makanan penyebab penyakit lupus

Pola makan menjadi hal yang penting dan berpengaruh besar bagi kesehatan. Bahkan, mengkonsumsi makanan tertentu dapat memicu masalah kesehatan termasuk lupus.

Lantas, apa saja sih makanan penyebab penyakit lupus? Berikut ulasannya.

Makanan dan minuman yang dihindari penyebab lupus

makanan untuk penderita sirosis hati

Berikut beberapa makanan dan minuman yang perlu dihindari karena dapat memicu lupus.

1. Alkohol

membatasi konsumsi alkohol sangat penting. Apalagi, untuk penderita penyakit lupus yang perlu mengkonsumsi obat secara teratur. Selain buruk untuk kesehatan, alkohol dapat mengganggu beberapa kinerja obat sehingga khasiat obat menjadi berkurang. Bahkan mengkonsumsi alkohol dengan beberapa obat tertentu seperti warfarin yang kerap diresepkan untuk penderita lupus dapat menyebabkan masalah hati.

2. Kecambah alfalfa dan Bawang Putih

Kedua jenis makanan tersebut memiliki kandungan yang dapat sebabkan stres pada kekebalan tubuh serta memicu gejala lupus. Ini karena adanya kandungan asam amino yang dikenal sebagai L-canavanine hadir dalam alfalfa sedangkan bawang putih mengandung tiosulfat, ajoene, dan allicin. Selain menurunkan kekebalan tubuh, alfalfa juga bisa menyebabkan kelelahan otot dan nyeri.

3. Daging Merah

Makanan penyebab penyakit lupus selanjutnya adalah daging merah. Ini karena daging merah tinggi lemak jenis dan dapat menyebabkan penyakit jantung. Sebagai gantinya, kamu bisa mengkonsumsi ikan berlemak seperti tuna, sarden dan salmon yang tidak mengandung asam lemak tak jenuh ganda. Komplikasi koroner sendiri juga merupakan salah satu komplikasi pada penderita lupus yang perlu dihindari.

Apa Itu Carnivore Diet? Ini yang Perlu Diketahui sebelum Mencoba!

4. Lemak Jenuh dan Lemak Trans

Kamu juga perlu menghindari makanan dengan kandungan lemak jenuh dan lemak trans yang mengandung steroid. Ini karena dapat meningkatkan nafsu makan dan menambah berat badan. Pasalnya, kelebihan berat badan dapat menyebabkan gejala lupus semakin memburuk.

5. Natrium

Makanan penyebab penyakit lupus selanjutnya adalah mengkonsumsi garam berlebih. Garam dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan jantung. Kedua penyakit ini dapat memperburuk kondisi lupus. Jadi, sebaiknya hindari mengkonsumsi garam berlebih, ya. 

Makanan ini bisa buat lupus makin parah

makanan untuk penderita sirosis hati

Seperti pada ulasan diatas, ternyata beberapa makanan dapat memperparah kondisi lupus. Bahkan dapat menyebabkan risiko komplikasi seperti penyakit jantung. Beberapa makanan yang perlu kamu hindari supaya lupus tidak semakin parah adalah:

Bawang putih

  • Daging merah
  • Garam
  • Kecambah alfafa
  • Makanan dengan kandungan lemak trans dan lemak jenuh
  • Sayuran Nightshade

Tips diet penderita lupus

Mengatur pola makan sehat dan seimbang sangat penting bagi penderita lupus untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah rasa sakit yang ditimbulkan karena lupus. Berikut beberapa tips diet sehat untuk penderita penyakit lupus. 

Heboh Gwyneth Paltrow Diet, Kontroversial Turunkan Berat Badan

1. Ikan berlemak

Konsumsi ikan berlemak sebagai menu diet sangat baik untuk penderita lupus. Kandungan omega 3 dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit jantung dan stroke hingga mengurangi peradangan. penelitian menunjukan bahwa suplemen omega-3 dapat meningkat peringkat aktivitas lupus dan hasil tes pada penanda lupus tertentu. Berikut beberapa ikan yang mengandung omega-3

  • Ikan salmon
  • Tuna
  • Ikan kembung
  • Sarden

2. Perbanyak kalsium

Obat steroid yang  diminum penderita lupus dapat menipiskan tulang. Efek samping ini membuat penderita lebih rentan terhadap patah tulang. Untuk mengatasi patah tulang, makanlah makanan yang tinggi kalsium dan vitamin D. Berikut beberapa makanan yang kaya akan kalsium.

  • Susu
  • Keju
  • Yogurt
  • Tahu
  • Kacang polong
  • Susu nabati yang diperkaya kalsium
  • Sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam dan brokoli

3. Batasi gula tambahan

Studi tahun 2020 menemukan bahwa makan makanan tinggi gula tambahan dikaitkan dengan peningkatan komplikasi lupus dan kolesterol tinggi pada penderita lupus. Meskipun tidak ada cukup bukti untuk mengatakan bahwa gula menyebabkan komplikasi lupus, membatasi gula tambahan baik untuk kesehatan secara umum.

4. Batasi konsumsi garam

Jika kamu penyuka makanan asin, kamu harus mulai membatasi konsumsi garam. Jika ingin makan di luar, kamu perlu meminta agar jumlah penggunaan garam pada makanan perlu dibatasi. 

Makan terlalu banyak garam bisa meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Lupus sendiri sudah menyebabkan risiko penyakit jantung yang lebih tinggi bagi penderitanya, ini sebabnya membatasi asupan garam sangat penting untuk meminimalisir risiko penyakit jantung.

—-

Penulis: Intan Dwiyanti

Share artikel ini
Reference