manfaat daun gedi untuk promil

Seiring dengan perubahan gaya hidup dan makanan, banyak pasangan mencari solusi alami untuk meningkatkan kesuburan dan meningkatkan peluang mereka untuk hamil.

Salah satu makanan alami yang kerap disebut dapat membantu promil adalah daun gedi. Yuk, ketahui langsung apa sih manfaat daun gedi untuk promil?

Kandungan dalam daun gedi

Daun gedi memiliki banyak sekali kandungan nutrisi di dalamnya. Bahkan daun ini memiliki kandungan riboflavin, kalsium, tiamin, niasin, serat, seng, dan air, dimana setiap 100 gram daun mengandung 0,30 mg riboflavin, 420 mg kalsium, 0,40 mg tiamin, 2,9 mg niasin, 3,4 gram serat, 1,4 mg seng, dan 83,7 gram air.

Pengaruh daun gedi dengan kesuburan

beda kram haid dan hamil

Manfaat daun gedi untuk promil tidak lepas dari pengaruh daun yang satu ini pada kesuburan. Daun gedi dianggap dapat membantu melancarkan siklus menstruasi yang penting bagi pasangan yang sedang merencanakan kehamilan. 

Ketika siklus haid tidak teratur atau terganggu, dapat mempengaruhi kesuburan wanita karena ovulasi yang tidak teratur atau tidak terjadi sama sekali. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan untuk hamil. Selain itu, siklus haid yang tidak teratur juga dapat menjadi tanda masalah kesehatan yang lebih serius, seperti sindrom ovarium polikistik atau endometriosis, yang dapat mempengaruhi kesuburan wanita.

12 Makanan untuk Kesuburan Wanita, Ini Daftarnya!

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu perlu mengkonsumsi rebusan daun gedi. Ini karena dalam rebusan tersebut mengandung sifat emmenagogue atau melancarkan sirkulasi darah. Jika kamu memiliki masalah dengan siklus menstruasi, kamu bisa menjadikannya sebagai cara alami untuk mengatasi masalah tersebut. 

Manfaat lain daun gedi

Selain manfaat daun gedi untuk promil, daun yang satu ini juga memiliki banyak manfaat lainnya. Berikut sejumlah manfaat daun gedi.

1. Membantu menyembuhkan penyakit ginjal

Kandungan flavonoid, tanin, saponin, dan polifenol pada daun gedi membantu mengatasi gangguan saat buang air kecil serta membantu mengatasi batu ginjal. Bahkan, daun ini sejak lama telah digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mengatasi penyakit ginjal. 

2. Baik untuk kekebalan tubuh

Daun gedi memiliki kandungan vitamin C dan vitamin A yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh. Sehingga tubuh dapat lebih kuat dalam menghindari penularan penyakit dan kuman yang mengganggu kesehatan. 

3. Baik untuk sistem pencernaan

Daun gedi memiliki kandungan serat yang tinggi. Kandungan ini sangat penting untuk menjaga sistem pencernaan dimana kandungan serat tersebut akan membantu memudahkan gerakan usus dan mempromosikan bakteri usus sehat untuk menjaga sistem pencernaan.

4. Mengatasi Sembelit Bagi Ibu Hamil

Sembelit menjadi permasalahan umum yang dialami oleh ibu hamil. Bahkan, sekitar 30-40 persen ibu hamil mengalami sembelit. Hal ini terjadi karena hormon kehamilan menyebabkan proses pencernaan menjadi terlambat. Daun gedi yang kaya akan serat dapat membantu ibu mengatasi sembelit tersebut.

Penting Buat Pasutri, Ini Manfaat Serai untuk Promil!

5. Mengatasi anemia

Kandungan zat besi pada daun gedi dapat membantu memenuhi kebutuhan zat besi harian. Seperti yang kamu tahu, kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia. Ini sebabnya, jika kamu mengalami kekurangan zat besi, kamu bisa konsumsi daun gedi untuk mengatasi anemia tersebut.

6. Mengatasi maag

Daun gedi ternyata juga memiliki manfaat yang baik untuk penderita maag. Tanaman yang satu ini dapat membantu mengatasi iritasi pada lambung yang kerap dialami oleh penderita penyakit maag. Selain itu, mengkonsumsi daun gedi juga dipercaya dapat mencegah maag datang kembali.

7. Mengatasi luka

Jika kamu memiliki luka luar pada kulit, kamu bisa menjadikan daun gedi sebagai cara alami untuk mengatasi luka tersebut. Bahkan, daun yang satu ini sudah digunakan sejak dahulu untuk mengobati luka kulit. 

Untuk menggunakannya, kamu bisa menumbuk daun gedi lalu bungkus atau oleskan langsung pada kulit. Biarkan beberapa saat hingga mengering. Daun ini dipercaya dapat mempercepat penyembuhan luka tersebut.

Cara konsumsi daun gedi

Setelah mengetahui manfaat daun gedi untuk promil dan kesehatan lainnya, kamu juga perlu tahu bagaimana cara mengkonsumsi daun ini untuk mendapatkan berbagai manfaat tersebut. 

Daun gedi biasa diolah menjadi bubur manado yang lezat. Selain rasanya yang enak, kamu juga bisa mendapatkan banyak manfaatnya. 

Selain diolah menjadi bubur manado, kamu juga bisa menjadikan daun gedi sebagai pengental sup. Bahkan, kamu juga bisa mengolah daun gedi muda dengan menjadikannya sebagai tempura bahkan campuran salad yang menyehatkan. 

Jika kamu ingin mengkonsumsi daun gedi dengan cara lain, kamu juga bisa membuat menu makanan lain sesuai selera menggunakan daun ini. 

 

Penulis: Intan Dwiyanti

Share artikel ini
Reference