omepros obat untuk apa

omepros obat untuk apa

Ada berbagai obat atau vitamin untuk memenuhi kebutuhan omega 3, 6, dan 9, salah satunya omepros.

Asupan seimbang dari omega 3, omega 6, dan omega 9 dapat membantu dalam menjaga kesehatan jantung, mengurangi inflamasi, dan memperbaiki kesehatan kulit. 

Lantas, bagaimana cara menggunakan obat omepros? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Omepros obat untuk apa?

Jadi, omepros merupakan salah satu obat atau vitamin yang mengandung ketiga jenis omega tersebut.

Omepros adalah jenis kapsul yang mengandung omega 3, 6, 9, DHA, EPA, serta vitamin E. Dengan mengonsumsinya, kita bisa mengurangi risiko lemak darah.

Omega 3 sendiri terdiri dari eicosapentaenoic acid dan docosahexaenoic acid yang dikenal dapat memperkuat sistem kardiovaskular serta menurunkan risiko penyakit jantung. 

Selain itu, omega 3 juga dapat membantu dalam meningkatkan fungsi otak, mengurangi inflamasi, dan memperbaiki kesehatan kulit.

Sedangkan untuk omega 6 diperlukan dalam pembentukan prostaglandin yang dapat membantu proses peradangan dan pembekuan darah.

Namun, asupan yang berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kalau omega 9, kandungan ini dikenal dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan meningkatkan kesehatan jantung. 

Kandungan obat omepros

Ini dia beberapa kandungan dalam obat omepros yang perlu kamu ketahui.

  • Minyak salmon 150 mg
  • Minyak biji rami 150 mg
  • Minyak zaitun 100 mg
  • Minyak kanola 200 mg
  • Minyak safflower 50 mg
  • Black currant seed oil 800 mg
  • Vitamin E 15 IU

Dengan berbagai kandungan di atas, berikut manfaat dari mengonsumsi obat omepros untuk tubuh.

  • Mengurangi risiko penyakit jantung

Lemak omega 3 umumnya direkomendasikan untuk kesehatan jantung. Singkatnya, kandungan nutrisi tersebut dapat menurunkan kadar trigliserida darah dan meningkatkan kolesterol HDL atau baik sebesar 7,6%.

  • Mengurangi risiko kelahiran prematur

Melahirkan bayi sebelum usia kehamilan 34 minggu dianggap sebagai kelahiran prematur dini dan meningkatkan risiko bayi mengalami masalah kesehatan. 

Namun, bila kamu mengonsumsi suplemen atau vitamin yang mengandung omega atau asam lemak dalam jumlah cukup, hal tersebut dapat teratasi. 

  • Melawan peradangan

Meningkatkan asupan DHA atau asam lemak dapat membantu menyeimbangkan kelebihan lemak dari omega 6. 

Nah, sifat anti-inflamasi dari DHA ini dapat mengurangi risiko penyakit kronis yang umum terjadi seiring bertambahnya usia, seperti penyakit jantung dan gusi dan memperbaiki kondisi autoimun, seperti artritis reumatoid yang menyebabkan nyeri sendi.

  • Mengurangi risiko kanker

DHA dapat mengurangi risiko kanker karena efek anti-inflamasinya. Hal ini sudah tidak mengherankan karena asupan lemak omega 3 yang lebih tinggi berkaitan dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker kolorektal, pankreas, payudara, dan prostat.

  • Memperlambat gejala Alzheimer

Penelitian telah menunjukkan bahwa seseorang dengan penyakit Alzheimer memiliki tingkat DHA yang lebih rendah di otak. Namun, suplemen dengan kandungan asam lemak bisa membantu memperlambat gejala Alzheimer sebelum fungsi otak menurun secara signifikan.

  • Menurunkan tekanan darah

Keberadaan asam lemak dapat mendukung aliran darah atau sirkulasi menjadi lancar sehingga meningkatkan fungsi endotel atau kemampuan pembuluh darah untuk melebar. 

  • Meningkatkan kesuburan lelaki

Asupan lemak dalam makanan memengaruhi kesehatan sperma dan hampir 50% kasus infertilitas disebabkan oleh faktor kesuburan lelaki. 

Padahal nyatanya, DHA rendah menjadi penyebab paling umum dari sperma berkualitas rendah dan sering ditemukan pada lelaki dengan masalah infertilitas. 

Dengan mengonsumsi omepros yang mengandung asam lemak, kamu dapat mengurangi risiko tersebut.

Dosis obat omepros

Lantas, bagaimana untuk dosis obat omepros? Nah, kamu dapat mengonsumsi kapsul ini sebanyak 3 kali per hari. 

Obat ini dapat dikonsumsi oleh usia mulai dari 18 tahun. Hindari mengonsumsi obat kurang atau lebih dari dosis yang dianjurkan untuk hasil maksimal.

Nah, itu dia beberapa penjelasan mengenai apa itu dan untuk apa obat omepros. Kamu bisa mengandalkan tablet satu ini bila kekurangan nutrisi omega di dalam tubuh. 

Namun, untuk selengkapnya, kamu dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Share artikel ini
Reference