Cara Menghilangkan Benjolan di Belakang Telinga

Ada beberapa cara menghilangkan benjolan di belakang telinga dan itu harus disesuaikan dengan penyebabnya. Benjolan di belakang telinga dapat disebabkan oleh infeksi (seperti radang tenggorokan, pilek, atau flu), jerawat, kista, atau lipoma. 

Untuk beberapa penyebab seperti pembengkakan kelenjer getah bening, kamu tidak perlu melakukan perawatan khusus. Sedangkan kasus seperti tumor atau kista, dokter dapat menyarankan cara menghilangkan benjolan di belakang telinga melalui operasi.

Kenapa tiba tiba ada benjolan di belakang telinga? 

cara mengobati telinga mengeluarkan cairan kuning dan berbau

Jika kamu melihat benjolan di belakang telinga setelah infeksi baru-baru ini, itu mungkin pembengkakan kelenjar getah bening. Meskipun benjolan tersebut mungkin tidak memerlukan perawatan segera, infeksi yang menyebabkannya mungkin terjadi. 

Jika benjolan menyebabkan rasa sakit, membutuhkan waktu lama untuk sembuh, bentuknya sangat tidak beraturan atau jika membesar, konsultasikan dengan dokter segera.

Ada banyak penyebab munculnya benjolan keras di belakang telinga. Ini termasuk:

  • Infeksi

Benjolan di belakang telinga dapat disebabkan oleh infeksi tenggorokan (misalnya faringitis), virus pilek atau flu, mononukleosis, otitis, konjungtivitis, herpes, gigi berlubang, radang gusi, atau campak. 

Salah satu dari infeksi ini dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening di daerah yang terkena (yaitu di tenggorokan atau sisi kepala). Kelenjar getah bening biasanya bereaksi dengan bertambahnya ukuran saat tubuh melawan infeksi.

Telinga Berdenging Sebelah Kiri: Penyebab dan Cara Mengobatinya

Saat ini terjadi, penting untuk tidak menyentuh area yang bengkak. Kelenjar getah bening reaktif perlahan kembali ke ukuran aslinya setelah infeksi yang mendasarinya teratasi.

  • Jerawat

Jerawat terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat karena produksi sebum atau minyak berlebih. Sebum dibuat oleh kelenjar sebaceous, yang terletak di dasar folikel rambut, dan dapat bergabung dengan sel kulit mati untuk membentuk jerawat. Jerawat seringkali bisa menyakitkan dan bisa menjadi bengkak.

Meski tidak sesering itu, jerawat bisa muncul di belakang telinga sehingga menimbulkan benjolan yang biasanya hilang dengan sendirinya.

  • Kista sebaceous

Kista sebaceous adalah sejenis benjolan berisi cairan yang terbentuk di bawah kulit dan terdiri dari zat yang disebut sebum. Kista ini dapat muncul di area tubuh manapun dan biasanya lembut saat disentuh. 

Saat teraba, kista sebaceous biasanya bergerak dan tidak nyeri. Kista sebaceous yang menjadi bengkak, sensitif, merah, atau nyeri harus diperiksa oleh dokter kulit. Sering kali, dokter kulit dapat memilih untuk melakukan prosedur kecil untuk mengangkat kista.

  • Lipoma

Lipoma adalah jenis tumor jinak berbentuk benjolan yang tidak menimbulkan rasa sakit atau gejala lainnya. Lipoma adalah pertumbuhan berlebih dari sel-sel lemak yang dapat muncul di mana saja di tubuh dan biasanya tumbuh dengan lambat.

Lipoma berbeda dengan kista sebaceous karena terdiri dari sel-sel lemak, sedangkan kista sebaceous terdiri dari sebum. Namun, pengobatan untuk kedua benjolan ini sama, dan biasanya melibatkan operasi pengangkatan.

  • Mastoiditis

Mastoiditis adalah infeksi pada tulang yang terletak di belakang telinga. Ini dapat terjadi setelah infeksi telinga, terutama jika tidak ditangani dengan benar.

