kapan sebaiknya minum susu ibu hamil

Minum susu saat hamil sangat penting, karena saat hamil tubuh membutuhkan nutrisi lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Susu jadi salah satu asupan nutrisi yang baik untuk ibu hamil, karena banyak mengandung vitamin A, B1, D, potasium, magnesium, dan folat.

Akan tetapi, juga ibu hamil yang merasa mual saat mencium bau susu. Apalagi di trimester pertama kehamilan mual dan muntah sering muncul. Lantas, kapan sebaiknya minum susu ibu hamil? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Susu ibu hamil

Ibu hamil disarankan untuk meningkatkan asupan makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan. Selain makanan untuk ibu hamil, asupan minuman seperti susu juga dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari.

Susu bisa dikatakan sebagai minuman pelengkap yang memberikan kontribusi cukup banyak energi dan nutrisi selama kehamilan. Pemenuhan asupan nutrisi dari makanan dan minuman, termasuk susu, juga dapat membantu kamu mencapai berat badan yang ideal dan sehat selama kehamilan.

Itu sebabnya, kamu mungkin sering mendengar anjuran untuk minum susu khusus saat hamil. Apalagi karena susu mengandung berbagai nutrisi yang tidak hanya penting bagi ibu, tetapi juga untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan.

Susu kaya akan kalsium yang sangat dibutuhkan tubuh selama kehamilan, terutama untuk mengoptimalkan perkembangan tulang dan gigi janin. Tak hanya kalsium, nutrisi lain juga dibutuhkan dalam ASI ibu hamil. Otomatis, kebutuhan berbagai nutrisi selama kehamilan meningkat dibandingkan sebelum hamil.

Manfaat susu ibu hamil

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat susu hamil yang bisa dirasakan baik oleh ibu maupun janin dalam kandungan:

1. Memiliki kandungan gizi lengkap

Susu hamil lebih unggul dari segi kandungan gizi. Hal ini karena ASI dilengkapi dengan zat besi, seng, kalsium, fosfor, vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, D, dan E, serta asam folat. Tidak hanya itu, susu hamil juga memiliki kandungan AA serta DHA yang telah disesuaikan kebutuhan ibu hamil.

2. Rendah lemak dan kolesterol

Saat hamil, susu rendah lemak dan kolesterol menjadi pilihan yang tepat. Nah, kandungan dari susu khusus ini rupanya memiliki lemak dan kolesterol yang lebih sedikit dibanding susu biasa. Hal ini membuat ibu hamil terhindar dari ancaman kolesterol tinggi, asalkan susu hamil dikonsumsi dalam dosis yang tepat.

3. Meningkatkan kualitas air ketuban

Kualitas air ketuban berperan penting bagi kelangsungan hidup janin selama dalam kandungan. Untuk menjaga kualitas air ketuban agar kesehatan dan pertumbuhan janin tetap optimal, salah satu asupan yang bisa kamu konsumsi adalah susu ibu hamil.

Untuk mendapat banyak manfaat susu hamil dalam hal ini, kamu harus memadukan konsumsinya dengan menu yang sehat dan bergizi seimbang. Sebaiknya, terapkan gaya hidup lebih sehat dan bersih.

4. Mengoptimalkan fungsi plasenta

Susu hamil juga dapat bermanfaat untuk mengoptimalkan fungsi plasenta. Plasenta sendiri merupakan saluran untuk nutrisi ibu dengan janin yang ada dalam kandungan. Dengan terjaganya fungsi plasenta, janin tidak akan kekurangan asupan nutrisi sehingga pertumbuhannya tetap optimal.

5. Mendukung perkembangan saraf janin

Serangkaian kandungan nutrisi dalam susu hamil dapat mendukung perkembangan saraf janin. Kandungan asam folat dalam susu ibu hamil yang telah disesuaikan dengan kebutuhan selama kehamilan terbukti dapat mengurangi risiko cacat tabung saraf.

6. Mendukung pertumbuhan tulang dan gigi bayi

Mengonsumsi susu hamil dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D. Hal ini dapat mendukung pembentukan tulang dan gigi janin.

7. Menurunkan risiko osteoporosis pada ibu

Saat hamil, kamu membutuhkan lebih banyak kalsium untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Jika ibu hamil tidak dapat memenuhi kebutuhan kalsium selama kehamilan, risiko osteoporosis atau pengeroposan tulang bisa lebih tinggi.

Kapan sebaiknya minum susu ibu hamil?

Ibu hamil disarankan untuk mulai minum susu hamil pada usia kehamilan 3 bulan atau selama trimester 1. Pasalnya, pada usia 3 bulan atau trimester 1, janin mulai tumbuh dan berkembang, sehingga akan membutuhkan asupan nutrisi yang cukup.

Kamu akan dianjurkan untuk minum 3 gelas susu per hari. Susu hamil tidak hanya sebagai pelengkap untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi ibu hamil, tetapi juga berperan penting dalam menyediakan nutrisi yang dibutuhkan oleh janin.

Nutrisi tersebut misalnya seperti kalsium, protein, fosfor, kalium, AHA, DHA, vitamin D, hingga asam folat. Kandungan nutrisi tersebut menjadikan susu sebagai salah satu minuman terbaik untuk dikonsumsi ibu.

Susu untuk ibu hamil juga tidak hanya bisa diminum pada usia kehamilan muda atau trimester pertama, tetapi juga dibutuhkan saat usia kehamilan sudah memasuki trimester kedua hingga trimester ketiga.

Pada dasarnya, kapan sebaiknya minum susu ibu hamil adalah saat trimester 1, atau usia kehamilan 3 bulan. Hal ini karena janin mulai berkembang dan membutuhkan nutrisi yang baik dan cukup.

Share artikel ini
Reference