kenapa lutut tiba-tiba sakit

kenapa lutut tiba-tiba sakit

Merasa sakit pada lutut secara tiba-tiba bisa menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Maka dari itu, penting untuk tahu kenapa lutut tiba-tiba sakit dan apa saja cara mengatasinya. Simak ulasan lengkapnya di sini!

Kenapa lutut tiba-tiba sakit?

Lutut merupakan bagian tubuh yang cukup rumit. Pasalnya, bagian ini terdiri dari banyak bagian yang bisa robek, patah, atau lainnya. Bahkan, tidak butuh cedera atau trauma untuk menyebabkan lutut sakit. Lantas, apa saja kondisi yang bisa memicu rasa sakit pada lutut tiba-tiba? Ini daftarnya. 

1. Patah tulang

Patah tulang bisa menyebabkan nyeri lutut tiba-tiba karena bagian tubuh ini terdiri dari tulang, otot, sendi, dan saraf saling berkaitan. 

Selain itu, proses penyembuhan dan perubahan pada postur atau cara bergerak dapat memengaruhi keseimbangan dan dukungan tubuh. Hal ini terjadi ketika ada patah tulang di bagian tubuh tertentu, seperti di dekat area lutut atau bagian yang terhubung dengan lutut. 

Akibatnya, tekanan dan beban yang dihasilkan saat bergerak atau menopang berat badan bisa menimbulkan rasa tidak nyaman atau nyeri di area lutut. Kondisi ini bisa terjadi akibat perubahan aliran darah, kerusakan saraf, atau pergeseran posisi tulang. Ini memengaruhi mekanisme gerakan dan dukungan pada lutut. 

2. Tendinitis

Tendinitis adalah kondisi peradangan pada tendon, yaitu jaringan yang menghubungkan otot dengan tulang. Tidak mengherankan bila ini menjadi alasan kenapa lutut tiba-tiba sakit. 

Peradangan ini sering kali disebabkan oleh overuse atau penggunaan berlebihan pada tendon, cedera akut, atau ketegangan berulang pada otot yang terhubung dengan lutut. Akibatnya, ketika terjadi gerakan atau tekanan pada lutut, seperti saat berjalan atau melompat, tendon yang meradang dapat menimbulkan sensasi nyeri yang tiba-tiba

3. Runner’s knee

Runner’s knee atau sindrom nyeri anterior lutut adalah kondisi penyebab rasa sakit di daerah depan lutut. Hal ini terutama terasa ketika beraktivitas seperti lari, berjalan, atau naik turun tangga. 

Kondisi ini dapat memicu rasa sakit tiba-tiba pada lutut karena adanya ketidakseimbangan otot atau perubahan pada posisi patella (rotula) yang meluncur di sepanjang tulang paha. 

Ketika patella tidak bergerak dengan lancar dalam alur normalnya, ini dapat menyebabkan gesekan dan iritasi pada tulang rawan di bawahnya. 

Hal tersebut bisa terjadi akibat latihan berlebihan, perubahan postur tubuh, atau faktor anatomi yang membuat patella tidak bergerak dengan baik. 

Jika ada tekanan pada lutut, seperti saat berlari, patella yang tidak bergerak dengan benar dapat menyebabkan rasa sakit tiba-tiba.

4. Ligamen robek

Ligamen robek pada lutut bisa menjadi alasan munculnya rasa sakit tiba-tiba. Ini karena ligamen adalah jaringan kuat yang menghubungkan tulang-tulang di sekitar sendi. 

Jika terjadi kondisi ini, terutama pada ligamen anterior cruciate, hal tersebut bisa memicu rasa sakit tiba-tiba saat gerakan yang mendadak. 

Patah tulang pada area sekitar lutut juga dapat menyebabkan kerusakan pada ligamen. Ini bisa mengganggu stabilitas sendi dan menyebabkan rasa sakit yang tiba-tiba ketika sendi digunakan atau diberi beban.