Kondisi ini lebih sering terjadi pada anak di bawah usia 2 tahun, namun bisa terjadi pada semua usia. Mastoiditis biasanya juga dikaitkan dengan gejala seperti sakit kepala, penurunan pendengaran, dan keluarnya cairan seperti cairan dari telinga.

  • Pembengkakan kelenjar getah bening

Kelenjar getah bening dapat ditemukan di seluruh tubuh, dan biasanya menjadi bengkak (atau reaktif) dengan adanya infeksi atau pembengkakan di daerah yang terkena. Kelenjar getah bening juga menjadi bengkak akibat penyakit autoimun, penggunaan obat-obatan, atau bahkan kanker kepala dan leher, atau limfoma.

Pembengkakan kelenjar getah bening cenderung memiliki penyebab jinak dan sementara. Kelenjar getah bening biasanya cukup kecil, berdiameter beberapa milimeter dan menghilang dalam 3 hingga 30 hari. 

Jika kelenjar getah bening terus tumbuh, bertahan lebih dari 30 hari, atau jika kamu memiliki gejala lain seperti penurunan berat badan dan demam, penting untuk pergi ke dokter untuk pemeriksaan dan pengobatan sesuai indikasi.

Ternyata Ini Cara Mengobati Telinga Mengeluarkan Cairan Kuning dan Berbau

Apakah benjolan dibelakang telinga bisa disembuhkan?

Sebagian besar infeksi yang menyebabkan benjolan di belakang telinga akan hilang dengan sendirinya. Misalnya, infeksi telinga ringan yang menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, infeksi bakteri akan membutuhkan pengobatan antibiotik.

Beberapa kondisi kulit yang dapat menyebabkan benjolan di belakang telinga mudah diobati dengan OTC atau obat resep. Benjolan kulit lainnya, seperti kista atau lipoma, mungkin perlu diangkat.

Dalam kasus tumor, pengobatan tergantung pada apakah tumor tersebut jinak atau ganas. Dalam kebanyakan kasus, pembedahan akan diperlukan untuk mengangkat tumor. Semakin besar tumornya, semakin rumit pembedahannya.

Benjolan di belakang telinga seringkali tidak menimbulkan gejala apapun, dan umumnya tidak berbahaya. Beberapa benjolan mungkin berhubungan dengan rasa sakit, gatal, atau tidak nyaman, dan dalam kasus ini, kamu harus berkonsultasi dengan dokter. 

Benjolan di belakang telinga mungkin sulit untuk kita periksa secara pribadi, dan profesional perawatan kesehatan dapat memvisualisasikannya dengan lebih baik dan memberikan pengobatan sesuai kebutuhan.

Kapan harus diperiksakan ke dokter?

pengobatan hepatitis

Meskipun sebagian besar benjolan di belakang telinga tidak serius, ada beberapa kasus yang harus kamu periksakan ke penyedia layanan kesehatan. Kamu harus segera menemui dokter jika benjolan di belakang telinga:

  • Muncul entah dari mana
  • Disertai dengan gejala lain (seperti demam, nyeri, dll.)
  • Menyakitkan atau menyebabkan ketidaknyamanan

Dokter pertama-tama akan melakukan pemeriksaan sederhana. Mereka akan mengajukan pertanyaan tentang benjolan tersebut — seperti kapan kamu pertama kali melihatnya — untuk mencari tahu apa penyebabnya.

Terkadang, benjolan di belakang telinga akan menjadi pembengkakan kelenjar getah bening. Jika demikian, kamu harus menemui penyedia layanan kesehatan jika:

  • Terasa sakit, bengkak, dan merah.
  • Rasanya keras.
  • Jika bertambah besar atau tidak berkurang ukurannya setelah beberapa minggu.
  • Memiliki gejala lain yang tidak dapat dijelaskan seperti demam, keringat malam, atau penurunan berat badan.

Jika mengalami pembengkakan kelenjar getah bening dengan gejala lain ini, penyedia layanan kesehatan mungkin ingin melakukan beberapa tes darah, biopsi, atau pemindaian tomografi komputer (CT) untuk membantu membuat diagnosis yang benar.

Share artikel ini
Reference