apakah kanker payudara bisa sembuh

apakah kanker payudara bisa sembuh

Wanita memiliki risiko yang lebih tinggi daripada pria untuk terkena kanker payudara. Dan sesuai namanya, jenis kanker ini terjadi ketika sel-sel ganas atau abnormal tumbuh di jaringan payudara. Termasuk dalam penyakit yang berbahaya, apakah kanker payudara bisa sembuh?

Sebelum membahas lebih lanjut, perlu diketahui bahwa beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena kanker payudara cukup banyak. Misalnya, riwayat keluarga, mutasi genetik, obesitas, serta konsumsi alkohol cukup tinggi.

Hal tersebut bisa menjadi penyebab tumbuhnya sel kanker yang berbahaya. Soalnya, kanker bisa tumbuh dengan tidak terkendali dan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Hal inilah yang membuat penyakit kanker cukup sulit untuk diobati.

Lantas, apakah kanker payudara bisa sembuh?

Mengutip dari Medical News Today, kanker payudara bisa remisi atau menyusut, terutama jika terdeteksi pada tahap awal dan diobati dengan tepat. Namun, masih jarang dokter yang memastikan bahwa sel kanker bisa hilang sepenuhnya.

Sebab, kesembuhan penyakit ini bergantung pada beberapa faktor, seperti jenis kanker, stadium saat diagnosis, respons terhadap pengobatan, dan kondisi kesehatan kamu secara menyeluruh.

Selain itu, menurut National Cancer Institute, suatu kanker dapat dianggap sudah sembuh jika mereka tidak dapat mendeteksi penyakit tersebut setelah 5 tahun remisi lengkap.

Stadium kanker payudara

Umumnya, kemungkinan sembuh kanker payudara akan lebih tinggi bila dideteksi masih berada di stadium awal.

Stadium kanker payudara mengacu pada seberapa jauh kanker telah menyebar dari lokasi asalnya di dalam payudara. 

Penentuan stadium kanker payudara penting dalam merencanakan pengobatan dan memprediksi prognosis.

Ada beberapa sistem penilaian stadium yang digunakan, tetapi yang paling umum adalah sistem TNM oleh American Joint Committee on Cancer (AJCC). 

Sistem ini melibatkan tiga komponen utama, yaitu T (tumor), N (nodus atau kelenjar getah bening), dan M (metastasis).

Untuk itu, ketahui beberapa stadium kanker payudara berikut ini beserta penjelasannya.

  • Stadium 1

Pada stadium 1, sel kanker baru menyerang jaringan payudara dan sekitarnya. Perawatan utama untuk stadium awal adalah pembedahan dengan radiasi, serta kemoterapi atau terapi hormonal untuk mengurangi risiko kanker kembali.

  • Stadium 2

Kanker payudara stadium 2 adalah tahap perkembangan di mana tumor telah tumbuh lebih besar dan menyebar ke beberapa area kelenjar getah bening di dekatnya. Namun, belum menyebar ke bagian tubuh yang lebih jauh atau organ lainnya.

  • Stadium 3

Pada stadium 3, tumor telah tumbuh lebih besar dan menyebar ke banyak kelenjar getah bening di dekatnya. Di tahap ini, sel kanker juga dapat menyebar ke jaringan atau organ lain di dalam tubuh.

Tentu, stadium ini bisa lebih sulit untuk diobati, tetapi masih dapat disembuhkan dengan pengobatan intensif.

Namun, kemungkinan keberhasilan pengobatan bergantung pada luasnya penyebaran, tingkat kanker, status reseptor hormon kanker, dan respons individu terhadap pengobatan.

  • Stadium 4

Sedangkan di stadium 4, sel kanker sudah menyebar ke otak, paru-paru, dan hati. Umumnya, kanker stadium akhir tidak bisa disembuhkan. Namun, gejalanya bisa diobati dengan berbagai pilihan.

Pengobatan kanker payudara

Pengobatan kanker payudara bisa dilakukan dengan berbagai cara, tergantung jenis dan penyebarannya.

Biasanya, penderita juga akan menerima lebih dari satu jenis pengobatan. Ini dia beberapa model pengobatan kanker payudara yang perlu kamu tahu.

  1. Operasi pengangkatan kanker.
  2. Kemoterapi menggunakan obat-obatan khusus untuk mengecilkan atau membunuh sel kanker.
  3. Terapi hormonal untuk memblokir sel kanker agar tidak mendapatkan hormon yang mereka butuhkan.
  4. Terapi biologis.
  5. Terapi radiasi menggunakan sinar berenergi tinggi untuk membunuh sel kanker.

Angka harapan hidup penderita kanker payudara

Berdasarkan penjelasan di atas, kanker payudara bisa saja sembuh. Namun, berapa angka harapan hidup penderita kanker payudara? 

Menurut The American Cancer Society (ACS), 99% orang yang menerima pengobatan untuk kanker payudara pada tahap paling awal, bisa hidup selama 5 tahun atau lebih setelah diagnosis. Namun, lain halnya untuk kanker payudara di stadium akhir karena lebih sedikit dari 5 tahun.

Nah, itulah penjelasan mengenai apakah kanker payudara bisa sembuh sampai angka harapan hidup para penderitanya.

Untuk menghindari penyakit tersebut, kamu perlu menjaga berat badan agar seimbang, konsumsi makanan sehat, hindari merokok, dan lakukan pemeriksaan payudara secara rutin.

Bila ada benjolan, sebaiknya kamu langsung berkonsultasi dengan dokter untuk pengecekan dan penanganan lebih lanjut.


Penulis: Nabila Ramadhani

Share artikel ini
Reference