cara mengatasi payudara bengkak setelah melahirkan

Ada beberapa cara mengatasi payudara bengkak setelah melahirkan yang ampuh. Akan ada banyak perubahan pada tubuh ibu pasca persalinan, salah satunya payudara yang membengkak, terasa penuh oleh ASI, terasa meregang, dan terkadang disertai nyeri. 

Kondisi ini tentu sangat tidak nyaman, perlu beberapa tindakan untuk meredakan bengkak dan nyeri. Pembengkakan berlebih biasanya terjadi karena produksi ASI melebihi kebutuhan konsumsi bayi, sehingga perlu dipompa secara rutin.

7 cara atasi payudara bengkak setelah melahirkan

penyebab nyeri sebelah kiri

Jika ibu mengalami payudara yang bengkak dan menyakitkan setelah melahirkan, ikuti beberapa langkah berikut untuk mengatasinya:

1. Menyusui lebih sering

Volume ASI yang sangat banyak harus sering dikeluarkan, ibu bisa melakukannya sebanyak 10-12 kali dalam kurun waktu 24 jam. Jika bayi sudah kenyang dan menolak untuk menyusu, ibu bisa memompanya dan menyimpannya di kulkas. 

2. Pijat payudara

Kamu bisa memijatnya sendiri atau pergi ke tempat pijat khusus ASI yang dilakukan oleh profesional. Cara ini akan membuat otot sekitar payudara rileks dan meredakan nyeri karena bengkak. Tidak usah ragu, karena hal ini umum dilakukan oleh para ibu menyusui.

3. Kompres air dingin

Ibu bisa mengompres payudara dengan air dingin atau es selama beberapa menit setiap harinya. Seperti yang kita ketahui, air es dapat meredakan nyeri dan bengkak. Hal ini juga berlaku untuk payudara yang aktif menyusui.

4. Gunakan krim pelembap

Ibu bisa menggunakan krim hangat untuk meredakan nyeri karena bengkak. Aplikasikan sambil memijat payudara selama kurang lebih lima menit. Gerakan yang tepat adalah gerakan dengan arah memutar di sekitar areola.

5. Kompres dengan handuk hangat

Tidak hanya air es yang dingin, air hangat yang diaplikasikan dengan handuk juga dapat meredakan nyeri pembengkakan. Kompres payudara beberapa menit sebelum dan sesudah menyusui. 

6. Lakukan teknik relaksasi

Lakukan pernapasan dalam, musik lembut, atau teknik relaksasi lainnya untuk mengurangi rasa tidak nyaman sebelum dan selama menyusui. Jangan lupa juga untuk memilih posisi yang paling nyaman, gunakan bantal empuk dan lembut agar lebih rileks.

7. Menyapih

Cara terakhir jika ibu sudah tidak kuat lagi dengan pembengkakan yang tidak kunjung membaik, yaitu menyapih bayi secara perlahan. Misalnya, jika bayi menyusu 10 kali sehari, hentikan satu kali menyusu setiap dua hari sekali.

Setop Panik, Ini Cara Mengatasi Payudara Sakit pada Ibu Menyusui

Ciri-ciri payudara bengkak

Menyadari payudara bengkak sebenarnya tidak sulit, ibu akan langsung merasakan sedikit nyeri sebelum akhirnya semakin parah. Tidak hanya payudara secara keseluruhan, bagian puting juga akan menyakitkan karena bengkak. Berikut ciri-ciri payudara bengkak yang bisa dikenali sedini mungkin:

  • Merasa tidak nyaman saat lengan banyak bergerak
  • Merasa nyeri saat tersentuh sedikit
  • Terasa sangat penuh oleh ASI sehingga ukurannya membesar
  • Terasa sangat keras karena area kulit yang membengkak
  • Menyakitkan dan pegal di area payudara dan punggung

Segera lakukan perawatan untuk menghindari pembengkakan semakin parah. Ibu akan punya lebih banyak waktu untuk merawat si kecil jika rasa tidak nyaman di payudara berhasil diatasi. 

Perubahan Bentuk Payudara Saat Hamil, Normal Banget Kok!

Berapa lama payudara bengkak setelah melahirkan

pembengkakan payudara

Payudara akan membengkak karena menyusui sekitar 7-10 hari. Kondisinya akan lebih cepat pulih jika ibu melakukan perawatan dan pengobatan dengan rutin. Mengosongkan payudara dari ASI secara rutin juga dapat membantu mengurangi pembengkakan setelah melahirkan.

Setelah 10 hari lebih, tubuh akan beradaptasi dengan baik setiap kali menyusui bayi. Ibu juga bisa mendapat salep atau obat pereda nyeri dari dokter setelah berkonsultasi. Tidak ada salahnya  mengonsumsi obat yang direkomendasikan, karena menyusui dan menahan nyeri pembengkakan memang bukan hal yang mudah.

Jika nyeri dan pembengkakan tidak kunjung sembuh setelah berminggu-minggu, segera konsultasi ke dokter karena dikhawatirkan terjadinya penyumbatan aliran ASI. Hal ini perlu tindakan khusus karena payudara akan terasa nyeri selama berhari-hari dan ASI susah untuk dikeluarkan.

Pembengkakan payudara memang tidak nyaman, tetapi itu bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Kondisi ini umumnya dapat dengan mudah diobati baik dengan menyusui bayi secara teratur atau dengan kompres dingin sampai bengkaknya berkurang.

Share artikel ini
Reference