makanan yang mengandung asam folat untuk ibu hamil

Makanan yang mengandung asam folat untuk ibu hamil menjadi sumber nutrisi yang paling penting. Kandungan asam folat dapat membantu janin tumbuh dengan optimal dan mengurangi risiko bayi lahir prematur.

Kamu bisa mendapat asupan asam folat dari mana saja seperti sayuran, biji-bijian, ikan laut, dan suplemen yang dijual di pasaran. Untuk konsumsi suplemen, sebaiknya lakukan konsultasi bersama dokter agar lebih aman.

Asam folat dikenal sebagai?

Folat atau disebut juga vitamin B-9, memiliki peran penting dalam pembentukan sel darah merah dan pertumbuhan fungsi sel. Asam folat sangat penting selama awal kehamilan untuk mengurangi risiko cacat lahir pada otak dan tulang belakang janin.

Asam folat bisa ditemukan terutama dalam sayuran berdaun hijau tua, kacang-kacangan, kacang polong dan kacang-kacangan. Buah-buahan yang kaya akan folat antara lain jeruk, lemon, pisang, melon, dan stroberi. 

Diet yang kekurangan folat atau asam folat dapat menyebabkan defisiensi folat. Kekurangan folat dapat menimbulkan penyakit celiac, yaitu kondisi yang mencegah usus kecil menyerap nutrisi dari makanan (sindrom malabsorpsi).

Makanan yang mengandung asam folat untuk ibu hamil

Daftar makanan asam folat

Makanan yang mengandung asam folat untuk ibu hamil sebenarnya sangat mudah ditemukan dimana-mana. Kamu hanya perlu konsisten mengonsumsinya sehingga kebutuhan asam folat harian terus terpenuhi.

Berikut adalah beberapa makanan yang mengandung asam folat

Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, dan arugula rendah kalori namun kaya akan vitamin dan mineral utama, termasuk folat. Satu cangkir (30 gram) bayam mentah menyediakan 58,2 mcg asam folat, angka tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil.

Kacang-kacangan

Konsumsi berbagai jenis kacang-kacangan mulai dari kacang tanah, kacang hijau, kacang merah, kacang panjang, dan lain-lain. Semua jenis kacang dapat memenuhi kebutuhan asam folat ibu hamil. Asalkan tidak dikonsumsi dalam jumlah berlebih karena dapat menimbun lemak tubuh.

Buah sitrus

Selain enak dan penuh rasa, buah sitrus seperti jeruk, grapefruit, lemon, dan limau kaya akan folat. Buah tersebut dikemas dengan vitamin C, mikronutrien penting yang dapat membantu meningkatkan kekebalan dan membantu pencegahan penyakit. Kamu bisa mengolahnya menjadi jus tanpa gula agar lebih sehat dan menyegarkan.

Hati sapi

Hati sapi adalah salah satu sumber folat yang paling terkonsentrasi. Selain folat, satu porsi hati sapi dapat memenuhi dan melampaui kebutuhan harian Anda akan vitamin A, vitamin B12, dan tembaga. Semua nutrisi tersebut akan membantu janin berkembang dan menjadi lebih sehat.

Asparagus

Asparagus mengandung banyak vitamin dan mineral, termasuk folat. Sekitar setengah cangkir (90 gram) porsi asparagus yang dimasak mengandung sekitar 134 mcg folat. Asparagus juga kaya akan antioksidan dan telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri.

Telur

Telur menjadi makanan termudah yang bisa memberikanmu nutrisi asam folat. Hanya satu telur besar yang mengandung 22 mcg folat. Telur juga mengandung protein, selenium, riboflavin, dan vitamin B12. Akan lebih baik jika konsumsi telur dengan cara direbus agar kandungan nutrisinya tetap utuh.

Biji bunga matahari

Asam folat juga bisa didapat dari mengonsumsi biji bunga matahari. Ibu hamil dan janin akan mendapat perlindungan dari kerusakan sel. Tidak hanya folat, biji bunga matahari juga mengandung zat besi dan vitamin E.

Vitamin yang mengandung asam folat untuk ibu hamil 

Jika kamu tidak bisa mengonsumsi makanan sehat kaya akan folat, kamu bisa mengonsumsi vitamin suplemen sebagai gantinya. Cara ini cukup efektif karena kandungan asam folat yang masuk ke tubuh langsung terukur dosisnya, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Jumlah folat harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah 400 mikrogram (mcg). Wanita dewasa yang sedang merencanakan kehamilan atau bisa hamil disarankan untuk mendapatkan 400 hingga 1.000 mcg asam folat sehari.

Sebelum mengonsumsi vitamin asam folat, pastikan kamu membaca label kemasan produk untuk mengetahui kandungan asam folat di dalamnya. Pastikan juga produk sudah memiliki izin BPOM agar terjamin keamanannya. Jika ingin lebih aman lagi, mintalah saran dokter untuk memilih produk.

Asupan asam folat harus sangat diperhatikan selama masa kehamilan, demi kesehatan ibu dan bayi dalam perut. Konsumsi asam folat dengan rutin dapat membuat bayi lahir sehat dan cerdas karena kebutuhan nutrisi saat janin selalu terpenuhi.

Share artikel ini
Reference