Manfaat Sabun Pepaya untuk wajah
Kecantikan dan Kebugaran

4 Manfaat Sabun Pepaya untuk Wajah yang Wajib Kamu Ketahui!

Putri Aprillia | Januari 7, 2022
Share

Siapa yang tak kenal buah pepaya? Buah ini mengandung banyak vitamin dan gizi yang baik untuk tubuh. Selain rasanya yang nikmat dan bermanfaat bagi kesehatan, buah pepaya ternyata juga memiliki manfaat untuk kecantikan wajah, lho.

Jika kamu ingin merawat kulit wajah, kamu bisa mencoba sabun pepaya. Saat ini, sudah ada banyak produk sabun pepaya yang dijual di pasaran. Nah, kira-kira saja manfaat dari sabun pepaya untuk wajah? Simak ulasannya berikut ini.

Apa kandungan dalam sabun pepaya

Buah pepaya yang ukurannya sedang memiliki kandungan 120 kalori, 2 gram protein, dan 30 gram karbohidrat. Selain itu, pepaya juga mengandung vitamin C yang bagus untuk kesehatan. Namun, tidak hanya itu. Masih ada kandungan lainnya. Kandungan tersebut terdiri atas:

  • Folat
  • Vitamin A
  • Magnesium
  • Tembaga
  • Asam pantotenat
  • Vitamin B
  • Vitamin E
  • Kalium
  • Lutein
  • Vitamin K
  • Kalsium

Selain itu, masih banyak zat-zat lainnya yang ada pada sebuah pepaya.

Manfaat sabun pepaya untuk wajah

Pepaya dikenal sebagai buah yang memberikan pengaruh baik bagi kesehatan badan. Selain bermanfaat untuk kesehatan, buah ini dapat dijadikan sabun yang berguna untuk wajah. Beberapa efek baik yang bisa didapat setelah menggunakan sabun pepaya untuk wajah adalah:

1. Mencerahkan kulit

Buah pepaya memiliki banyak kandungan vitamin C yang sangat bagus untuk mencerahkan kulit. Selain itu, buah pepaya membantu mengangkat sel-sel kulit wajah yang mati yang membuat kulit terlihat kusam. Buah pepaya juga dapat mengatasi bercak-bercak akibat hiperpigmentasi yang membuat kulit lebih gelap. Nah, dengan menggunakan sabun buah pepaya, kulit dapat terlihat lebih segar dan cerah.

2. Menghaluskan kulit

Sabun pepaya untuk wajah juga dapat menghaluskan kulit. Selain mengatasi kulit wajah yang kusam, sabun pepaya juga dapat menghaluskan kulit. Untuk hasil yang maksimal, usahakan menggunakannya secara konsisten.

3. Mengurangi kerutan pada wajah

Sabun pepaya juga dapat berperan sebagai anti aging. Penggunaan sabun pepaya dapat membuat tampilan wajah terlihat lebih muda. Sabun pepaya dapat mengatasi tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan flek hitam. Enzim papain yang ada pada pepaya dapat mempercepat proses regenerasi kulit.

4. Mengatasi kulit berjerawat dan bruntusan

Manfaat sabun pepaya untuk wajah selanjutnya adalah mengatasi kulit jerawat. Pepaya memiliki enzim papain yang terbukti efektif menghancurkan tumpukan keratin yang menyebabkan munculnya jerawat dan bruntusan. Enzim tersebut juga dapat mengangkat sel kulit mati penyumbat pori-pori yang menyebabkan jerawat.

Efek samping sabun pepaya

Meskipun dibuat dari bahan yang natural, tidak semua orang mungkin akan cocok dengan penggunaan sabun pepaya. Hal ini disebabkan karena kandungan bahan lain yang ada pada sabun pepaya kemungkinan bisa memicu timbulnya alergi, seperti bengkak atau benjolan.

Misalnya, jika kamu alergi terhadap pepaya, kamu perlu menghindari penggunaan produk ini. Enzim papain-nya kemungkinan bisa memicu timbulnya alergi. Oleh karena itu, sebelum menggunakan sebuah produk, ada baiknya kamu mengujinya di sebagian kulit kamu. Jika ada reaksi alergi, sebaiknya segera menghentikan penggunaan.

Tips memilih sabun pepaya yang baik dan aman

Bagaimana tertarik menggunakan sabun pepaya untuk kecantikan wajah? Nah, sebelum mulai membeli produk, kami akan memberikan beberapa tips yang perlu kamu pertimbangkan ketika memilih sabun pepaya. Tujuannya agar kamu bisa mendapatkan manfaat enzim papain dengan optimal.

  • Pastikan untuk memilih sabun pepaya yang tidak banyak melibatkan panas selama proses produksinya.
  • Amati bahan-bahan tambahan yang digunakan untuk membuat sabun pepaya tersebut. Kamu perlu memastikan agar bahan yang digunakan memiliki kualitas yang tinggi dan didapatkan secara natural.
  • Pilihlah produk sabun pepaya yang mengandung lemak hewani atau nabati dibandingkan dengan produk yang mengandung SLS.
  • Cari tahu metode apa yang digunakan saat membuat sabun pepaya itu. Ada dua metode yang biasanya digunakan, yaitu netralisasi dan saponifikasi. Sabun pepaya yang dibuat dengan metode saponifikasi biasanya lebih berkualitas karena bahan bakunya sangat diperhatikan.
  • Jangan lupa untuk memeriksa pewangi yang digunakan dalam sabun. Ada yang memanfaatkan bahan dasar sabun, ada juga yang menggunakan pewangi sintetis. Pewangi sintetis yang ditambahkan ke sabun biasanya akan menimbulkan aroma yang menusuk dan kurang nyaman ketika digunakan.

Cara menggunakan sabun pepaya dengan baik

Supaya hasil yang didapat lebih maksimal, kamu dapat menggunakan sabun pepaya pada malam hari. Tepatnya, setelah kamu membersihkan riasan dan kotoran yang menempel di wajah. Gosokkan sabun pepaya di wajah. Diamkan selama beberapa saat supaya enzim papain ada pada pepaya terserap oleh kulit.

Demikian kandungan, cara menggunakan, efek samping, dan manfaat buah pepaya yang sudah kami ulas. Gunakan sabun pepaya dengan konsisten untuk wajah jika kamu menginginkan hasil yang maksimal.

Reference
Share