manfaat daun bidara untuk promil

Manfaat daun bidara untuk promil kerap dimanfaatkan oleh wanita yang sedang menjalani program kehamilan. Cara ini mereka upayakan sebagai cara alami untuk membantu meningkatkan peluang kehamilan.

Namun, bukan hanya untuk promil ada sejumlah manfaat lain yang dimiliki oleh daun bidara untuk kesehatan tubuh. Berikut ulasannya. 

Manfaat daun bidara untuk promil

cara menghentikan haid dengan daun sirih

Daun bidara dan buah bidara kerap digunakan sebagai salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Pasalnya, daun yang satu ini berguna untuk membantu menekan rasa lapar sehingga program penurunan berat badan pada saat promil bisa berjalan dengan lebih lancar.

Bahkan, menurut sebuah penelitian diterbitkan dalam Journal of Natural Remedies, ekstrak daun bidara sangat bagus untuk menurunkan berat badan. Tidak hanya membantu menekan rasa lapar, tetapi juga menurunkan kadar glukosa serum, kadar lipid dan membantu mengurangi jumlah lemak di sekitar organ dalam terutama perut. 

Seperti yang kamu ketahui, berat badan berlebih dapat menyebabkan wanita lebih sulit hamil. Ini karena peran lemak sangat penting dalam produksi serta penyimpanan hormon reproduksi. Namun, pada wanita dengan berat badan berlebih atau obesitas memiliki kadar lemak yang lebih tinggi. Hal ini dapat menyebabkan hormon reproduksi, yakni estrogen menjadi berlebih.

Jumlah estrogen yang terlalu banyak ini justru dapat menyebabkan sistem reproduksi wanita menjadi terganggu. Ini sebabnya, tidak sedikit wanita dengan berat badan berlebih mengalami haid yang tidak teratur.

Asam Folat Untuk Promil: Manfaat, Tips, dan Waktu Konsumsi

Apalagi, kelebihan berat badan atau obesitas itu sendiri juga dapat menyebabkan kesuksesan program bayi tabung (in vitro fertilization) menjadi lebih rendah. Bahkan, obesitas yang dialami oleh wanita juga berkaitan dengan kondisi PCOS. Kondisi ini  menjadi salah satu penyebab kesuburan wanita menjadi menurun yang pada akhirnya membuat wanita lebih sulit hamil.

Manfaat daun bidara untuk perempuan

Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat dalam daun bidara dapat membantu menjaga kesehatan perempuan hingga dapat memberikan berbagai manfaat lainnya. Berikut sejumlah manfaat daun bidara yang perlu kamu ketahui.

1. Membantu menumbuhkan rambut

Daun bidara dan buahnya memiliki manfaat untuk menghasilkan folikel baru yang membuat rambut menjadi lebih lebat. Daun ini juga berguna untuk membuat rambut menjadi lebih halus.

2. Menenangkan kulit

Bidara juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Bukan hanya bagian daunnya tapi bagian buah ini juga dapat membantu mengatasi kulit yang kering serta mengatasi masalah kulit seperti eksim.

15 Manfaat Clover Honey, Pasangan Promil Wajib Tahu!

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bukan hanya untuk kecantikan manfaat daun bidara juga baik untuk kesehatan, terutama pada bagian buahnya. Ini karena sifat antibakteri dan antivirus yang ada pada buah ini. Kekebalan tubuh juga lebih baik sehingga tidak mudah sakit.

4. Melindungi Otak Dari Kerusakan

Bidara juga bagus untuk menjaga fungsi otak dan kognitif seseorang pada tingkat optimal dengan melindungi sel-sel otak agar tidak rusak.

Cara mengolah daun bidara

Jika kamu ingin mendapatkan manfaat daun bidara untuk promil dengan lebih maksimal, kamu perlu tahu bagaimana cara mengolah daun bidara sehingga bisa memberikan manfaat terbaiknya.

Cara mengolahnya sendiri cukup mudah, berikut bahan yang perlu kamu siapkan:

  • Siapkan 2-5 lembar daun bidara yang masih segar dan telah dicuci bersih.
  • Rebus daun tersebut dengan air sebanyak 200 liter.
  • Biarkan air sampai mendidih dan berkurang setengahnya.
  • Jika sudah, kamu bisa saring dan tuangkan rebusan daun bidara tersebut dalam gelas.
  • Tunggu hingga air rebusan hangat dan kamu bisa mengkonsumsinya. 

Sejarah daun bidara untuk kesehatan

Penggunaan tradisional bidara sudah ada sejak 2.500 tahun yang lalu dalam catatan materia medica Tiongkok asli. Buah, biji, dan kulit kayu juga dijelaskan dalam tulisan tradisional Korea, India, dan Jepang. Mereka digunakan bagian bidara tersebut untuk mengurangi stres dan insomnia dan sebagai perangsang nafsu makan, alat bantu pencernaan, antiaritmia, dan kontrasepsi. 

Bukan hanya daunnya, aroma buah bidara yang manis juga bikin tenang dan banyak disukai orang. Bagian buah bidara bisa dimakan secara langsung atau dikeringkan dan dijadikan permen, teh, sirup, dan lainnya. Namun bukan hanya itu, berbagai bagian bidara sendiri telah dijadikan sebagai obat tradisional Tiongkok untuk mengobati banyak penyakit seperti insomnia, sakit kepala, dan pusing.

Penulis: Intan Dwiyanti

Share artikel ini
Reference