5. Osteoarthritis

Osteoarthritis adalah kondisi degeneratif sendi yang menyebabkan penurunan kartilago pelindung di antara tulang-tulang sendi. Ketika kartilago aus dan tulang-tulang bersentuhan, ini dapat menyebabkan rasa sakit dan peradangan pada lutut. 

Rasa sakit tiba-tiba bisa terjadi saat gerakan sendi tertentu yang memicu gesekan atau tekanan berlebihan pada permukaan tulang yang terkena. 

Misalnya, saat lutut digunakan untuk berjalan, berdiri, atau menekuk, rasa sakit tiba-tiba dapat muncul karena keausan dan peradangan yang merespon gerakan tersebut.

6. Bursitis

Bursitis adalah peradangan pada bursa, yaitu kantong kecil yang berisi cairan dan terletak di antara tulang, otot, dan jaringan di sekitar sendi. 

Bursitis lutut terjadi ketika bursa di lutut mengalami peradangan. Penyebabnya bisa beragam, termasuk cedera berulang, tekanan berlebihan, atau infeksi. 

Jika bursa meradang, ini bisa meningkatkan produksi cairan dan peradangan, yang menyebabkan rasa sakit, kemerahan, bengkak, dan kekakuan pada lutut. 

Rasa sakit tiba-tiba pada lutut terjadi karena pergerakan atau tekanan yang mengganggu bursa yang meradang, seperti ketika lutut ditekuk atau digunakan untuk berjalan. 

7. Cedera pada meniskus

Meniskus adalah struktur cincin berbentuk setengah bulan yang berfungsi sebagai penopang dan penyerap syok di antara tulang rawan lutut. Jika bagian ini mengalami cedera, kondisi ini bisa menjadi alasan kenapa lutut tiba-tiba sakit. 

Cedera pada meniskus sering terjadi akibat gerakan tiba-tiba yang memutar atau membungkuk lutut dengan keras. 

Contohnya, ketika olahraga atau mengangkat beban yang berat. Ketika meniskus mengalami cedera, bisa terjadi robekan atau kerusakan pada jaringan lunak, yang mengakibatkan rasa sakit tiba-tiba pada lutut.

8. Encok

Lutut yang tiba-tiba sakit akibat encok terjadi karena terbentuknya kristal asam urat di dalam sendi lutut. Asam urat adalah hasil limbah metabolisme yang biasanya dikeluarkan melalui ginjal. 

Namun, dalam kondisi tertentu, kadar asam urat bisa meningkat dan membentuk kristal yang mengendap di sendi. Jika kristal tersebut terbentuk di lutut, ini akan menyebabkan peradangan dan rasa sakit tiba-tiba pada sendi lutut.

Cara mengatasi lutut tiba-tiba sakit

Bila mengalami lutut yang tiba-tiba sakit tanpa alasan yang begitu jelas, ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk meredakan nyeri tersebut. Ini beberapa caranya. 

  • Berikan waktu istirahat bagi lutut pulih dari cedera atau penggunaan yang berlebihan. 
  • Gunakan penopang lutut untuk mengurangi tekanan pada area yang sakit. 
  • Pakai kompres dingin selama 15-20 menit untuk meredakan peradangan. 
  • Lakukan pijatan lembut pada area yang sakit untuk meredakan ketegangan otot. 
  • Konsumsi obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) sesuai petunjuk terapi. 
  • Coba latihan fisioterapi yang direkomendasikan dokter untuk menguatkan otot sekitar lutut. 
  • Gunakan kompres panas setelah beberapa hari untuk meningkatkan sirkulasi dan meredakan ketegangan otot. 

Bila alasan kenapa lutut tiba-tiba sakit tidak begitu jelas dan cara mengatasi di atas tidak mempan, segera konsultasikan dengan dokter. Hal ini bertujuan agar kamu bisa mendapatkan penanganan yang tepat. 


Penulis: Nabila Azmi

Share artikel ini
Reference