penyakit lipoma

Lipoma adalah benjolan jaringan berbentuk bulat atau oval yang tumbuh tepat di bawah kulit dan termasuk tumor jaringan lunak jinak. Lipoma terbuat dari lemak, mudah bergerak saat kamu menyentuhnya dan biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Penyakit lipoma dapat muncul di mana saja di tubuh, tetapi paling umum di punggung, batang tubuh (batang tubuh), lengan, bahu, dan leher.

Lipoma sangat umum terjadi. Sekitar 1 dari setiap 1.000 orang memiliki lipoma. Lipoma paling sering muncul antara usia 40 dan 60 tahun, tetapi lipoma dapat berkembang pada usia berapa pun. Penyakit ini bisa dialami semua jenis kelamin, tetapi lebih sedikit dialami oleh wanita.

Apakah lipoma bisa disembuhkan?

Lipoma adalah tumor jinak tanpa rasa sakit yang terdiri dari lemak yang dapat dibiarkan jika tidak mengganggu. Namun, jika kamu ingin menghilangkannya, ada dua prosedur klinis yang melayani tujuan itu:

  • Operasi kecil dapat mengeluarkan semua jaringan lemak dan merupakan satu-satunya cara untuk menghilangkan lipoma sepenuhnya
  • Sedot lemak melibatkan penggunaan jarum dan alat suntik besar untuk menyedot jaringan lemak. (18)

Kedua prosedur meninggalkan bekas luka. Dalam beberapa kasus, lipoma dapat berkembang lagi di dekat tempat aslinya muncul.

Penyebab dan faktor risiko

Dokter tidak sepenuhnya memahami apa yang menyebabkan lipoma.Beberapa orang mewarisi gen yang salah dari orang tua mereka yang dapat menyebabkan satu atau lebih lipoma. Ini jarang terjadi dan dikenal sebagai lipomatosis multiple familial.

Faktor-faktor berikut dapat membuat kamu lebih rentan terhadap lipoma:

  • Kegemukan
  • Alkoholisme
  • Penyakit hati
  • Intoleransi glukosa (19)

Gejala Lipoma

Seseorang dengan lipoma biasanya akan merasakan benjolan lunak berbentuk oval tepat di bawah kulit. Lipoma biasanya tidak menimbulkan rasa sakit kecuali jika menyerang sendi, organ, saraf, atau pembuluh darah. Dalam kebanyakan kasus, mereka tidak menyebabkan gejala lain.

Seseorang dengan lipoma yang terjadi lebih dalam di bawah kulit mungkin tidak dapat melihat atau merasakannya. Namun, lipoma yang dalam dapat memberi tekanan pada organ dalam atau saraf dan menyebabkan gejala terkait. Misalnya, seseorang dengan lipoma di atau dekat usus mungkin mengalami mual, muntah, dan sembelit.

Implikasi kesehatan

Lipoma merupakan massa sel lemak jinak. Namun, para ahli tidak setuju tentang apakah lipoma berpotensi menjadi kanker atau tidak. Massa sel lemak yang bersifat kanker dikenal sebagai liposarcoma.

Berdasarkan penelitian, banyak ahli menyimpulkan bahwa liposarcomas tidak berkembang dari lipoma tetapi sebenarnya merupakan jenis tumor yang berbeda. Mereka percaya bahwa dokter terkadang salah mengira liposarkoma sebagai lipoma.

Sebaliknya, para ahli lain berpikir bahwa lipoma mungkin mengandung sel kanker dan pra-kanker, tetapi sangat jarang lipoma menjadi kanker.

Cara mengobati lipoma

Satu-satunya cara untuk menghilangkan lipoma sepenuhnya adalah melalui operasi, tetapi sejumlah solusi alami dapat membantu mengecilkannya. Namun, perlu diingat bahwa pengobatan ini cenderung bekerja lambat dan harus digunakan secara konsisten selama berbulan-bulan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Jadi, bersabarlah.

  1. Campuran minyak kemenyan dan minyak jarak

Campuran minyak kemenyan dan minyak jarak dapat membantu mengelola lipoma. Minyak kemenyan mengandung asam boswellic, yang menunjukkan sifat antitumor yang dapat membantu mengecilkan lipoma. Ini juga merupakan agen anti-inflamasi yang dapat membantu menurunkan pembengkakan yang terkait dengan benjolan tersebut.

