gejala stroke ringan seperti apa penyebabnya

Stroke ringan terjadi ketika aliran darah ke bagian otak terganggu sementara, dikenal dalam bidang medis sebagai transient ischemic attack (TIA). Meskipun gejala stroke muncul, kondisi ini hanya berlangsung singkat, yakni dalam waktu maksimal 24 jam.

Stroke ringan tidak merusak jaringan otak secara permanen atau menyebabkan kecacatan yang berlangsung lama. Gejala stroke ringan meliputi kesulitan berbicara, kelemahan atau mati rasa pada satu sisi tubuh, masalah berjalan, dan gangguan penglihatan.

Lantas, gejala stroke ringan seperti apa penyebabnya? Yuk ketahui berbagai penyebabnya di bawah ini!

Gejala stroke ringan

obat stroke

Gejala TIA mungkin hanya bersifat sementara dan tidak menimbulkan kerusakan jangka panjang, sehingga banyak orang cenderung meremehkannya.

Makna dari akronim FAST adalah sebagai berikut:

  • Wajah (Face) – Menurun di satu sisi sehingga menyebabkan sulitnya tersenyum, atau bagian mulut atau mata menurun.
  • Lengan (Arms) – Tidak mampu mengangkat kedua lengan atau mempertahankannya karena terjadi kelemahan atau mati rasa pada salah satu lengan.
  • Ucapan (Speech) – Saat bicara mungkin menjadi tidak jelas atau kacau, atau bahkan seseorang mungkin tidak dapat berbicara meskipun mereka terlihat sadar; mereka juga mungkin mengalami kesulitan memahami ucapan orang lain.
  • Waktu (Time) – Segera menghubungi dokter jika kamu melihat salah satu tanda atau gejala ini.

Gejala stroke ringan seperti apa penyebabnya? stroke ringan juga bisa menyebabkan berbagai hal berikut ini:

  • Penurunan tingkat kesadaran
  • Pusing
  • Gangguan pengecapan atau perubahan rasa pada lidah
  • Gangguan indera penciuman
  • Kelemahan atau mati rasa pada satu sisi tubuh atau wajah; letak di otak yang terkena akan menentukan di mana persisnya kelemahan tersebut terjadi.
  • Kebutaan sementara pada area mata

Pada individu yang mengalami stroke ringan, bisa terjadi sementara ketidakmampuan dalam berbicara. Setelah serangan stroke ringan, beberapa orang juga melaporkan kepada dokter menghadapi kesulitan mengingat kata-kata.

Gangguan lain yang dapat mengindikasikan stroke ringan termasuk kesulitan dalam berbicara atau memahami kata-kata. Kondisi ini dikenal dengan istilah disfasia. Bahkan, dalam beberapa kasus, disfasia bisa menjadi satu-satunya gejala dari stroke ringan.

Mulai Dari Stroke Hingga Alergi, Ini Bahaya Santan Bagi Tubuh

Sementara pada beberapa kasus, stroke ringan dapat muncul sebagai gangguan penglihatan yang dikenal sebagai kebutaan sementara pada salah satu mata.

Penglihatan pada mata tersebut tiba-tiba menjadi redup atau kabur. Keadaan ini mungkin berlangsung dalam jangka waktu beberapa detik atau menit. Selain itu, terkena paparan cahaya terang juga dapat memperburuk keadaan kebutaan sementara ini.

Penyebab stroke ringan

penyebab dan cara mengobati stroke telinga

Gejala stroke ringan seperti apa penyebabnya? salah satu penyebab utama stroke adalah tekanan darah tinggi, oleh karena itu jika kamu memiliki hipertensi atau tekanan darah tinggi, sangat penting untuk secara teratur mengendalikan tekanan darah kamu.

Jika memungkinkan, disarankan memiliki alat pengukur tekanan darah di rumah untuk memantau tekanan darah kamu. Terkadang, tekanan darah dapat lebih tinggi dari biasanya ketika kamu berada di dokter karena kecemasan selama pemeriksaan.

Dengan memantau tekanan darah di rumah, dokter dapat memiliki penilaian yang lebih akurat dan lebih efektif dalam menyesuaikan pengobatan tekanan darah kamu.

Jika kamu mengalami gejala seperti kebingungan, pusing, kurangnya koordinasi, atau gangguan berjalan, segera periksa tekanan darah kamu.

Tekanan darah tinggi dapat merusak dinding bagian dalam arteri, berpotensi membuat plak yang sudah ada menjadi pecah dan membentuk bekuan darah yang dapat menghalangi aliran darah di arteri. Mekanisme ini bisa menyebabkan stroke ringan.

Ada faktor risiko lain yang juga dapat meningkatkan kemungkinan TIA dan stroke, seperti:

  1. Kadar kolesterol yang tinggi
  2. Diabetes
  3. Kebiasaan merokok
  4. Kegemukan
  5. Fibrilasi atrium atau denyut jantung tidak teratur

Menurut sebuah penelitian menyebutkan, bahwa:

  • Pria cenderung lebih rentan mengalami stroke ringan daripada perempuan.
  • Usia lanjut juga memengaruhi risiko, di mana orang yang lebih tua memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan yang lebih muda.
  • Serangan stroke ringan dilaporkan paling sering terjadi pada hari Senin.

Apa yang harus dilakukan jika terkena stroke ringan?

Jika tidak ditangani dengan baik, kondisi ini dapat berkembang menjadi stroke akut atau bentuk yang lebih serius.

Gejala stroke ringan seperti apa penyebabnya? sering kali sebagai tanda peringatan awal akan kemungkinan stroke. Sekitar satu dari tiga individu yang mengalami stroke ringan kemungkinan akan menghadapi risiko stroke jangka panjang.

Ancaman stroke sangat besar dalam 48 jam setelah serangan stroke ringan terjadi. Karena itu, mendapatkan penanganan yang cepat dan akurat saat mengalami gejala stroke ringan sangatlah penting. Tindakan pertama yang harus diambil adalah berkonsultasi dengan dokter saraf.

Dokter akan melakukan beberapa tes untuk mengonfirmasi diagnosis, termasuk MRI atau CT scan. Tes tambahan seperti pemantauan irama jantung, MRA, dan CT angiografi (CTA) mungkin diperlukan untuk menemukan penyebab dari serangan stroke ringan.

Setelah itu, dokter akan menangani gejala stroke sesuai dengan penyebabnya. Pendekatan pengobatan untuk stroke ringan mungkin melibatkan pemberian obat untuk mencegah pembekuan darah atau rekomendasi tindakan bedah untuk menghilangkan penyumbatan atau plak.

Secara alami, stroke ringan bisa sembuh tanpa perlu intervensi medis. Pasien dapat pulih dengan cepat, biasanya dalam waktu beberapa menit hingga sekitar 24 jam.

__

Penulis: Annisa Sukarno

Share artikel ini
Reference