Noprostol digunakan untuk mencegah dan mengobati tukak lambung, serta mencegah tukak di usus kecil. Selain itu, noprostol bermanfaat untuk mengurangi risiko komplikasi usus seperti pendarahan.

Obat ini merupakan golongan obat keras sehingga harus menggunakan resep dokter. Lantas, noprostol obat apa? sebenarnya dapat melindungi lapisan perut kamu dengan mengurangi jumlah asam yang bersentuhan langsung dengan lapisan perut kamu.

Pemberian noprostol pada ibu hamil dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, atau cacat lahir pada janin. Sebelum mengkonsumsi, ketahui dulu manfaat dan efek samping obat noprostol di bawah ini!

Noprostol obat apa?

pantopump obat apa

Noprostol adalah obat yang memiliki kandungan misoprostol. Zat aktif ini bekerja dengan cara menurunkan kadar asam lambung serta meningkatkan kadar lendir dan bikarbonat di dalam lambung kamu.

Lendir dan bikarbonat berfungsi untuk melindungi lambung dan usus dari asam. Obat noprostol diindikasikan untuk mencegah dan mengobati luka pada lambung.

Selain itu, perlu diwaspadai karena obat ini juga dilaporkan menyebabkan robekan rahim selama kehamilan. Selain itu juga menyebabkan pendarahan hebat sehingga dapat menyebabkan pada kematian.

Jika kehamilan terjadi saat mengonsumsi noprostol, konsumsi obat ini harus segera dihentikan.

Manfaat noprostol

sancoidan obat untuk apa

Noprostol digunakan untuk mencegah tukak lambung saat kamu mengonsumsi NSAID seperti aspirin, ibuprofen, naproxen, terutama jika kamu berisiko terkena tukak lambung atau memiliki riwayat tukak lambung.

Noprostol obat apa? sering digunakan untuk mencegah dan mengobati tukak lambung, serta mencegah tukak pada usus kecil. Selain itu, noprostol bermanfaat untuk mengurangi risiko komplikasi usus seperti pendarahan.

Noprostol melindungi lapisan perut kamu dengan mengurangi jumlah asam yang bersentuhan langsung dengan lapisan perut kamu.

Dosis dan cara penggunaan noprostol

Dosis yang diberikan adalah dosis berdasarkan kondisi medis kamu dan respon terhadap terapi. Jika kamu menggunakan noprostol untuk mencegah tukak lambung, gunakan noprostol, biasanya empat kali sehari, setelah makan dan sebelum tidur untuk meminimalkan diare atau sesuai anjuran dokter.

Jika kamu menggunakan noprostol untuk aborsi, gunakan sesuai petunjuk dokter kamu. Jika kamu menggunakan noprostol untuk menginduksi persalinan, dokter kamu akan memberikan noprostol melalui vagina.

Efektif Atasi Infeksi, Kenali Fungsi Obat Thiamphenicol

Berikut adalah dosis yang diberikan berdasarkan kondisi medis:

  • Tukak lambung, tukak usus kecil: 0,4 mg 2 kali sehari atau 0,2 mg 4 kali sehari. Penggunaan obat bisa bertahan selama 4-8 minggu.
  • Pencegahan ulkus akibat obat antiinflamasi nonsteroid: 0,2 mg 2-4 kali sehari
  • Hindari konsumsi antasida yang mengandung magnesium saat mengonsumsi noprostol karena antasida yang mengandung magnesium dapat memperparah diare kamu.

Jika kamu memerlukan antasida, konsultasikan dengan dokter atau apoteker kamu untuk memilih produk yang tepat. Untuk pencegahan maag, terus gunakan noprostol selama kamu mengonsumsi NSAID.

Gunakan noprostol dengan rutin supaya bisa mendapat manfaat yang efektif. Ingatlah untuk meminum noprostol pada waktu yang bersamaan. Selain itu, pastikan beri tahu dokter kamu jika kondisi tidak kunjung membaik.

Termasuk Obat Keras, Sebenarnya Spasminal Obat Apa?

Efek samping obat

Berikut adalah berbagai efek samping yang dapat ditimbulkan oleh noprostol antara lain:

  1. Diare
  2. Sakit perut, kembung, mual dan muntah
  3. Pendarahan vagina yang tidak normal
  4. Nyeri saat menstruasi
  5. Gangguan siklus menstruasi
  6. Sakit kepala

Efek samping berupa diare dapat sembuh secara perlahan setelah 8 hari mengonsumsi obat noprostol.

Efek samping ini ternyata bisa diminimalisir dengan tidak mengonsumsi obat maag yang mengandung magnesium. Namun demikian, beberapa orang mungkin akan mengalami efek samping yang serius. Jika demikian, maka konsumsi obat ini harus dihentikan.

Cara natural menyembuhkan gerd

manfaat obat pantopump

Noprostol obat apa? memang sering digunakan untuk mencegah dan mengobati tukak lambung. Namun demikian, kamu juga bisa mencoba beberapa perubahan gaya hidup sebelum minum obat untuk mengendalikan gastroesophageal reflux. Berikut beberapa cara alami untuk menyembuhkan gerd, di antaranya:

1. Jangan minum minuman bersoda

Sebaiknya hindari minum soda, ini karena kamu bersendawa, yang mengirimkan asam ke kerongkongan. Minumlah air putih alih-alih air mineral.

2. Jangan bergerak terlalu cepat

Hindari olahraga berat selama beberapa jam setelah makan. Kamu bisa melakukan jalan-jalan setelah makan malam. Hindari olahraga yang membungkuk karena bisa mengakibatkan asam menuju ke kerongkongan kamu.

3. Jangan tidur setelah makan

Saat kamu berdiri maupun duduk, gravitasi membantu kamu menjaga asam di perut. Inilah mengapa kamu tidak boleh tidur siang setelah kamu makan siang, dan tidak boleh ngemil atau makan malam pada larut malam karena tidak baik untuk kesehatan lambung kamu.

4. Makan dengan hemat dan perlahan

Jika kamu kekenyangan, bisa kemungkinan besar terjadi refluks ke kerongkongan. Sebaiknya, makan dengan batas porsi wajar dalam sehari, lebih baik dalam porsi kecil tapi sering daripada sehari makan tiga kali dalam porsi besar.

Hasil studi klinis menunjukkan bahwa noprostol tidak menghasilkan hipotensi pada dosis yang efektif dalam mempercepat penyembuhan tukak lambung dan duodenum. Namun, noprostol harus digunakan dengan hati-hati pada kondisi penyakit dimana hipotensi dapat menyebabkan komplikasi parah.

__

Penulis: Annisa Sukarno

Share artikel ini
Reference