cara menaikkan berat badan janin berapa yang normal

Cara menaikkan berat badan janin memang ada banyak, salah satunya lewat makanan. Makanan yang ibu hamil konsumsi sebaiknya jangan sembarangan karena bisa berdampak terhadap nutrisi janin yang tengah berkembang.

Kehamilan yang sehat ialah ketika berat badan janin naik sesuai dengan kenaikan berat badan janin ideal setiap bulannya. Tak hanya kenaikan berat badan ibu saja yang diukur, kenaikan berat badan janin juga selalu dipantau oleh dokter setiap bulannya melalui USG.

Berapa berat badan janin normal?

Kamu mungkin penasaran berapa berat janin normal dan kenaikannya setiap bulan. Pada trimester pertama atau sekitar 16 minggu, perkembangan janin rata-rata sekitar 19 gram setiap minggu.

Lalu, pada trimester kedua atau sekitar 20 minggu, janin bertambah sekitar 59 gram per minggu. Masuk trimseter ketiga atau pada 30 minggu, janin bertambah sekitar 175 gram setiap minggu.

Yang terakhir, saat memasuki minggu-minggu terakhir kehamilan atau 35 minggu, janin bertambah sekitar 215 gram setiap minggu atau 7,5 ons. Pada kurun wanita inilah pertumbuhan memuncak.

Setelah 35 minggu ke atas, pertumbuhan berat badan melambat menjadi sekitar 188 gram per minggu. Jika bayi kembar melambat lebih awal sekitar 28 minggu dan kemudian rata-rata sekitar 170 gram setiap minggu.

Dalam beberapa minggu terakhir menjelang lahir, laju pertumbuhan terus melambat secara bertahap menjadi sekitar 168 gram per minggu pada minggu ke-40.

Penyebab Janin Tidak Berkembang dan Cara Deteksinya

Cara menaikkan berat badan janin

Untuk mempermudah kenaikan berat badan janin setiap bulan, konsumsilah makanan yang memiliki gizi dan vitamin yang banyak. Apa saja makanan yang menunjang kenaikan berat badan janin?

1. Tingkatkan asupan karbohidrat

Karbohidrat adalah nutrisi mengandung gula yang tubuh gunakan untuk sumber energi. Memperbanyak asupan karbohidrat dapat menaikkan berat badan janin. 

2. Konsumsi protein yang tinggi

Selain mengonsumsi atau meningkatkan asupan karbohidrat, cobalah konsumsi makanan dengan protein yang tinggi, seperti daging ayam, telur, hingga produk olahan susu.

3. Makan lebih banyak cokelat 

Cara menaikkan berat badan janin melalui makanan yang terakhir adalah dengan mengonsumsi cokelat, terutama dark chocolate. Dark chocolate berasal dari biji kakao yang tinggi karbohidrat.

Daripada cokelat susu, cokelat hitam lebih sehat karena biasanya mengandung lebih sedikit gula dengan kandungan kakao yang lebih tinggi. Cokelat hitam lebih banyak antioksidan yang baik untuk pertumbuhan janin sehat dalam tubuh.

Itulah cara menaikkan berat badan janin yang bisa dicoba. Jika berat badan janin kecil atau kurang, kamu bisa mencoba cara di atas, ya!


Penulis: Anggraini Nurul

Share artikel ini