kapan boleh smoothing rambut setelah melahirkan

Smoothing rambut adalah perawatan rambut yang populer untuk mendapatkan rambut lurus dan halus. Proses smoothing melibatkan penggunaan bahan kimia untuk memecah struktur alami rambut dan membentuknya kembali menjadi lurus. Lalu, apakah prosedur ini aman untuk ibu hamil? Kapan boleh smoothing rambut setelah melahirkan?

Bagi ibu hamil, ada beberapa risiko jika melakukan smoothing rambut sehingga baiknya dihindari, seperti paparan bahan kimia, iritasi kulit, mual, serta muntah. Lantas, bagaimana setelah melahirkan? Apakah perawatan keratin rambut aman untuk ibu menyusui?

Kapan boleh smoothing rambut setelah melahirkan?

Secara umum, tidak ada waktu yang pasti kapan boleh smoothing rambut setelah melahirkan. Namun, kamu bisa mempertimbangkan beberapa faktor berikut sebelum melakukan perawatan rambut tersebut:

  1. Kondisi kesehatan ibu: Pastikan ibu sudah pulih sepenuhnya dari proses persalinan dan tidak mengalami komplikasi kesehatan.
  2. Kondisi menyusui: Jika ibu menyusui, sebaiknya tunggu hingga ASI sudah tidak eksklusif (bayi sudah mulai makan makanan pendamping ASI) untuk menghindari paparan bahan kimia pada ASI.
  3. Kondisi rambut: Pastikan rambut ibu dalam kondisi yang sehat dan tidak rontok parah.
  4. Jenis produk smoothing: Pilihlah produk smoothing rambut yang aman untuk ibu menyusui dan bebas bahan kimia berbahaya.

Sering Catokan Bikin Rambut Patah? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya, Yuk!

Apakah keratin rambut aman untuk ibu menyusui?

apakah keratin rambut untuk ibu menyusui setelah melahirkan

Produk keratin rambut mengandung bahan kimia seperti formaldehida, yang dapat berbahaya bagi kesehatan ibu menyusui dan janin. Formaldehida telah dikaitkan dengan peningkatan risiko cacat lahir, kanker, dan masalah pernapasan.

Tak hanya itu, bahan kimia dalam produk keratin rambut dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala dan wajah, terutama pada ibu menyusui yang lebih sensitif terhadap bahan kimia.

Baunya yang menyengat dari bahan kimia keratin rambut juga dapat menyebabkan mual dan muntah pada ibu menyusui yang sensitif terhadap bau.

Meskipun demikian, keratin rambut tetap bisa dilakukan bila kamu memilih produk yang aman, salon terpercaya, dan berkonsultasi kembali dengan dokter untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.


Penulis: Nabila Ramadhani

Share artikel ini
Reference