Minyak jarak memiliki sifat penyembuhan kulit dan dapat digunakan dengan aman dalam aplikasi farmasi. Komponen utamanya adalah asam risinoleat, yang menunjukkan efek anti tumor.

Karena minyak jarak menembus jauh ke dalam kulit dengan cukup mudah, mencampurnya dengan bahan aktif lainnya seperti minyak kemenyan akan meningkatkan penyerapannya juga. Dengan demikian, kombinasi kedua minyak ini mungkin lebih efektif dalam membatasi pembentukan gumpalan.

Cara menggunakannya, campur minyak kemenyan dengan minyak kelapa atau minyak jarak dan pijat ke daerah yang terkena.

  1. Campuran minyak nimba dan minyak biji rami/salep dasar teh

Minyak nimba dan minyak biji rami bila digunakan bersama-sama dapat membantu mengelola lipoma. Penelitian telah menunjukkan bahwa mimba menunjukkan aktivitas anti-tumor, yang dapat digunakan untuk mengobati lipoma. Plus, ia memiliki efek anti-obesitas, sehingga membantu mengurangi timbunan lemak di dalam tubuh, yang berhubungan dengan pembentukan lipoma.

Minyak biji rami sarat dengan asam lemak esensial (EFA) yang mengekang peradangan dan meningkatkan penyembuhan luka. Bahan ini juga dikreditkan dengan efek antitumor.

Cara menggunakannya, campurkan 1 sendok teh biji rami dalam 2-3 sendok makan minyak nimba atau minyak biji rami. Oleskan campuran tersebut ke lipoma. 

Cara lain menggunakan biji rami adalah mencampurnya dengan teh hijau. Teh hijau penuh dengan antioksidan yang memberikan efek anti-inflamasi dan penyembuhan kulit. Selain itu, diketahui memiliki efek anti-obesitas karena menghambat penumpukan lemak di dalam tubuh, yang merupakan kontributor utama perkembangan lipoma.

Campurkan 1 sendok teh biji rami dalam 1-2 sendok makan teh hijau dingin untuk membuat pasta, dan oleskan ke lipoma. Kamu juga dapat mengkonsumsi teh hijau untuk mencegah timbunan lemak lebih lanjut.

  1. Pasta kunyit

Kunyit terkenal dengan berbagai khasiat penyembuhannya, yang sebagian besar dapat ditelusuri kembali ke komponen utamanya yang disebut kurkumin. Curcumin telah berhasil digunakan untuk mengatasi peradangan, tumor, dan kondisi kulit menular. Ini menunjukkan bahwa itu bisa menjadi bantuan yang berguna dalam pengobatan lipomatosis juga.

Campurkan beberapa tetes minyak zaitun dengan 1 sendok teh kunyit untuk membuat pasta yang lembut. Oleskan pasta ke lipoma dan tutup dengan perban untuk menghindari noda kunyit.

  1. Campuran sage kering dan minyak nimba

Sage dikenal dengan efek antioksidan, anti-inflamasi, antitumor, dan anti-obesitas, yang semuanya dapat membantu mengurangi ukuran dan terjadinya lipoma. Ia dapat menghambat penumpukan lemak di dalam tubuh untuk mencegah pembentukan dan pertumbuhan lipoma, terutama jika Anda menderita kadar kolesterol tinggi.

Masukkan -1 sendok teh sage kering ke dalam mangkuk dan campur dengan 2-3 sendok makan minyak nimba atau minyak biji rami untuk membuat pasta. Lalu oleskan pasta ke lipoma.

  1. Cedar putih timur / cedar putih utara / Arborvitae cedar merah

Thuja occidentalis, juga dikenal sebagai cedar putih timur, diketahui memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antikanker. Ini menjelaskan mengapa banyak digunakan dalam pengobatan homeopati. Thuja kadang-kadang digunakan untuk mengobati pertumbuhan abnormal pada kulit seperti kutil dan tumor sepon, dan mungkin terbukti membantu dalam melarutkan benjolan lemak seperti lipoma.

Caranya campur ekstrak thuja dalam air untuk membuat pasta. Kemudian, oleskan pasta ke penyakit lipoma tiga kali setiap hari sampai benjolan larut.

Share artikel ini
Reference