Manfaat minyak telon untuk bayi baru lahir

Perlengkapan bayi baru lahir cenderung sangat banyak untuk mendukung kesehatan bayi, salah satunya adalah minyak telon. Banyak manfaat minyak ini sehingga selalu ada di daftar perlengkapan bayi.

Minyak telon untuk bayi baru lahir bisa dikatakan merupakan barang yang wajib disediakan untuk bayi.
Banyak manfaat yang bisa dirasakan dengan menggunakan minyak telon. Apa saja manfaat minyak telon untuk kesehatan bayi? Yuk simak ulasannya disini.

Mengenal minyak telon

Minyak telon adalah minyak dengan kombinasi minyak adas, minyak kayu putih dan minyak kelapa yang banyak memberikan manfaat untuk bayi. Dari kandungan minyak telon saja dapat diketahui bahwa minyak ini mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan.

Apa saja yang menjadi kandungan alami dari setiap komposisi minyak telon sehingga sangat dibutuhkan untuk kesehatan?

Kandungan minyak telon

Minyak telon untuk bayi baru lahir kerap digunakan saat bayi selesai mandi karena mempunyai efek menghangatkan. Minyak telon mempunyai kandungan dan nutrisi berdasarkan komposisi dalam minyak telon tersebut, yaitu:

Minyak kayu putih

Kandungan minyak kayu putih yang terdapat dalam minyak telon memberikan rasa hangat jika dibalurkan ke kulit. Selain membuat kulit hangat, dalam minyak kayu putih juga mempunyai kandungan yang bisa meredakan rasa gatal karena gigitan serangga.

Minyak adas

Minyak adas yang terdapat dalam minyak telon mempunyai khasiat yang mampu meredakan gejala flu dan sakit perut. Terdapat senyawa antimikroba yang dapat mencegah infeksi dan mencegah pertumbuhan jamur di kulit.

Minyak kelapa

Kandungan minyak kelapa yang mempunyai nutrisi antimikroba dapat melindungi kulit dari mikroorganisme dan infeksi kulit. Minyak kelapa dapat melembabkan kulit dan mencegah kulit kering.

Ketiga bahan yang bersatu menjadi minyak telon ini dapat digunakan untuk membantu sebagai obat olesan saat bayi selesai mandi atau terkena gigitan serangga. Bagaimana memberikan minyak telon agar bayi merasakan segudang manfaatnya dengan aman?

Minyak telon untuk bayi baru lahir

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, penggunaan minyak telon dan minyak kayu putih pada bayi baru lahir harus memperhatikan beberapa kondisi dengan baik. Produk minyak ini dapat bekerja dengan memperlebar pembuluh darah sehingga mengeluarkan sensasi hangat di kulit dan meredakan nyeri.

Jika digunakan secara berlebihan pada kulit sensitif bayi, dapat menimbulkan risiko ruam. Untuk itu gunakan minyak telon secukupnya pada bagian perut, tangan, kaki, dan punggung bayi. Orang tua tidak perlu memberikan minyak telon pada area mata atau mulut sehingga manfaat minyak telon dapat berefek baik untuk bayi.

Manfaat minyak telon untuk bayi baru lahir

Minyak telon mempunyai kandungan alami yang dapat dimanfaatkan untuk bayi, antara lain:

1. Menghangatkan tubuh

Minyak telon memberikan sensasi hangat di kulit. Minyak ini dapat dioleskan ke bagian perut dan punggung bayi setelah selesai mandi. Bayi belum dapat mengatur suhu tubuhnya sehingga minyak telon dapat menghangatkan tubuh setelah selesai mandi.

2. Melembabkan kulit

Kulit bayi yang masih sensitive kadang belum bisa menyesuaikan dengan cuaca. Kulit menjadi kering dan kurang kelembaban. Minyak telon dapat membantu kulit bayi menjadi lebih lembab.

3. Minyak pijat

Minyak telon dapat digunakan sebagai minyak pijat agar bayi merasa nyaman dan tidak rewel. Bayi dengan usia 3 bulan ke bawah juga belum disarankan untuk menggunakan essential oil lain untuk pijat sehingga bisa menggunakan minyak telon.

4. Membuat tidur nyenyak

Bayi baru lahir belum menemukan pola tidur yang tetap. Bayi bisa merasakan kehangatan dan kenyamanan saat dioleskan minyak telon sehingga membuat tidurnya lebih berkualitas.

5. Membuat bayi tenang

Minyak telon untuk bayi baru lahir dapat membuat bayi menjadi tenang. Sifat minyak telon yang menenangkan dapat membuat bayi berhenti menangis karena merasa nyaman. Aromanya lembut dan bisa digunakan untuk relaksasi bayi.

6. Meredakan gatal

Bayi sering digigit nyamuk sehingga bisa mengalami gatal dan kulit kemerahan. Minyak telon dapat mengurangi rasa gatal dan membuat kulit kembali normal.

7. Baik untuk pencernaan

Bayi kadang mengalami diare atau sembelit. Dengan menggunakan minyak telon, perut bayi menjadi lebih nyaman, pencernaan bayi akan jauh lebih lancar karena kandungan minyak adasnya.

Mengingat begitu banyak manfaat dari minyak telon, apakah ada efek khusus yang bisa dirasakan bayi ketika menggunakan minyak telon berlebihan?

Apakah minyak telon untuk bayi baru lahir aman

Banyak ibu yang bertanya, apakah minyak telon memiliki pengaruh buruk untuk bayi dan aman untuk digunakan? Bayi aman diberikan minyak telon dengan penggunaan yang sesuai dan tidak berlebihan. Aroma minyak telon terkadang dapat mengganggu pernapasan bayi baru lahir sehingga kuantitas pemakaian harus disesuaikan.

Gunakan dan usap minyak telon dengan sangat lembut dan tidak perlu berlebihan karena kulit bayi yang masih sangat sensitif. Bayi bisa menangis karena minyak telon terlalu banyak atau berbau menyengat. Ada beberapa tips menarik menggunakan minyak telon untuk bayi seperti dibawah ini.

Cara menggunakan minyak telon untuk bayi baru lahir

Untuk alasan keamanan, perhatikan beberapa tips menggunakan minyak telon khusus untuk bayi baru lahir seperti dibawah ini:

  • Pakai minyak telon dengan merk dan kualitas baik.
  • Pastikan orang tua mengetahui kandungan dan bahan apa saja yang terdapat dalam minyak telon.
  • Pakai minyak telon dengan hati-hati dan lembut agar kulit bayi tetap sehat.
  • Jangan gunakan minyak telon di sekitar mulut atau area mata karena akan terasa panas/menyebabkan iritasi kulit bayi.

Minyak telon untuk bayi baru lahir baik digunakan karena memiliki banyak manfaat tersendiri, namun ada baiknya memilih minyak telon yang terbaik dengan penggunaan secukupnya agar tidak menimbulkan efek buruk bagi bayi.

Share artikel ini
Reference