di mana letak kandung kemih pada wanita

Kandung kemih adalah salah satu organ tubuh penting bagi manusia. Fungsi kandung kemih adalah menampung urine sebelum tubuh keluarkan. Namun, pernahkah penasaran di mana letak kandung kemih terutama pada wanita?

Karena kandung kemih memiliki fungsi penting, hendaknya wanita memelihara kesehatan area tersebut. Yuk, simak penjelasan selengkapnya di artikel ini!

Di mana letak kandung kemih pada wanita?

Ternyata kandung kemih terletak pada perut bagian bawah. Kandung kemih adalah salah satu bagian dari saluran kemih yang terletak pada perut bagian bawah, yaitu di area panggul dan belakang tulang pubis (tulang kelamin). Kandung kemih ini terbuat dari otot yang berbentuk menyerupai kantong atau balon

Apa saja fungsi kandung kemih?

Setelah mengetahui di mana letak kandung kemih pada wanita, kamu perlu mengetahui juga peranan pentingnya. Berikut beberapa fungsi kandung kemih pada wanita:

1.Sebagai tempat penampungan urine sementara

Urine dari kedua ginjal mengalir ke kandung kemih melalui kedua ureter. Kecepatan produksi urin mengikuti rumus 0,5-1mL/kgBB/jam. Ini berarti seorang individu dengan berat badan 70 kg akan menghasilkan urine sebanyak 37,5-70mL per jam. Urine yang sudah terproduksi harus keluar setiap 2-5 jam.

2. Berperan dalam proses buang air kecil (berkemih)

Proses berkemih dipengaruhi oleh jumlah urine di dalam kandung kemih. Saat volume urine mencapai 100-150 mL, akan terasa sensasi untuk buang air kecil (BAK). Keinginan untuk BAK semakin intens seiring dengan bertambahnya jumlah urine dan menjadi tidak nyaman jika volume urine mencapai 350-400 mL.

Saat kandung kemih terisi dan dinding meregang, sensornya akan mengirimkan sinyal ke pusat kemih. Otak merespons dengan mengeluarkan urine untuk mengalir keluar melalui uretra.

Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil pada Wanita

Apakah infeksi saluran kemih (ISK) berbahaya?

Infeksi saluran kemih (ISK) bisa berbahaya jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat. Tahukah kamu kalau ISK bisa menyebar ke ginjal? Oleh karena itu, segera konsultasi dengan dokter jika muncul gejala:

  • Demam dan menggigil
  • Mual dan muntah
  • Sakit di pinggang atau punggung bawah

Lakukan pemeriksaan ke dokter jika kamu mengalami nyeri saat buang air kecil atau terdapat darah dalam urine. Pemeriksaan juga perlu perlu bila gejala tersebut masih muncul meski sudah mengonsumsi obat-obatan yang dokter anjurkan.

Gejala infeksi saluran kemih

Setelah mengetahui apakah ISK berbahaya atau tidak, kamu perlu waspada dengan gejalanya. Berikut beberapa tanda jika kamu memiliki infeksi saluran kemih:

  • Rasa nyeri atau sensasi terbakar saat buang air kecil
  • Frekuensi buang air kecil meningkat, tetapi urine yang keluar hanya sedikit
  • Buang air kecil terasa tidak tuntas (anyang-anyangan)
  • Rasa tidak nyaman di perut bawah dan panggul
  • Urine berwarna gelap dan berbau menyengat
  • Kencing berdarah (hematuria)
  • Demam

Jika sudah muncul gejala diatas sebaiknya segera priksa ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga informasi ini membantu, ya!


Penulis: Anggraini Nurul

Share artikel ini