Microgest merupakan obat keras yang harus didapat dengan resep dokter, obat ini biasanya untuk mengatasi gangguan yang berkaitan dengan kekurangan progesteron. Obat ini mengandung micronized progesterone.

Gangguan yang biasanya timbul akibat kekurangan hormon ini adalah siklus haid yang tidak teratur, dan tidak haid. Kekurangan progesteron juga dapat mengganggu kehamilan kamu.

Biasanya, obat ini akan direkomendasikan dokter apabila seorang wanita telat menstruasi. Lantas, microgest 100 mg obat apa? dan apa manfaat obat microgest? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Microgest 100 mg obat apa?

Ternyata, obat microgest tidak hanya digunakan untuk mengatasi permasalahan menstruasi. Obat ini juga dapat meningkatkan hormon progesteron yang merangsang dan mengatur berbagai fungsi tubuh, khususnya sistem reproduksi pada wanita.

Pada dasarnya, obat ini digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kekurangan hormon progesteron yang bisa berdampak pada siklus haid yang tidak teratur, hingga digunakan untuk mengurangi timbulnya gejala menopause.

Tidak hanya itu, obat microgest atau progesteron bisa menurunkan risiko kanker rahim, lho. Caranya, progesteron akan ditambahkan pada terapi penggantian hormon estrogen.

Efektif Atasi Infeksi, Kenali Fungsi Obat Thiamphenicol

Cara konsumsi obat microgest juga cukup beragam. Biasanya dokter akan memberitahukan dosis atau takaran yang tepat untuk dikonsumsi. Pasalnya, setiap masalah yang dialami oleh setiap orang berbeda-beda sehingga dosis dan penggunaannya pun menyesuaikan.

Manfaat microgest 100

Memang, pada dasarnya obat ini digunakan untuk seorang wanita yang kekurangan hormon progesteron. Namun ternyata, ada banyak manfaat obat microgest 100 mg ini, antara lain:

  • Mengatasi amenore atau tidak ada periode haid
  • Terapi penggantian hormon (HRT).
  • Mengatasi infertilitas atau gangguan kesuburan
  • Penebalan endometrium yang tidak normal (hiperplasia endometrium) dan berkurangnya perdarahan vagina pada wanita premenopause dengan hiperplasia endometrium non-kanker.
  • Nyeri payudara (mastodynia). Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi progesteron tampaknya mengurangi nyeri dan nyeri payudara pada wanita dengan penyakit payudara non-kanker.
  • Mengurangi risiko kelahiran prematur

Namun, obat microgest ini tidak bisa dikonsumsi semua orang ya. Ada pantangan bagi orang yang mengkonsumsi obat microgest yaitu :

  1. Pendarahan yang berlebihan di area vagina
  2. Riwayat kanker payudara
  3. Masalah hati
  4. Alergi kacang
  5. Sedang hamil
  6. Memiliki masalah jantung
  7. Baru saja mengalami keguguran atau aborsi

Jadi, tidak semua orang bisa melakukan microgest. Oleh karena itu, sebelum mengkonsumsinya, ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai masalah yang kamu alami.

Termasuk Obat Keras, Sebenarnya Spasminal Obat Apa?

Selain itu usahakan untuk jujur pada dokter tentang penyakit yang kamu derita ya. Contohnya termasuk masalah jantung, asma, dan diabetes.

Alasannya agar dokter dapat mengetahui obat yang tepat untuk diminum atau dosis yang tepat untuk kamu.

Selain itu, microgest 100 mg obat apa? juga sebenarnya bermanfaat untuk ibu hamil adalah untuk menguatkan kandungan.

Obat ini bekerja dengan cara memperkuat proses penempelan embrio pada dinding rahim hingga plasenta terbentuk lebih sempurna. Untuk konsumsi obat ini juga harus sesuai dengan resep dokter.

Dosis obat

Pastikan konsumsi sesuai dengan petunjuk dokter
Dosis umum: 2-3 kapsul setiap hari sesuai anjuran
Selain itu, dosis penggunaan obat ini bervariasi berdasarkan indikasi dan kebutuhan pasien.

Cara mengonsumsi obat microgest 100 mg

obat zeniton

Ikuti anjuran dokter dan baca keterangan yang tertera pada kemasan kapsul microgest 100 mg. Jangan menambah atau mengurangi dosis kamu tanpa berkonsultasi dengan dokter kamu terlebih dahulu.

Kapsul Microgest 100 mg sebaiknya dikonsumsi pada malam hari atau sebelum tidur. Telan kapsul dengan air biasa. Periksakan diri ke dokter secara rutin selama menggunakan obat ini agar perkembangan kondisinya dapat terkontrol.

Selama menggunakan progesteron, dianjurkan untuk memeriksakan payudara secara mandiri (breast self-examination atau SADARI) dan melakukan pemeriksaan ginekologi secara rutin ke dokter.

Efek samping obat microgest 100

Apa efek samping dari microgest? Berikut adalah beberapa efek sampingnya:

  • Nyeri dada
  • Pusing atau sakit kepala
  • Sembelit
  • Bengkak
  • Bengkak pada tangan atau kaki
  • Nyeri sendi
  • keputihan
  • Jerawat muncul
  • Penambahan berat badan

Microgest 100 mg obat apa? pada dasarnya, sering digunakan untuk membantu mengatasi masalah siklus haid wanita.

Biasanya, secara bertahap jika konsumsi obat ini dilakukan sesuai anjuran yakni selama 10 hingga 12 hari, kamu akan mengalami haid. Nah, saat mengonsumsinya, pastikan juga untuk selalu mengecek apakah ada benjolan di payudara atau tidak.

Hal ini karena Microgest 100 mg mengandung progesteron sintetik. Hormon progesteron dalam tubuh wanita berperan penting dalam mengatur ovulasi dan siklus menstruasi, membantu implantasi hasil pembuahan, serta mempertahankan kehamilan.

Jangan melakukan aktivitas yang memerlukan kewaspadaan, seperti mengemudi kendaraan atau mengoperasikan alat berat setelah menggunakan Kapsul Microgest 100 mg, karena kandungan progesteron pada obat ini dapat menyebabkan pusing dan mengantuk.
__

Penulis: Annisa Sukarno

Share artikel ini
Reference