kondom untuk wanita
Seks & Relationship

Ternyata Ada Kondom untuk Wanita Dan Ini Fungsinya

Imelda Rahmawati | Maret 10, 2022
Share

Kondom untuk wanita mungkin masih jarang terdengar. Kamu mungkin biasa mendengar tentang kondom pria yang juga banyak tersedia di pasaran,

Nah, kondom untuk wanita berfungsi sebagai pencegah terjadinya kehamilan dan penyakit menular seksual. Kondom masuk ke dalam vagina untuk pencegahan kehamilan atau ke dalam anus untuk perlindungan dari PMS.

Kondom wanita

Penampilan alat kontrasepsi ini berbentuk kantong plastik panjang, biasanya terbuat dari nitril atau karet bebas lateks. Kondom ini masuk ke dalam tubuh wanita saat berhubungan seksual. Terdapat cincin fleksibel di kedua ujungnya untuk menahan kondom tetap di tempatnya. Nantinya, kondom akan melapisi dinding vagina dan mengumpulkan air mani dan cairan lainnya.

Apa manfaat kondom wanita

Beberapa wanita dan pasangan mungkin lebih memilih kondom wanita daripada yang dipakai pria karena alasan berikut.

1. Kondom wanita dapat dipasang hingga 8 jam sebelum berhubungan seks, sehingga kamu tidak perlu mengganggu mood bercinta dan tetap beraktivitas seperti biasa.

2. Umumnya terbuat dari bahan yang tidak mengiritasi kulit. Jika kamu memiliki kulit sensitif atau alergi tertentu pada bagian vital, pilihlah kondom dengan bahan khusus.

3. Kamu tidak harus melepasnya segera setelah berhubungan seks, sehingga kamu dapat lebih menikmati momen afterplay.

4. Mencegah penyakit menular. Bahan kondom yang elastis dan kuat akan mencegah kulit saling menempel. Selain itu, bukaan kondom yang lebar akan semakin memperbesar peluang terhindar dari penyakit menular.

5. Karena ukurannya yang besar, jumlah mani yang ditampung juga akan semakin banyak.

Cara memakai dan melepas kondom wanita

Cara memakai kondom wanita terbilang mudah. Bentuknya yang sedikit lebih besar memudahkan pemasangan. Kondom juga dapat dilapisi dengan pelumas untuk memperlancar sesi bercinta.
Berikut ini petunjuk pemasangan kondom wanita.

1. Periksa tanggal kedaluwarsa pada kemasan. Ini penting guna mencegah infeksi. Lalu buka dengan hati-hati dan periksa keadaan kondom. Bila ada lubang atau kerusakan lain, ganti dengan yang lain.

2. Kondom internal sudah dilumasi, tetapi kamu dapat menambahkan lebih banyak pelumas jika mau.

3. Jika kamu memasukkan kondom ke dalam anus, lepaskan cincin bagian dalam. Jika kamu memasukkan kondom ke dalam vagina, biarkan cincin tetap di dalamnya.

4. Rileks dan ambil posisi yang nyaman. Berdiri dengan satu kaki di kursi, berbaring, atau jongkok.

5. Jika masuk ke dalam vagina, rapatkan kedua sisi cincin bagian dalam di ujung kondom yang tertutup dan masukkan seperti tampon. Dorong cincin bagian dalam ke dalam vagina kamu sejauh mungkin, sampai ke leher rahim kamu.

6. Jika akan masuk ke dalam anus, cukup dorong kondom dengan jari.

7. Pastikan kondom tidak terpelintir. Tarik keluar jari kamu dan biarkan cincin luar menggantung sekitar dua setimeter di luar vagina atau anus.

8. Pegang kondom agar terbuka saat penis atau mainan seks masuk ke dalam kondom untuk memastikan kondom tidak tergelincir ke samping di antara kondom dan vagina atau anus.

Selama seks, kondom wanita akan bergerak sedikit, tetapi alat kelamin harus benar-benar dikelilingi oleh kondom setiap saat. Hentikan jika penis keluar dari kondom atau masuk ke dalam vagina atau anus, atau jika lingkar luar terdorong ke dalam vagina atau anus kamu. Jika tidak ada air mani, kamu dapat dengan lembut melepas kondom.

1. Jika ada air mani di kondom, putar cincin luar (bagian yang menggantung) untuk menjaga air mani di dalam kantong.

2. Tarik perlahan keluar dari vagina atau anus, berhati-hatilah agar air mani tidak tumpah jika ada.

3. Buang ke tempat sampah. Jangan pernah berniat menggunakannya untuk dua kali atau lebih.

4. Kondom internal tidak dapat digunakan kembali — gunakan yang baru setiap kali kamu berhubungan seks.

Itulah pengertian dan cara memakai kondom untuk wanita. Apa kamu mau mencobanya, ladies?

Reference
Share