Selama masa kehamilan, tentunya banyak perbedaan yang dialami oleh sang ibu secara fisik. Semakin tua umur kandungan, perubahan fisik pun akan semakin terlihat.

Perubahan fisik tersebut pun mengarah kepada keluhan-keluhan yang memengaruhi cara kerja tubuh sang ibu.

Agar lebih jelas, berikut beberapa keluhan ibu hamil 7 bulan yang kerap terjadi.

1. Linu bagian pinggul

Saat usia kandungan berada di umur 7 bulan, rahim pun akan semakin bertumbuh. Efeknya, akan ada tekanan pada saraf skiatik (saraf tulang belakang hingga ke kaki) yang menyebabkan nyeri di bagian pinggul.

Biasanya, keluhan linu bagian pinggul akan segera hilang saat sang bayi dilahirkan.

2. Sakit bagian punggung

Tidak hanya bagian pinggul saja, sakit pada bagian punggung juga kerap menjadi keluhan ibu hamil 7 bulan. Sebab, tekanan yang ada pada saraf skiatik di atas akan menyerang bagian belakang tubuh hingga ke kaki.

Jadi, tidak heran jika bagian belakang tubuh sang ibu akan mengalami beberapa kemungkinan seperti linu, sakit, atau pegal-pegal.

3. Sembelit

Mengalami sembelit juga menjadi hal yang sering dialami ibu hamil 7 bulan. Hal ini dikarenakan meningkatnya hormon progesteron dan zat besi yang mampu memperlambat atau menyumbat pencernaan.

4. Susah tidur

Sering mengalami susah tidur? Keluhan ibu hamil 7 bulan ini juga dialami oleh banyak ibu, lho. Biasanya, ibu yang mengalami susah tidur disebabkan oleh sulitnya menemukan posisi tidur yang nyaman.

Selain itu, besar pula kemungkinan untuk mendengkur saat tertidur karena adanya pembengkakan pada jaringan hidung.

5. Mudah lelah

Keluhan ibu hamil 7 bulan lainnya adalah mudah lelah. Hal ini disebabkan adanya peningkatan energi yang cukup besar selama trimester kedua.

Maka dari itu, di trimester ketiga, sang ibu akan merasa lebih lelah karena pertumbuhan perutnya.

Cara mengatasi berbagai keluhan 7 bulan

Sering mengalami beberapa keluhan ibu hamil 7 bulan seperti yang disebutkan di atas? Tidak perlu khawatir! Semua keluhan tersebut dianggap cukup normal.

Maka dari itu, ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi berbagai keluhan 7 bulan, lho. Salah satunya adalah dengan istirahat yang cukup. Kebanyakan, keluhan 7 bulan di atas menyangkut kepada kondisi fisik sang ibu.

Oleh sebab itu, memiliki waktu istirahat yang cukup sangat disarankan. Selain istirahat, kamu juga bisa memulai untuk menjaga pola makan untuk tumbuh kembang sang janin, lho.

Makanan yang baik dikonsumsi saat hamil 7 bulan

Supaya janin bisa bertumbuh dengan baik sampai waktunya dilahirkan nanti, berikut beberapa makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat hamil 7 bulan.

1. Zat besi dan protein

Makanan yang kaya akan protein dan zat besi sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin di trimester ketiga.

Zat besi terbilang cukup penting sebab mampu mencegah adanya kemungkinan pendarahan saat persalinan nanti.

Agar kebutuhan zat besi dan terpenuhi, kamu bisa mengonsumsi sayur-sayuran hijau seperti bayam, daun lobak, buah-buahan yang kering, daging, serta unggas.

Usahakan setidaknya mengonsumsi 75-100 gram protein setiap harinya, ya.

2. Kalsium

Tidak kalah penting, kalsium juga bisa menjadi makanan yang baik dikonsumsi untuk menangani keluhan ibu hamil 7 bulan.

Kamu bisa mengonsumsi susu atau produk olahannya seperti keju agar struktur tulang bayi menjadi kuat.

3. Magnesium

Nah, makanan yang mengandung magnesium juga penting untuk dicicipi, lho. Tubuh seorang ibu setidaknya membutuhkan 350 miligram magnesium setiap harinya.

Tujuannya, magnesium bisa meringankan kondisi kram kaki, otot, dan mencegah kelahiran bayi secara prematur.

4. DHA

Termasuk ke dalam salah satu jenis asam-asaman, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi 200 miligram DHA untuk tumbuh kembang otak sang bayi.

DHA ini bisa ditemukan di berbagai jenis makanan seperti minyak ikan atau ikan tuna.

5. Asam folat

Membutuhkan asam folat sebanyak 400 miligram setiap harinya, sang ibu yang mengonsumsi asam folat bisa membantu pengembangan sistem saraf sang bayi, lho.

Agar kebutuhan tersebut bisa terpenuhi, coba konsumsi jeruk, sereal, atau gandum, ya.

6. Serat

Serat juga memiliki peranan penting untuk menangani keluhan ibu hamil 7 bulan. Dengan memakan makanan yang kaya akan serat, sang ibu bisa mengatasi sembelit. Sebab, fungsi serat itu sendiri bisa melancarkan pencernaan.

Agar kebutuhan serat terpenuhi, kamu bisa meminum banyak air putih, makan sayur-sayuran, buah-buahan, serta kacang dan biji-bijian.

Itulah beberapa hal yang sering dialami sebagai keluhan ibu hamil 7 bulan. Meskipun demikian, ada banyak cara agar kamu bisa mengatasi keluhan-keluhan tersebut, lho.

Selain itu, mulai cobalah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan kaya akan nutrisi, ya. Sebab, hal itu baik untuk pertumbuhan janin.

Share artikel ini
Reference