sancoidan obat untuk apa

sancoidan obat untuk apa

Di zaman sekarang ini, obat herbal masih dipercaya mampu mengobati masalah kesehatan tertentu, termasuk sancoidan yang dikenal bisa meningkatkan daya tahan tubuh. 

Sesuai jenisnya, obat sancoidan yang termasuk herbal ini terbuat dari bahan-bahan alami, seperti tumbuhan, buah, biji-bijian, akar, daun, kulit kayu, dan bahan lainnya yang terbukti berkhasiat untuk kesehatan.

Selain itu, obat herbal juga telah digunakan sejak ribuan tahun lalu untuk pengobatan berbagai penyakit, lho.

Keuntungan utama penggunaan obat herbal adalah karena bahan-bahan alami yang digunakan, sehingga dianggap lebih aman dan memiliki efek samping lebih sedikit. 

Selain itu, obat herbal sering diklaim memiliki keefektifan yang sama atau bahkan lebih baik jika dibandingkan dengan obat-obatan medis.

Oleh karena itu, yuk ketahui tentang seberapa efektifnya obat sancoidan di penjelasan berikut ini!

Sancoidan obat untuk apa?

Nah, sancoidan adalah jenis suplemen atau obat herbal dari Laminaria japonica untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara umum.

Kandungan Laminaria japonica tersebut adalah spesies rumput laut cokelat yang tumbuh di perairan dangkal di sepanjang pantai Korea, Jepang, dan Tiongkok. 

Rumput laut ini sering digunakan dalam industri makanan dan obat-obatan karena kandungan nutrisinya yang kaya, termasuk protein, serat, mineral, dan vitamin.

Di Korea, Laminaria japonica biasa diolah menjadi mi rumput laut yang populer sebagai makanan sehat. 

Di Jepang, biasanya dimakan sebagai salad atau dimasak bersama dengan nasi, sedangkan di Tiongkok sering digunakan sebagai bahan herbal untuk pengobatan tradisional.

Laminaria japonica juga telah diteliti mengenai potensi manfaat kesehatannya, seperti efek antiinflamasi, antioksidan, dan penurunan kadar kolesterol darah. 

Namun, perlu dicatat bahwa seperti obat herbal lainnya, penggunaan obat sancoidan harus selalu berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal terpercaya untuk memastikan keamanan dan keefektifannya.

Sebagai suplemen tablet, ini dia beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika mengonsumsi obat sancoidan yang mengandung Laminaria.

  • Meningkatkan kesehatan kulit kepala dan rambut dengan pertumbuhan rambut, mengurangi ketombe, dan mengurangi peradangan kulit kepala.
  • Mengurangi stres oksidatif dan meningkatkan fungsi hati.
  • Mencegah obesitas dan diabetes.
  • Mengobati infeksi listeria atau infeksi bakteri bawaan makanan.
  • Meningkatkan kesehatan pencernaan dengan bertindak sebagai pencahar pembentuk massa.
  • Mempercepat persalinan.

Dosis obat sancoidan

Dikarenakan obat sancoidan termasuk vitamin atau suplemen, jadi tidak ada dosis yang berbeda-beda untuk setiap kondisi. 

Kamu bisa minum obat ini dengan dosis 3 kali sehari dengan 1 tablet. Kamu juga diperbolehkan untuk minum air putih selama menelan obat sancoidan.

Nah, obat satu ini bekerja dengan cara membentuk gel yang kental dan lengket saat bersentuhan dengan air. 

Efek samping obat sancoidan

Bat sancoidan yang mengandung laminaria umumnya dikonsumsi dalam makanan. Namun, jika kamu mengonsumsi suplemennya dalam jangka pendek, maka masih tergolong aman.

Hanya saja, lain hal jika kamu mengonsumsi obat ini lebih dari dosis yang dianjurkan. Sebab, suplemen berbasis laminaria rata-rata mengandung yodium sebanyak 1000 mcg. Nah, mengonsumsi lebih dari 1100 mcg yodium setiap hari dapat menyebabkan masalah tiroid.

Itu dia penjelasan mengenai obat herbal sancoidan yang banyak dipakai kebanyakan orang saat ini. 

Kamu tertarik mengonsumsinya? Bila ya, maka bisa menyesuaikan dengan kondisi kesehatan yang sedang dialami, ya. Semoga penjelasan di atas membantu.


Penulis: Nabila Ramadhani

Share artikel ini
Reference